Tips Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Sempurna Dan Renyah

image: youtube.com
Kerupuk menjadi pelengkap sajian yang sudah tak bisa terlewatkan begitu saja. Apalagi tidak sedikit kalangan yang menganggap bahwa kerupuk termasuk camilan yang harus ada di meja makan. Karena ketika mereka sedang menikmati hidangan di meja tanpa ditemani kerupuk, memang kurang sempurna rasanya bukan..?. Oleh sebab itulah kerupuk banyak digemari oleh masyarakat nusantara. 

Banyak sekali jenis kerupuk yang ditawarkan di pasaran, di antaranya kerupuk udang, kerupuk ikan, rengginang, kerupuk bawang, dan masih banyak lagi jenis kerupuk lainnya. Namun tidak semua jenis kerupuk tersebut dijual dalam keadaan siap saji alias matang, tetapi ada juga yang dijual dalam keadaan mentah. Sehingga memang diperlukan teknik menggoreng kerupuk yang benar, agar bisa menghasilkan rasa yang enak, renyah, dan mekar sempurna.

Oleh sebab itulah, terdapat beberapa cara yang perlu anda perhatikan saat menggoreng kerupuk, agar mekar dan tidak sampai bantat.

1. Menjemur Kerupuk Dahulu Sebelum Digoreng
Tentunya semua orang berkeinginan untuk sukses dalam menggoreng kerupuk, agar tidak sampai bantat dan tetap renyah untuk dikonsumsi. Nah, Bila anda ingin hasil maksimal saat menggoreng kerupuk, maka jangan lupa untuk menjemurnya di bawah sinar matahari sampai kering. Hal tersebut perlu untuk dilakukan ketika kondisi kerupuk lembab dan memang memerlukan pengeringan sebelum digoreng. 

Jika kerupuk mentah ini tetap saja digoreng meski dalam keadaan lembab, maka hasilnya pun mudah sekali bantat. Dan tidak bisa mengembang sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Gunakan Wajan Penggorengan Yang Tepat
Untuk menghasilkan kerupuk yang mekar dan renyah saat dikonsumsi, maka perhatikanlah juga saat memilih wajan penggorengan kerupuk. Pilihlah wajan yang cekung saat menggorengnya. Hal itu bertujuan agar kerupuk yang digoreng dapat ditenggelamkan ke dalam minyak goreng, dan bisa menghasilkan kematangan yang merata.

3. Perhatikan Saat Mengatur Pengapiannya
Agar kualitas kerupuk bisa lebih bagus dan mekar sempurna, memang dibutuhkan teknik yang pas saat menggorengnya. Ketika kerupuk mentah ini akan digoreng, maka aturlah pengapiannya secara tepat pula. Yakni jangan gunakan suhu api yang terlalu panas, karena malah menjadikannya cepat gosong, serta daya kembang kerupuk berkurang. Sehingga gunakanlah pengaturan api yang sedang saja. Sementara ketika suhu pengapiannya terlalu panas atau sampai mengeluarkan asap, maka anda pun bisa segera mengecilkannya. Dengan begitu, ketika kerupuk sedang digoreng dapat menghasilkan kualitas bagus, matang secara merata, lebih mekar, serta renyah saat dikonsumsi.

4. Perhatikan Cara Menggorengnya
Besar kecilnya ukuran kerupuk juga menentukan cara menggorengnya. Jika kerupuk yang akan digoreng  berukuran lebar seperti kerupuk udang, opak, dan lainnya, maka gorenglah kerupuk tersebut satu persatu. Dan ingat, ketika kerupuk mentah tersebut digoreng dengan pengapian sedang, jangan lupa untuk menekan-nekan kerupuk agar kondisinya tidak sampai menggelembung saat digoreng.

Namun jikalau kerupuk tersebut berukuran kecil kecil seperti kerupuk bawang dan kerupuk aci, maka gorenglah secara bertahap saja. Semisal menggoreng segenggam kerupuk mentah dengan pengapian yang sedang. Dan janganlah menggoreng kerupuk tersebut dalam jumlah terlalu banyak dalam satu kali penggorengan. Sehingga suhu minyak tetap stabil dan kondisi kerupuk bisa tetap mengembang.  

Khusus untuk jenis kerupuk yang berukuran tebal, seperti kerupuk ikan Palembang, maka sebaiknya menerapkan dua kali tahapan saat menggorengnya. Pertama gorenglah dengan menggunakan api kecil hingga setengah mekar, kemudian angkat beberapa saat. Setelah itu, langkah kedua menggorengnya kembali dengan kondisi minyak panas, dan tunggu hingga mengembang. Dengan begitu, kondisi kerupuk tebal ini akan terhindar dari bantat dan tetap mekar secara sempurna.

5. Langkah Akhir
Langkah terakhir di saat kerupuk usai digoreng, jangan lupa untuk meniriskannya agar kondisi minyak tidak sampai menempel dan tertinggal. Bila perlu gunakan tisu atau kertas bersih  untuk menyerap minyak yang masih tertempel pada kerupuk.

Selanjutnya perhatikan juga cara menyimpannya yang tepat. Janganlah memasukkan kerupuk langsung ke dalam toples tanpa mendinginkannya. Anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu usai digoreng. Ketika kerupuk sudah dalam kondisi dingin, barulah anda bisa menyimpannya di dalam wadah yang kedap udara. Hal tersebut bertujuan agar kondisi kerupuk tidak mudah melempem, dan tetap terjaga kondisinya. Selamat mencoba…!
Artikel Terkait