Jangan Panik, Begini Cara Mudah Atasi Masakan Yang Keasinan

Rutinitas memasak memang sudah menjadi kegiatan yang tak bisa terlewatkan bagi ibu rumah tangga, yang mana untuk mempersiapkan menu hidangan keluarga. Namun terkadang tidak semua masakan yang telah diolah di dapur bisa sesuai dan pas akan rasa serta aromanya. Ada juga berbagai permasalahan yang masih saja kerap terjadi saat menuntaskan kegiatan memasak ini. 

Semisal menu hidangan yang akan disuguhkan secara tak sengaja terlalu asin atau keasinan. Hal tersebut memang di luar kesengajaan, dan cukup membuat setiap orang yang memasak hidangan tersebut menjadi heran dan panik. Lantas, Apakah masakan yang sudah terlanjur keasinan semacam ini masih bisa diatasi ….?

Tentunya bisa, oleh karena itu anda juga tak perlu panik dan khawatir saat masakan yang diolah tersebut keasinan. Hal terpenting yakni anda harus mengetahui langkah yang tepat, dan segera melakukan tindakan agar makanan yang keasinan dapat seimbang kembali rasanya.


Beginilah cara mengatasi masakan yang keasinan dengan cepat dan mudah :

1. Tambahkan Kentang Pada Masakan
Ketika anda memasak dan secara tak sengaja terlalu banyak garam di dalamnya, maka cara mengatasinya yakni cukup tambahkan kentang pada masakan tersebut. Karena kemampuan kentang ini memang sangat cepat dalam menyerap rasa asin pada masakan. Nah, dengan begitu anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan penetralisir rasa asin berlebih di saat anda mengolah masakan.

2. Menambahkan Susu atau Santan
Jika jenis masakan yang anda olah mengandung susu atau santan, maka ketika rasa masakan masih keasinan, Anda bisa menambahkan sedikit santan atau susu di dalamnya. Yang mana susu atau santan termasuk bahan yang dapat menjadi penyeimbang rasa pada masakan. Sehingga rasa asin pun juga dapat diseimbangkan dengan menggunakan bahan tersebut.

3. Membilas Masakan Yang Keasinan
Ini berlaku ketika anda sedang memasak daging ayam pada kuah yang asin dalam kurun waktu lama. Anda bisa membilasnya dengan air matang yang dingin untuk menyeimbangkan kembali rasa asin tersebut. Selain itu, jika anda memasak sayur yang dikukus keasinan, maka untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan cara membilasnya dengan air dingin.

4. Menambahkan Sedikit Gula
Gula pasir juga menjadi alternatif yang cukup manjur untuk mengatasi masakan yang keasinan. Namun jangan terlalu banyak memasukkan gula tersebut ke dalam masakan, bisa jadi masakan akan malah kemanisan. Masukkan sedikit saja gula jika masakan anda dirasa keasinan, hingga rasanya dapat diseimbangkan.

Lantas bagaimana jika masakan tersebut malah kemanisan….?, Anda juga tak perlu panik, cukup tambahkan saja tetesan air lemon pada masakan. Maka akan mampu menetralkan rasa manis berlebih pada masakan tersebut.

5. Menambahkan Saus Tomat
Untuk jenis masakan yang dapat diencerkan seperti sup dan semur, maka ketika keasinan dapat diatasi dengan menggunakan saus tomat. Atau bisa menambahkan juga air secukupnya untuk mengurangi rasa asin pada masakan.
Artikel Terkait