Tips Atasi Ketiak Basah Dengan Mudah Dan Cepat

image: alrayalaam.com
Terlibatnya keringat di bagian ketiak memang menjadikan penampilan sungguh tidak nyaman dipandang mata. Mungkin anda sudah memiliki persiapan dengan sebaik mungkin ketika akan pergi ke kantor untuk kerja. Mulai dari tata cara menggunakan baju rapi, membuat bentuk rambut menjadi lebih pendek, sampai seluruh penampilan pun dibuat tampak menawan dan elegan. Terlepas dari situ semua, ternyata masih saja keringat basah terus menerus bermunculan di ketiak.

Ketiak basah atau bisa dibilang dengan istilah burket ini, sangatlah kurang nyaman dan cukup mengganggu akan produktivitas kerja. Lantas mengapa bisa begitu..?, karena rasa kurang nyamannya anda saat burket ini bermunculan, tentu tingkat konsentrasi kerja juga terganggu bukan..?. Apalagi saat di kantor, anda sedang merasa gugup ketika presentasi di hadapan klien atau rekan kerja, secara serentak keringat di ketiak ini muncul tanpa terkendali. Pastinya menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang. Sehingga mau tidak mau, anda berpikir bagaimana cara agar ketiak basah yang timbul bisa diatasi dengan mudah dan efektif.

Ada beberapa kemungkinan yang sebenarnya menjadikan ketiak basah ini dialami oleh seseorang. Pertama karena suhu tubuh meningkat, sehingga menyebabkan keringat di bagian tubuh yang lembab, seperti ketiak dan organ tertentu lainnya. Kemudian keringat berlebih di ketiak juga bisa disebabkan oleh permasalahan sistem saraf, namun hal demikian bukanlah suatu penyakit.

Untuk mengatasi keberadaan ketiak basah, tidak sedikit orang menggunakan produk tertentu yang telah banyak beredar di pasaran. Namun jika anda berniat untuk mengatasinya dengan aneka bahan alami, tentu hal itu juga bisa menjadi langkah alternatif lain yang bisa diterapkan. Karena tidak sedikit juga jenis ramuan alami, yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan adanya ketiak basah dengan cepat dan mudah.

Berikut macam-macam bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi ketiak basah, agar tidak sampai mengganggu penampilan dalam rutinitas sehari-hari.

1. Teh Hitam
Keberadaan teh hitam juga cukup mudah ditemukan di berbagai wilayah Nusantara. Jadi, disaat keringat berlebih mulai muncul di ketiak, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan teh herbal satu ini. Namun hal demikian juga tak lepas dari cara penggunaannya secara tepat pula.

Caranya cukup mudah : Rebuslah teh hitam secukupnya saja, dan diamkan sampai dingin. Kemudian pergunakanlah handuk atau kain lembut untuk membungkus teh yang telah disajikan tadi, lalu mengompreskannya pada kedua bagian ketiak di tubuh. Untuk mencapai hasil maksimal, maka ulangi cara tersebut selama 2 Minggu. Alhasil, ketiak basah tak lagi bermunculan mengganggu penampilan.

2. Lidah Buaya
Siapa tidak mengenal dengan tanaman aloe vera ini. Tentunya tanaman ini sangatlah manjur untuk menyehatkan rambut bukan…?. Di sisi lain lidah buaya juga dapat dijadikan minuman sehat untuk mengatasi kondisi basah pada tubuh, karena keringat berlebih. Dengan adanya hal tersebut, lidah buaya bisa dikonsumsi menjadi minuman agar ketiak basah tak lagi mengganggu kinerja anda saat beraktivitas.

Cara menggunakannya : Siapkan beberapa gel lidah buaya, lalu buatlah sebagai jus, atau minuman lain sesuai selera. Kemudian minumlah secara rutin untuk meredakan produksi keringat berlebih, terutama di bagian ketiak.
image: quora.com

3. Perasan Air Lemon
Dengan menggunakan air perasan lemon, ternyata anda memiliki dua keuntungan. Yakni selain untuk mengatasi ketiak basah yang bermunculan secara tak terduga, perasan air lemon juga mampu memberikan khasiat untuk membersihkan kondisi ketiak menghitam. Entah itu dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan ketiak di tubuh, maupun faktor kelembaban yang kerap kali menjadikan ketiak menjadi hitam.

Cara menggunakannya : Sediakan perasan air lemon ke dalam satu wadah, setelah itu ambillah kapas dan celupkan ke dalam air perasan tersebut. Kemudian mengoleskannya pada area ketiak di tubuh secara perlahan dan merata. Lakukanlah secara rutin sebelum mandi, maka kondisi ketiak pun bisa tampak bersih, serta terhindar dari produksi keringat berlebih.

4. Tomat
Memang menjadi buah favorit dengan mudah ditemukan di Nusantara. Tomat, sangat berguna untuk menghilangkan permasalahan keringat berlebih di tubuh, Terutama di bagian ketiak. Jika anda berminat untuk mengatasi ketiak basah yang kerap kali muncul secara tiba-tiba, bisa saja mengonsumsi buah tomat ini secara rutin dan teratur, sebagai langkah efektif untuk menanggulanginya.

Minum saja jus tomat setiap hari, atau anda bisa mengolahnya menjadi aneka jenis minuman enak untuk menghilangkan keberadaan ketiak basah. Selain itu, mengonsumsi tomat juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit tubuh.

5. Cuka Sari Apel
Kandungan yang dibawa oleh cuka sari apel, membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap pada kulit. Mengatasi permasalahan ketiak basah, juga merupakan fungsi lain dari penggunaan cuka apel. Oleh karena itulah, bahan alami ini bisa diterapkan sebagai langkah alami untuk menghilangkan bau tak sedap di ketiak, sekaligus meminimalisir produksi keringat berlebih di tubuh.

Cara menggunakannya : Untuk mengatasi ketiak basah menggunakan cuka apel, sama halnya dengan perasan air lemon. Terapkan cuka apel pada ketiak sebelum mandi. Tentunya dengan menggunakan bantuan kapas untuk mengoleskannya. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Baking Soda
Penggunaan baking soda bisa juga diterapkan sebagai cara mudah dan cepat untuk mengatasi produksi keringat yang berlebih pada tubuh. Terlebih lagi bagian ketiak kerap kali menjadikan diri kurang nyaman saat berpenampilan, maupun saat di tempat kerja ketika bermunculan keringat atau burket. Oleh sebab itu, ramuan alami ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, Apalagi baking soda tidaklah sulit untuk didapatkan.

Cara Menerapkannya :  Sediakan baking soda dan buatlah menjadi pasta. Kemudian tambahkan air secukupnya. Barulah menerapkannya pada bagian ketiak basah, dan diamkan selama beberapa menit. Untuk menghilangkan keringat berlebih secara maksimal, tentu anda bisa menerapkannya secara teratur. 

7. Cuka Putih
Cuka putih juga dapat dijadikan cara alami untuk mengatasi ketiak basah. Bahan ini juga sama halnya dengan cuka apel. Jadi jika berkeinginan untuk mengatasi produksi keringat berlebih yang bermunculan di ketiak, anda bisa memilih dari kedua jenis cuka sesuai dengan selera.

Cara menggunakan cuka putih : Untuk cuka putih yang sudah tersedia, gunakanlah kapas sebagai alat bantu untuk memoleskannya di kedua bagian ketiak. Lakukan cara ini beberapa saat sebelum mandi secara teratur, hingga sampai kondisi ketiak terbebas dari munculnya keringat berlebih.

Selain menggunakan bahan alami di atas, anda juga bisa menerapkan cara mudah lainnya sebagai langkah penanggulangan ketiak basah, serta bau tak sedap yang ditimbulkan. Seperti menggunakan Toner, yang bisa menjadi bahan untuk mengatasi keringat berlebih di ketiak.  Cara menggunakannya juga mudah, Tinggal rendam saja kapas ke dalam cairan Toner. Kemudian gunakan untuk dioleskan pada area ketiak secara perlahan dan merata. Sehingga keberadaan keringat berlebih di ketiak dapat diminimalisir, beserta bau tak sedap yang muncul.
Artikel Terkait