4 Penyebab Asam Urat Yang Tak Terduga

image: supertastyrecipes.com
Setiap orang perlu mengetahui tentang penyebab penyakit asam urat. Hal ini akan membuat seseorang semakin mudah dalam melakukan pencegahan. Pada dasarnya penyakit asam urat bisa dicegah melalui gaya hidup sehat. Sementara pengobatan asam urat sendiri bukanlah suatu hal yang sepele. Jadi, ketika seseorang ingin terhindar dari penyakit asam urat, maka harus melakukan pencegahan. Asam urat tidak hanya disebabkan konsumsi makanan tinggi purin saja, Tetapi gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab dari serangan penyakit asam urat.

Perlu kita ketahui, Janganlah hanya berpacu pada faktor keturunan, karena asam urat bisa terjadi pada siapa saja. Dan tidak hanya kalangan lanjut usia saja yang bisa terserang penyakit asam urat ini. Sementara, meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh biasanya ditandani dengan munculnya rasa nyeri, sampai pembengkakan pada kaki maupun tangan. Namun serangan awal asam urat lebih sering terjadi pada jempol kaki.

Secara umum, Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab asam urat pada tubuh seseorang. Dua faktor penyebab ini adalah penyebab asam urat Primer, serta penyebab asam urat yang Sekunder. Hal demikian terbagi berdasarkan faktor penyebab yang ada. Nah, Berikut ini adalah penyebab  penyakit asam urat primer dan sekunder yang perlu kita ketahui:

- Penyebab asam urat primer, Hal ini sangat berkaitan dengan faktor yang ada di dalam tubuh seseorang. Asam urat primer bisa terjadi akibat faktor genetik. Jadi, seseorang yang memiliki garis keturunan penderita asam urat, maka mereka bisa mengalami serangan asam urat primer. Selain itu, asam urat primer juga bisa terjadi akibat terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh, karena organ ginjal yang sedang bermasalah.

- Penyebab asam urat sekunder, Di mana penyebab ini berkaitan erat dengan pengonsumsian makanan. Yang mana konsumsi makanan yang mengandung banyak purin akan menyebabkan kadar asam urat meningkat. Makanan tinggi purin ini adalah makanan yang berlemak jenuh seperti jeroan, daging merah, dan juga minuman beralkohol.

Di samping kedua penyebab di atas, ternyata ada beberapa penyebab asam urat yang tidak diketahui banyak orang. Sehingga menganggapnya sebagai hal yang sepele. Berikut adalah 4 penyebab asam urat tak terduga yang patut Anda ketahui :

1. Dehidrasi
Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika masalah dehidrasi bisa memicu terjadinya serangan asam urat. Kurangnya cairan di dalam tubuh, ternyata akan memicu terjadinya peningkatan jumlah konsentrasi asam urat di dalam darah. Dengan demikian, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat atau sering merasa nyeri akibat asam urat, maka disarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter/hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kekurangan cairan di dalam tubuh.

2. Pengaruh Aspirin
Jika selama ini Anda beranggapan bahwa asam urat hanya disebabkan oleh makanan berpurin tinggi, itu tidaklah benar. Pasalnya, obat-obatan juga bisa memicu serangan asam urat. Aspirin bisa menjadi obat yang memicu peningkatan asam urat di dalam darah. Biasanya, Aspirin ini sering digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti peradangan. Namun ketika Anda terlalu sering dalam mengonsumsi Aspirin, maka risiko serangan asam urat akan lebih tinggi. Jadi jika ingin terhindar dari serangan asam urat, maka batasi pengonsumsian Aspirin, terutama saat sakit kepala menyerang.

3. Obesitas ( Kegemukan )
Obesitas atau kegemukan menjadi salah satu masalah serius yang harus ditangani. Kegemukan ini tidak hanya memicu serangan diabetes, namun juga menjadi penyebab penyakit asam urat. Tubuh yang gemuk cenderung memiliki lemak lebih tinggi. Oleh sebab itulah, pada tubuh yang gemuk kadar asam urat akan diproduksi lebih banyak. Selain itu, tubuh yang gemuk juga akan sulit untuk menguraikan kadar asam urat. Jadi, jagalah pola makan Anda setiap hari supaya terhindar dari kegemukan.

4. Efek Diuretik
Obat penurun tekanan darah atau diuretik, ternyata juga memicu terjadinya serangan asam urat. Obat ini bekerja mengeluarkan semua air dan garam di dalam tubuh. Namun, ternyata obat ini menimbulkan efek samping yang berbahaya, karena  mengganggu proses penguraian kadar asam urat di dalam tubuh. Sementara proses penguraian yang tidak terjadi secara sempurna, Maka kadar asam urat akan terus menumpuk di dalam tubuh seseorang.

Itulah beberapa penyebab asam urat yang sebelumnya tidak pernah disangka. Jadi, bagi Anda yang ingin terhindar dari serangan asam urat, maka lakukanlah pencegahan dengan mengonsumsi makanan sehat dan rendah purin, serta imbangi dengan olahraga secara rutin.
Artikel Terkait