Trik Jitu Agar Minyak Goreng Tidak Mudah Keruh

image: healthambition.com
Mengeruhnya minyak goreng yang tetap saja dipakai secara berulang-ulang, memang akan menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan minyak keruh tersebut juga bisa meningkatkan risiko tubuh untuk terserang penyakit berbahaya. Berdasarkan masa pakai minyak goreng, pada umumnya hanya bisa digunakan untuk menggoreng sampai tiga kali pemakaian saja. Selanjutnya warna minyak goreng pun akan berubah kecokelatan atau keruh serta menghitam. 

Apalagi bila minyak goreng tersebut digunakan untuk menggoreng ikan, maka tidak sampai tiga kali pemakaian warna keruhnya sudah terlihat begitu jelas. Sehingga untuk menjaga kejernihan minyak goreng ini, maka ada teknik khusus yang perlu anda perhatikan. Agar nantinya minyak goreng tidak sampai berakibat buruk bagi tubuh, serta kondisinya tetap bersih saat dipakai menggoreng kembali. 

Nah, agar minyak goreng yang anda beli tidak mudah keruh setelah dipakai, inilah beberapa cara yang perlu anda terapkan :

1. Memilih Minyak Goreng
Langkah awal yang perlu anda perhatikan yakni belilah minyak goreng yang berkualitas. Dan usahakan jangan sampai membeli minyak goreng dari hasil daur ulang. Hal demikian karena jika minyak goreng dari hasil daur ulang, maka akan mempercepat tingkat kekeruhan pada minyak itu sendiri.

Pilihlah minyak goreng yang masih baru tanpa hasil daur ulang. Dengan begitu kejernihan minyak goreng akan mampu bertahan lebih lama, dan tidak cepat keruh setelah digunakan.

2. Ukurlah Tingkat Pengapian Saat Menggoreng
Di saat minyak goreng tersebut digunakan untuk menggoreng ikan atau bahan-bahan tertentu, maka perhatikanlah tingkat pengapiannya. Usahakan jangan sampai menggunakan pengapian yang terlalu besar. Karena jika api yang digunakan untuk menggoreng terlalu besar, maka bisa menjadikan minyak cepat panas, serta lebih cepat mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan. Dan itu pun juga tidak menguntungkan bagi makanan yang hendak digoreng. Yang mana makanan yang digoreng tersebut tidak bisa matang secara sempurna. 

Oleh karena itu, gunakan tingkat pengapian yang sedang saja. Selain menjadikan bahan yang digoreng bisa masak secara merata, kondisi minyak goreng tersebut juga tidak mudah keruh.

3. Bersihkan Minyak Setelah Digunakan Untuk Menggoreng
Agar kejernihan minyak tetap terjaga dengan baik, anda bisa membersihkan minyak tersebut dari munculnya kerak untuk menghindari perubahan warna yang menghitam. 

Anda bisa memanfaatkan nasi atau kentang untuk menjaga kebersihan minyak goreng tersebut. Caranya : Gorenglah nasi atau kentang tersebut setelah minyak digunakan untuk menggoreng bahan-bahan tertentu. Yang mana kedua bahan ini mampu menjernihkan minyak kembali, dan membuat minyak goreng tak mudah keruh.

Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan kerak maupun sisa bahan makanan yang masih tercampur di dalam minyak goreng tersebut. Bila perlu, anda bisa menyaringnya kembali setelah minyak goreng digunakan. 

4. Tepat Dalam Menyimpan Minyak Goreng
Simpanlah minyak di tempat yang tertutup, bersuhu dingin, dan terhindar dari panas. Dengan menyimpan minyak goreng yang tepat, maka minyak akan terhindar dari oksidasi, serta tetap baik dan sehat untuk digunakan kembali.
Artikel Terkait