8 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Keracunan Makanan

image: organicfacts.net
Terlepas dari yang dipikirkan, bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari ternyata belum tentu semuanya menyehatkan tubuh. Karena kemungkinan juga makanan tersebut bisa terkontaminasi dengan zat-zat tertentu, yang mengakibatkan dampak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk juga kurang teliti dalam mengolah maupun menyajikannya.

Terurainya kasus keracunan makanan yang menimpa sebagian besar orang, baik itu pada anak, remaja, dan orang dewasa, cukup menjadi bukti nyata bagi kita semua. Lantas, apa sebab-sebab sampai menjadikan timbulnya keracunan makanan..?. Perlu anda tahu bahwa persoalan semacam ini, mampu menimpa seseorang juga tak lepas dari keberadaan virus, bakteri, dan racun yang menyelinap dalam makanan. Selain itu, tercampurnya kotoran pada makanan juga bisa menjadi penyebab umum terjadinya keracunan.

Akibatnya tidak sedikit tanda-tanda maupun gejala yang ditimbulkan. Semisal tiba-tiba perut mual-mual, kram, muntah, diare setelah mengonsumsi makanan tertentu. Oleh karena itulah terjadinya keracunan makanan ini, sebaiknya bisa diatasi dengan tepat dan efektif.

Ada cara alami untuk mengatasi terjadinya keracunan makanan. Yakni dengan menggunakan aneka bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Bahkan cara ini patut diterapkan untuk langkah penanggulangan saat tubuh keracunan makanan.

Berikut cara mengatasi keracunan makanan dengan menggunakan beberapa bahan alami :

1. Mengonsumsi Apel Dan Pisang
Kandungan  berupa enzim yang tersimpan pada apel dan pisang, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi mengatasi gejala keracunan makanan dalam tubuh. Sehingga tidak salah bila anda mengonsumsi sebutir apel atau pisang untuk membantu tubuh terhindar dari keracunan makanan. 

Selain itu, buah apel dan pisang ini juga menjadi cara ampuh untuk meredakan mual dan sakit perut yang dialami seseorang. Maka dari itu, konsumsilah apel dan pisang ini ketika mengalami keracunan makanan.

Atau bisa juga menyeduh cuka apel dengan segelas air hangat. Minumlah sebelum makan, maka dampak buruk keracunan makanan bisa diredakan secara alami.

2. Gunakan Madu
Madu dikenal dengan kandungannya yang hebat, yakni memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur untuk melawan racun dalam tubuh. Bahan alami ini cukup enak diseduh dengan satu gelas air hangat untuk mengatasi keracunan makanan. Minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari agar dapat membantu mengatasi keracunan secara maksimal. Selain itu, madu juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan pencernaan pada tubuh. 

3. Menjadikan Jahe Sebagai Minuman Hangat
Terdapatnya gejala keracunan makanan seperti mual, muntah dan sejenisnya, dapat ditanggulangi dengan satu sendok jahe yang sudah diparut. Kemudian masukkan ke dalam segelas air,  dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit gula di dalamnya. Kandungan anti bakteri yang terdapat pada jahe cukup tinggi, sehingga tidak salah jika anda ingin mengatasi keracunan makanan dengan jenis minuman rempah ini. Minumlah seduhan jahe dua kali sehari selepas makan, agar bisa mengatasi dampak yang ditimbulkan dari keracunan makanan secara menyeluruh.

4. Mengonsumsi Air lemon
Terdapatnya rasa masam beserta kandungan vitamin C di dalam lemon, juga berguna untuk menanggulangi timbulnya keracunan. Saat tubuh mengalami keracunan dikarenakan bakteri tercampur pada makanan, maka anda bisa membuat lemon menjadi minuman segar.
Cara pembuatannya cukup simpel, tuangkan saja hasil perasan air lemon ke dalam air hangat. Tambahkan sedikit garam untuk diseduh dalam satu gelas. Lalu minumlah setiap hari, hingga ramuan ini mampu mengatasi keracunan makanan secara efektif.

5. Teh Hitam (Black Tea)
Cukup besar manfaatnya kandungan Asam Tannic pada teh hitam bagi tubuh. Terlebih lagi zat tersebut digunakan obat dalam mengatasi keracunan makanan. Maka ada baiknya jika anda mencoba mengonsumsi seduhan teh hitam secara teratur. Karena berbagai senyawa alami yang dibawanya, tentu sangat membantu untuk menyehatkan tubuh anda.

6. Bawang Putih
Mengunyah bawang putih tak hanya mengatasi penyakit seperti flu saja. Akan tetapi, bawang putih juga dapat digunakan sebagai langkah penanggulangan efektif saat tubuh mengalami keracunan.  Sebab di dalamnya juga memiliki sifat anti bakteri dan antivirus, sebagai bahan alami mengatasi tubuh keracunan makanan secara tak terduga. Anda dapat membuat bawang putih sebagai jus, atau minuman hangat untuk dikonsumsi setiap hari.

7. Minum Susu Dingin
Bahan penetral racun lainnya, yakni mengonsumsi susu dingin 3 kali sehari. Susu bermanfaat sebagai minuman sehat yang mampu mencukupi asupan di tubuh. Bahkan terjadinya keracunan makanan dapat dinetralkan dengan meminumnya secara teratur. Sehingga dampak yang ditimbulkan keracunan tersebut, tidak sampai membahayakan kondisi tubuh.

8. Menggunakan Daun Basil
Daun basil segar, memang memiliki aroma cukup kuat. Demikian pula kemampuannya juga ampuh membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Sehingga keberadaan daun tersebut patut dijadikan cara alami penanggulangan keracunan makanan, yang mana kerap kali dialami oleh sebagian orang. Baik itu keracunan makanan terjadi pada anak, maupun orang dewasa. Nah, untuk mengonsumsinya, anda bisa menjadikan jus dan dipadukan dengan madu secukupnya agar khasiatnya lebih maksimal.
Artikel Terkait