Tips Bersihkan Racun Pada Daging Kepiting

image: goabroad.com
Menyantap kepiting bersama keluarga, tentu akan menambah selera makan menjadi lebih nikmat bukan..?. Apalagi daging kepiting diolah menjadi kepiting pedas, kepiting goreng, kepiting lada hitam, asam manis dan lainnya. Namun kenikmatan dan kelezatan hidangan daging kepiting juga tidak terlepas dari cara memasaknya yang tepat.

Karena tidak sedikit kasus telah terjadi di kala kepiting ini dikonsumsi, malah menimbulkan alergi bahkan sampai keracunan. Memang perlu diperhatikan secara detail, Apakah daging kepiting mengandung racun, atau memang kurang tepat saat memasaknya. Nah, pada dasarnya jenis makanan laut seperti udang, kepiting beserta turunannya, memang mengandung protein cukup tinggi. Sehingga sangat menunjang kesehatan tubuh kita.

Akan tetapi, tak sedikit juga yang merasa was-was untuk mengonsumsi kepiting yang enak ini. Karena rasa takut akan keracunan inilah yang menjadi salah satu penyebabnya. Namun anda janganlah khawatir, Selain mengetahui cara memasaknya yang tepat, ada cara kuno yang cukup manjur untuk membersihkan racun pada daging kepiting. Sehingga anda pun bisa mengolah dan menikmati daging laut ini dengan aman dan sehat.

Berikut cara mudah untuk membersihkan daging kepiting agar tidak sampai keracunan :

1. Perhatikan Kualitas Kepiting
Sebelum mengolah kepiting, Hal terpenting yakni tingkat kesegaran daging kepiting itu sendiri. Biasanya kepiting segar terasa lebih berat dan tidak ringan. Jika anda masih ragu, maka belilah kepiting yang masih dalam kondisi hidup. Yang mana kepiting  sehat memiliki gerakan yang masih lincah, serta gerakan mata keluar-masuk secara aktif.

2. Cara Mengolahnya
Sebelumnya cucilah kepiting dengan air yang mengalir agar kebersihan dapat terjaga dengan baik. Sikatlah semua bagian tubuhnya secara merata sampai kotoran yang menempel hilang. Jangan lupa untuk memotong bagian ujung pantat kepiting, karena bagian tersebut kurang aman dikonsumsi, dan termasuk tempat keluarnya kotoran.

Kemudian belah kepiting menjadi dua bagian. Di situ terdapat cairan berwarna hijau, maka cucilah kembali hingga benar-benar bersih. Barulah anda bisa memotongnya sesuai selera.

Sementara ketika daging kepiting ini hendak direbus, maka anda bisa memasukkan potongan daging kepiting ke dalam bumbu yang sudah diracik. Dan jangan lupa untuk menambahkan sepotong kayu arang yang sudah dibersihkan untuk menetralisir racun pada kepiting.  

Kayu arang merupakan cara kuno yang bisa anda terapkan saat memasak daging kepiting yang lezat ini. Bahkan cara tersebut memang cukup manjur untuk mengantisipasi akan terjadinya keracunan saat mengonsumsi kepiting. Dengan begitu, anda pun tak perlu was-was lagi untuk menikmati daging kepiting.
Artikel Terkait