Tips Jitu Membedakan Daging Ayam Kampung Dan Ayam Broiler

image: simigreenacres.com
Daging ayam kampung maupun ayam broiler, memang secara umum banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat di sekitar kita. Namun kenyataannya masih ada saja yang merasa kesulitan untuk membedakan dari jenis daging ayam keduanya. Tidak sedikit orang juga lebih gemar mengonsumsi daging ayam kampung bila dibandingkan ayam broiler (ayam dalam negeri ). Karena kebanyakan orang menganggap bahwa ayam kampung lebih terkesan alami dan terhindar dari ragam jenis obat-obatan kimia.

Namun juga tidak sedikit pula orang lebih memilih daging ayam broiler untuk disajikan dalam bentuk hidangan di rumah. Jadi, bila dinilai dari segi kelezatan dan kenikmatannya, hal demikian memang berdasarkan selera masing-masing bukan…?. Namun ada hal yang harus diperhatikan, yakni hendaknya anda bisa memilih jenis daging ayam yang berkualitas bagus, baik itu daging ayam kampung maupun ayam negeri.

Karena dengan adanya kualitas dari ayam yang hendak dikonsumsi, selain kenikmatan yang akan anda dapatkan, kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya pun juga dapat menunjang kesehatan pada tubuh. Nah, jika anda masih kesulitan untuk membedakan daging ayam kampung dan broiler yang dijual di pasaran, anda bisa menyimak cara mudah untuk membedakannya.

Berikut cara untuk membedakan antara daging ayam kampung dan broiler :

1. Perhatikan Warna Daging Dengan Cermat
Di saat anda hendak membeli daging ayam, maka untuk membedakan antara daging ayam kampung dan broiler ini bisa dilihat dari segi warna dagingnya. Di mana daging ayam kampung itu sendiri berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan daging ayam broiler. 

Timbulnya perbedaan tersebut memang didasarkan oleh jenis makanan dan lama tidaknya kedua jenis ayam itu hidup. Oleh karena itu, Dengan memperhatikan warna daging dari kedua jenis ayam tersebut, Anda pun bisa dengan mudah untuk membedakan daging keduanya.

2. Melihat Dari Segi Tekstur Dagingnya
Daging ayam negeri atau broiler memang lebih empuk jika dibandingkan dengan ayam kampung. Sebaliknya, bahwa tekstur daging ayam kampung memang cenderung lebih alot, dan juga dibutuhkan waktu yang lebih lama saat memasak ayam kampung tersebut. 

Sehingga bila anda kesulitan untuk membedakan dari kedua jenis daging ayam tersebut, maka anda bisa mengamati tekstur dagingnya. Dengan begitu, di saat membelinya bisa sesuai dengan selera yang anda inginkan.

3. Perhatikan Kondisi Kulit Ayam
Perlu anda tahu, bahwa kondisi kulit ayam kampung dan ayam broiler juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di mana kondisi kulit ayam kampung cenderung lebih kuat dan tidak mudah robek, karena kandungan lemak di bawahnya cukup rendah. 

Sedangkan kulit ayam broiler cenderung lebih mengkilap, lebih mudah robek, dan terdapat banyak lemak yang tertimbun di bagian bawah kulit. Dengan mengetahui kondisi kulit dari kedua jenis ayam tersebut, Maka cukup mudah untuk membedakannya bukan..?

4. Perhatikan Bentuk Tubuh Ayam
Selain dilihat dari kondisi kulit, cara membedakan kedua jenis daging ayam tersebut juga bisa dicermati dari segi bentuk tubuhnya. Ayam kampung memiliki bentuk tubuh tidak terlalu gemuk, terlihat gagah, bagian dada terlihat membentuk (menonjol) tulangnya, dan kenyal bila disentuh. 

Begitu pula sebaliknya, Ayam broiler memiliki tubuh lebih gemuk dan besar karena mengandung banyak lemak di dalamnya. Dengan adanya perbedaan bentuk tubuh ini, anda pun bisa melihat secara kasat mata untuk membedakan kedua jenis daging ayam tersebut.
Artikel Terkait