Cara Mudah Memilih Buah Kurma Yang Berkualitas

image: parentinghealthybabies.com
Kini saatnya kurma menjadi santapan nikmat dan sehat, terlebih lagi di bulan suci ramadhan. Tentunya banyak sekali orang yang berbondong-bondong untuk membeli kurma yang beredar di pasaran. Selain menjadi makanan favorit untuk bulan ramadhan, kurma juga diselimuti dengan banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. Di antaranya nutrisi vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, serat, sodium, dan juga sumber energi yang membantu meningkatkan stamina tubuh. Sehingga jenis buah yang khas ini sangatlah baik dikonsumsi saat berbuka puasa bersama keluarga. 

Sayangnya, tidak semua kurma yang dijual di pasaran bisa dipastikan memiliki kualitas bagus. Karena ada juga kurma yang masih kurang terjaga kebersihannya. Bahkan cara menyimpan kurma yang kurang tepat kerap kali menjadikan kualitas kurma berkurang.

Namun anda janganlah khawatir, karena untuk memilih kurma yang berkualitas, ada beberapa ciri yang bisa dijadikan cara untuk mengetahui baik tidaknya kualitas kurma itu sendiri.

Maka dari itu semua, ketika anda hendak membeli kurma, beginilah cara yang bisa anda terapkan untuk memilih buah kurma yang berkualitas baik.

1. Perhatikan Kulit Buah Kurma
Kondisi bagus dan tidaknya kualitas kurma bisa anda ketahui dari bagian kulit luar kurma. Jadi, jika anda membeli kurma, maka pilihlah kurma yang kondisi kulitnya masih baik dan tidak rusak. Di mana bagian kulit luar kurma ini tidak adanya lubang dan terlihat masih mulus atau utuh.

2. Lihatlah Warna Buah Kurma
Kurma yang baik, biasanya memang ditandai dengan warna kecokelatan, kekuningan, atau merah. Selain itu warnanya pun tampak segar, serta aromanya juga tidak terlalu wangi namun bersih. Bila anda menemukan kondisi kurma yang semacam ini, maka hal tersebut merupakan salah satu kriteria kurma yang berkualitas.

3. Perhatikan Juga Dari Segi Teksturnya
Ketika dipegang atau disentuh, kurma yang berkualitas biasanya tidak lengket. Kemudian di bagian permukaan kulitnya juga tidak dipenuhi dengan cairan gula atau berair. Hal ini karena kurma yang memiliki kualitas bagus, tanpa terlebih dahulu direbus menggunakan air gula atau bahan sejenisnya.

4. Kondisi Buah Kurma Terlihat Padat
Kurma yang bagus juga terlihat padat dan berisi, meskipun kondisinya kering. Sehingga dengan adanya bentuk yang padat inilah menunjukkan akan kualitas dari kurma itu sendiri. Oleh sebab itu, ketika anda hendak membelinya, maka bisa langsung mengeceknya terlebih dahulu.

5. Perhatikan Kondisi Kemasannya
Kemasan buah kurma juga bisa menentukan akan baik tidaknya kualitas kurma. Anda pun bisa melihat kondisi kemasannya, yang mana tertutup rapat, bersih / higienis, serta tidak sampai terkontaminasi dengan debu. 

Baca Juga : 13 Manfaat Dan Khasiat Hebat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Artikel Terkait