Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Saat Disimpan di Kulkas

image: aliexpress.com
Memang sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang, yakni kerap kali menjadikan kulkas sebagai tempat yang aman untuk menyimpan makanan. Baik itu makanan yang sudah siap saji, maupun berbagai jenis bahan mentah disimpan untuk kebutuhan di hari selanjutnya. Namun bagaimana jika yang disimpan di dalam kulkas tersebut adalah ikan…?. Memang ikan ini termasuk makanan yang diperkaya dengan kandungan lemak omega 3, yang membantu untuk menyehatkan tubuh. 

Namun jika daging ikan disimpan di kulkas, tentu bau amisnya menyebar dan akan mempengaruhi setiap makanan lain yang tersimpan di dalamnya. Bahkan masalah semacam ini juga menjadikan kondisi kulkas di rumah menjadi bau bukan…?

Tenang saja, karena di balik itu semua ada cara yang cukup mudah untuk membuat ikan dalam kulkas tak lagi menimbulkan bau amis yang menyebar. Sehingga anda pun bisa lebih leluasa untuk menyimpan ikan, tanpa dihantui oleh bau amis yang ditimbulkan. 

Berikut beberapa tips mudah untuk menghilangkan bau amis ikan saat disimpan di kulkas :

1. Perhatikan Cara Membersihkannya
Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum ikan disimpan dalam kulkas, maka terlebih dahulu bersihkan ikan mulai dari bagian luar sampai bagian dalam. Usahakan bagian lendir atau darah ikan bisa terbuang.  Karena jika bagian tersebut masih saja menempel pada daging ikan, maka bisa menyebabkan bau amis. Terlebih lagi ketika anda hendak menyimpannya di dalam freezer atau kulkas.

2. Memotong Ikan dan Menaruhnya Di Dalam Wadah
Untuk menghindari timbulnya bau amis pada ikan, anda bisa memotong ikan tersebut menjadi beberapa bagian kemudian masukkan dalam wadah. Tambahkan pula es batu di sela-sela daging ikan. Selain hal tersebut menjadikan kondisi ikan bisa lebih fresh atau segar, cara ini juga mampu membuat bau amis ikan dapat dikendalikan dan tidak sampai menyebar.

3. Gunakan Bahan Alami Jika Diperlukan
Terkadang juga ada beberapa jenis ikan yang masih memerlukan tambahan bahan alami untuk menghilangkan bau amis yang ditimbulkan. Jika memang diperlukan, gunakan saja air jeruk nipis untuk melumuri ikan. Sehingga bau amis pada ikan bisa hilang, dan tak lagi meninggalkan bau di kulkas.

4. Perhatikan Saat Menyimpannya
Bisa saja bau amis yang menyebar di kulkas ini ditimbulkan oleh beberapa jenis ikan yang memang kurang pas disimpan di dalamnya. Sementara untuk jenis ikan Bawal, Lele, dan Mujair memang cocok disimpan ke dalam freezer. Dan untuk jenis daging ikan Tongkol dan Tuna bisa disimpan di kulkas non freezer.  

Kemudian ketika ikan tersebut disimpan, jangan sampai didekatkan dengan jenis makanan seperti Puding, Es krim yang dalam keadaan terbuka. Karena bisa juga mempengaruhi aroma makanan tersebut. Usahakan menaruh ikan tersebut di rak kulkas yang berjauhan dengan jenis makanan tertentu. Alhasil, Kondisi bau amis ikan tak sampai menyebabkan kulkas berbau, serta makanan yang berada di sekitarnya juga tetap terjaga aromanya.
Artikel Terkait