Tips Agar Sayuran Tetap Hijau Saat Direbus

image: eatwell101.com
Asyiknya bila menu masakan di rumah diselingi dengan sayur-sayuran, dan pastinya akan menambah asupan gizi bagi tubuh bukan..?. Apalagi ketika aneka sayuran ini diolah menjadi sup, pecel, dan gado-gado, yang semuanya itu akan menambah cita rasa masakan menjadi lebih nikmat dan sempurna. Di dalam sayuran itu sendiri juga terdapat nutrisi alami, yang cukup membantu untuk menjaga tubuh dari berbagai macam gangguan yang tidak diinginkan.

Dan pastinya bagi ibu rumah tangga yang gemar sekali mengolah sayur, mereka akan berusaha untuk mengolah dan menyajikannya di meja makan dengan sebaik mungkin. Sayangnya, ada saja masalah yang timbul ketika mengolah sayuran ini. Yakni sayur secara tak terduga berubah warna menjadi kecokelatan saat direbus. Sehingga ketika dihidangkan, kondisi sayur pun tidak lagi tampak segar dan menarik.

Apalagi jika sayuran yang dimasak tersebut diorientasikan untuk dijadikan menu santapan yang dijual di depot maupun restoran. Dan tentu saja bagi setiap orang menginginkan agar kondisi sayuran tetap hijau menarik ketika disajikan konsumen. Lantas, bagaimana cara agar sayuran yang dimasak tetap hijau dan sedap dipandang mata..?. Anda janganlah khawatir, Beginilah cara untuk membuat kondisi sayur tetap hijau dan segar usai direbus.

# Terlebih dahulu potonglah atau iris jenis sayuran yang hendak direbus sesuai dengan selera anda. Kemudian mencucinya sampai bersih, dan usahakan mencuci sayuran tersebut di bawah pancuran air yang mengalir.

- Perhatikan Saat Merebus Airnya
Selanjutnya rebuslah air yang sudah tertuang di dalam panci hingga mendidih, barulah anda bisa memasukkan sayuran. Sementara satu panci air ini bisa anda gunakan untuk merebus beragam sayuran secara bergantian. Biasanya teknik ini banyak diterapkan bagi ibu rumah tangga yang merebus sayur dengan beraneka ragam.

- Perhatikan Saat Sayur Mulai Direbus
Jika anda tak ingin hasil sayuran hijau yang direbus menjadi keruh atau kecokelatan, Maka perhatikan cara merebusnya. Yakni rebuslah potongan sayur tersebut secara bergantian, mulai dari warna paling muda hingga jenis sayur yang berwarna tua. 

Misalnya : Anda bisa merebus terlebih dahulu kecambah, lalu angkat kecambah dan bergantilah merebus kubis. Kemudian anda bisa merebus sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan sejenisnya.

Khusus untuk jenis sayuran hijau, saat merebusnya Anda dapat memasukkan terlebih dahulu satu sendok teh garam dapur ke dalam panci. Selanjutnya barulah anda bisa memasukkan sayuran hijau (bayam, kangkung, kacang panjang) secara bergantian pula. Dengan memanfaatkan garam dapur saat merebus sayur, maka warna sayur hijau tidak akan berubah menjadi kecokelatan maupun keruh saat dihidangkan.
Artikel Terkait