6 Tips Bersihkan Usus Besar Yang Kotor Secara Alami

image: genesisnmc.com
Seirama dengan berjalannya kinerja usus di tubuh, tentu tak terpisahkan akan kotoran yang terdapat di dalamnya bukan…?. Beralih pada permasalahan kotoran yang tertimbun di bagian usus besar atau kolon, sangatlah rentan sekali untuk memicu tubuh mengalami berbagai macam gangguan.

Setidaknya bisa dibayangkan ketika saluran pembuangan kotoran di tubuh ini tersumbat, sehingga mau tidak mau kotoran terus menerus menempel pada dinding usus besar, dan mengakibatkan penyakit serius. Semisal bermuaranya toksin atau racun, bakteri jahat, virus serta berupa sisa makanan yang seharusnya dikeluarkan melalui usus besar tidak lagi mampu berjalan lancar. 

Akibatnya muncul masalah sembelit, sakit di bagian sendi, gatal-gatal di kulit, bau mulut tak sedap, perut kembung, kepala pusing, hingga sampai memicu risiko penyakit kanker usus besar dan lainnya. Maka sebaiknya ada cara untuk membersihkan usus besar yang kotor secara efektif.

Begitu banyaknya  cara medis yang dapat ditempuh untuk membersihkan usus dari ragam kotoran yang tertimbun, terlebih lagi di bagian usus besar. Semisal menggunakan proses Kolonoskopi sebagai prosedur persiapan medis pembersih usus besar, menggunakan teknik Enema yang berguna menyuplai cairan ke bagian usus besar melalui anus. Treatment tersebut bertujuan agar kotoran yang mengendap di usus besar dapat dikeluarkan dengan cepat. Selain itu juga bisa mengonsumsi suplemen atau obat pembersih usus besar yang tersedia di apotek.

Namun tahukah anda, bahwa dalam membersihkan usus besar yang kotor agar segera mendapat penanggulangan, Ada cara alami sebagai jalan alternatif pengobatan tradisional. Sehingga untuk mencari bahan-bahannya, anda bisa dengan mudah menemukannya, kemudian mengolahnya untuk dijadikan obat pembersih usus secara alami.

Nah, inilah cara yang bisa anda terapkan untuk membersihkan usus besar yang kotor secara alami :

1. Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau
Tahukah anda, bahwa salah satu cara saat kotoran mengendap di bagian dinding usus besar, bisa menggunakan ragam sayuran hijau tua sebagai obat pembersih alaminya. Karena tingkat klorofil yang dikandung memang cukup tinggi. Sehingga kotoran yang menempel pada lapisan dinding usus besar berupa bakteri, virus, serta racun,  kemudian lapisan lendir pada saluran pencernaan dapat dilarutkan secara alami.  Semisal mengonsumsi seledri, kacang polong, dan bayam setiap hari, maka dapat membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih sehat dan lancar.

2. Rajin Berolahraga
Gerak usus  lambat akan mampu menimbulkan berbagai macam masalah bagi tubuh. Termasuk kinerja usus besar menjadi sedikit terhambat saat membuang semua racun dan sisa makanan dalam tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga agar dapat menstimulasi usus besar untuk bekerja dengan normal. Sebaiknya anda meluangkan waktu jalan pagi, melakukan gerakan-gerakan tertentu dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.

3. Menambahkan Bawang Merah dan Putih Pada Masakan
Terkenalnya kedua jenis rempah ini mampu membunuh racun yang terdapat pada organ usus besar. Karena senyawa alami yang dibawa dari kedua rempah ini, sangat berguna dalam membersihkan kotoran dalam usus besar. Apalagi bawang putih patut dikonsumsi saat kondisi usus besar mengandung parasit atau bakteri, dan mengendap di usus besar.
Oleh karena itu, campurkan saja bawang merah dan putih ke dalam masakan yang akan disajikan. Dengan begitu kondisi usus besar di tubuh menjadi sehat, serta terhindar dari gangguan.

4. Perhatikan saat Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak
Untuk meminimalisir usus besar dari ragam kotoran, maka ukurlah saat mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, serta jangan berlebihan. Sehingga kondisi usus tetap dapat bekerja dengan lancar, sebagai jalur penting untuk mengeluarkan zat-zat yang tak berguna bagi tubuh. 

5. Konsumsi Buah Alpukat
Alpukat menjadi buah enak tinggi serat alami di dalamnya. Di mana kegunaan serat ini cukup membantu tubuh agar terhindar dari risiko terkena kanker usus besar. Selain itu, mengonsumsi Alpukat secara teratur dapat merangsang pergerakan usus secara maksimal. Jadi, usus pun dapat membersihkan semua kotoran yang masuk. Konsumsilah buah enak ini sebagai cara alami memaksimalkan gerakan usus, serta membersihkan usus dari timbulnya kotoran yang mengendap.

6. Minum Jus Lidah Buaya Dan Teh hijau
Jadikan jus Lidah Buaya ini sebagai pembersih alami untuk kotoran yang mengendap di usus besar. Yang mana kandungan Aloe vera juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan di tubuh, serta cukup efektif dalam mengatasi sembelit.

Selain minuman Aloe vera, Teh hijau pun juga menjadi seduhan hangat serta berguna membersihkan usus besar dari racun, bakteri, serta kotoran lainnya. Hal tersebut karena kandungan antioksidan di dalamnya, mampu menjadi obat herbal bagi kondisi usus besar yang bermasalah.
Artikel Terkait