5 Tips Mudah Atasi Rambut Kering Agar Tetap Lembab

image: follicleanse.com
Rambut tampak kering merupakan persoalan lazim yang kerap dialami oleh banyak orang. Berbagai hal memicu kondisi semacam ini, tentu akan menjadikan penampilan rambut menjadi kurang nyaman dipandang mata. Apalagi ketika anda berkeinginan untuk menata rambut tersebut dalam rangka mengunjungi pesta atau pertemuan tertentu. Rasanya kondisi rambut sulit sekali diurai, dan terus saja mengembang saat dirapikan. Sehingga memang perlu membasahinya terlebih dahulu agar tetap lembab dan dapat dirapikan. Tentu persoalan ini cukup menyulitkan bukan…?

Ditambah lagi keberadaan rambut kering juga memicu kesehatan rambut menjadi lebih mudah rusak, patah, dan lainnya. Sebenarnya banyak faktor yang menjadi pemicu rambut mudah sekali kering. Di antaranya karena terpapar sinar matahari, dehidrasi, kurang tepat dalam mengonsumsi makanan sehingga asupan yang dibutuhkan rambut tidak lagi terpenuhi, kelainan hormon, kondisi lingkungan, dan  kurang tepat dalam memilih produk perawatan rambut.

Sebagai langkah mudah untuk mengatasi rambut mengering ini, ada beberapa cara yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dimulai dari penggunaan bahan alami hingga memperhatikan cara merawat, serta menjaga kondisi rambut agar tetap lembab, sehat, dan tidak sampai merusak penampilan.

Begini cara mengatasi rambut kering agar kondisinya tetap lembab dan sehat sepanjang hari :

1. Perhatikan Cara Yang Tepat Saat Berkeramas
Sebagai langkah awal untuk menangani keberadaan rambut cepat kering, pertama akali yang perlu diketahui yakni cara anda saat berkeramas. Usahakan anda dapat menggunakan produk sampo terbaik dan cocok dengan kondisi rambut anda. Takarlah ukuran sampo yang dipakai, kemudian jangan sampai terlalu banyak saat menggunakannya. Anda pun bisa mencermati akan kondisioner yang dipakai pada saat membilasnya.

Janganlah sampai terlalu cepat saat menggunakan kondisioner rambut tersebut. Karena penggunaan kondisioner rambut terlalu cepat, akan menjadikan kondisi rambut tidak dapat terbilas secara sempurna.

2. Gunakan Minyak Sebagai Kondisioner Rambut
Bila dirasa produk kondisioner rambut terlalu banyak mengandung bahan kimia dan kurang cocok bagi anda, maka dapat pula menggantikannya dengan minyak sebagai bahan alami alternatifnya. Coba saja gunakan minyak almond, kelapa, dan zaitun untuk dijadikan kondisioner alami serta menyehatkan rambut.

Jenis minyak rambut tersebut dapat anda pilih sebagai kondisioner alami. Yang mana memiliki kemampuan meritalisasi poros rambut rusak, merangsang produksi minyak alami pada rambut, dan membuat rambut tampak berkilau. Jadi, pada saat anda mengatasi rambut kering, tidak ada salahnya bila menggunakan jenis minyak alami tersebut.

3. Menerapkan Masker Rambut
Selain jenis minyak yang bisa dipergunakan untuk kondisioner alami rambut, anda juga bisa menerapkan masker sebagai penggantinya. Sebagai contohnya berupa masker rambut terbuat dari alpukat, telur, pisang, madu, dan susu. Bahan-bahan tersebut juga cukup efektif dalam mengatasi permasalahan rambut kering secara alami.

Semisal menggunakan kombinasi madu dan minyak zaitun diaduk rata, kemudian menggosokkannya ke rambut secara merata, sampai pada bagian kulit rambut kepala. Setelah itu membungkusnya dengan plastik, diamkan selama 25 menit, baru bilas rambut sampai bersih.

4. Menjaga Rambut Agar Tetap Terhidrasi
Ingat..., jangan sampai kondisi tubuh mengalami dehidrasi berlebih. Karena dampaknya pun juga akan mengarah pada kesehatan rambut. Rambut cepat kering kerap kali disebabkan oleh persoalan semacam ini. Maka sebagai langkah dalam mengatasinya, anda bisa minum cukup air setiap hari. Hal demikian bertujuan agar kondisi rambut bisa tetap lembab dan sehat.

5. Perhatikan Saat Menggunakan Peralatan Rambut Yang keras
Dalam langkah mengatasi rambut kering, hendaknya bisa memperhatikan mengenai peralatan rambut yang sering digunakan. Sebagai contoh menggunakan peralatan rambut yang keras terlalu berlebihan, maka dampaknya juga tidak baik bagi kesehatan rambut itu sendiri. 

Sebaiknya pertimbangkan dengan bijak sebelum menggunakan peralatan rambut yang keras seperti alat pelurus rambut, alat pengeriting rambut, mewarnai rambut, dan lainnya. Namun, jika anda berkeinginan untuk menggunakannya, maka perhatikanlah cara penggunaan yang benar, serta jangan keseringan menggunakan alat-alat tersebut.
Artikel Terkait