7 Makanan Ini Bisa Undang Penyakit Jika Dikonsumsi Bersamaan

Gambar: araratmeatexports.com
Kita sebagai manusia memiliki kewajiban menjaga kesehatan tubuh kita sendiri, agar tetap dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Dengan memiliki tubuh sehat, kita juga bisa membantu orang lain, bersosial, dan lainnya. Langkah yang paling utama dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, atau selektif dalam memilih makanan agar menyehatkan tubuh Anda.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara bersamaan dapat mengakibatkan penyakit. Efek pertama biasanya terjadi pada perut Anda, yaitu perut kembung, kemudian berlanjut ke penyakit lain. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan, karena tidak semua makanan yang enak dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Berikut ini ada daftar makanan yang dapat menimbulkan penyakit bila dikonsumsi bersamaan.

1. Susu dan Teh Hitam
Jika Anda minum salah satu saja pasti menyehatkan tubuh, karena dalam teh hitam saja terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Tetapi jika teh hitam Anda campur dengan susu, maka kandungan antioksidan tersebut dapat berkurang bahkan bisa menghilang. Begitu juga dengan kandungan kalsium pada susu, tidak dapat diserap tubuh karena kafein yang ada dalam teh mengikatnya.


2. Kedelai dan Anggur Merah
Kedelai atau kacang mengandung zat besi. Jika dikonsumsi bersama dengan anggur yang mengandung tanin, maka tubuh Anda akan sulit untuk menyerap berbagai mineral yang ada dalam makanan.

3. Produk Kedelai dan Bayam
Makanan satu ini juga sering kita konsumsi. Produk kedelai seperti tahu dan tempe jika dikonsumsi dengan sayuran bayam, dapat mempengaruhi penyerapan kalsium serta dapat menimbulkan sumbatan pada perut. Di dalam bayam terdapat kandungan oksalat, dan jika dicampur dengan kalsium pada kedelai dapat membuat endapan yang tidak larut yaitu kalsium oksalat.

4. Kedelai dan Bawang Hijau
Campuran antara bean curd dan bawang hijau dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Untuk bean curd banyak mengandung nutrisi serta kalsium, dan untuk bawang hijau memiliki kandungan asam oksalat. Jika disatukan, maka asam oksalat akan menghancurkan kalsium. Jika Anda mengonsumsi makanan ini dalam jangka panjang, Anda akan kekurangan kalsium dan dapat menyebabkan kejang serta tulang yang rapuh.

5. Susu dan Buah Pomelo
Susu memiliki protein yang bila dikonsumsi dengan buah pomelo, akan bercampur dengan kandungan asam dalam buah pomelo. Sehingga hal tersebut bisa membuat perut Anda menjadi kembung. Asam dalam buah Pomelo juga dapat menyebabkan over perangsangan, serta menyebabkan diare.

6. Daging Domba dan Cuka
Mutton (daging domba) merupakan makanan panas dan cuka bersifat hangat seperti alkohol. Jika dua bahan tersebut dimasak bersama akan mengover-aktifkan sirkulasi dan energi. Kedua bahan tersebut jika Anda konsumsi dapat membuat masalah pada jantung Anda.

7. Daging Kambing dan Semangka
Semangka merupakan makanan dingin, dan jika dikonsumsi dengan daging kambing yang bersifat panas dapat membuat efek samping. Yaitu menurunnya gizi dari daging kambing secara cepat. Untuk penderita asthenia limpa, jika mengonsumsi makanan ini dapat membahayakan energi serta mengganggu lambung dan limpa.

Itu tadi beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan, jangan mengonsumsi makanan di atas secara bersamaan. Rasanya memang cenderung lebih nikmat, tetapi Anda belum mengetahui kandungan yang ada dalam makanan tersebut berbahaya atau tidak. Demi kesehatan tubuh Anda, maka sebaiknya lebih teliti dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.
Artikel Terkait