Trik Kupas Kulit Udang Dengan Cepat dan Mudah

image: youtube.com/Ted Chef Bourque
Pastinya udang menjadi salah satu santapan enak dan nikmat saat diolah menjadi udang goreng . Apalagi jika udang dijadikan aneka bentuk masakan seperti udang asam manis dan udang lada hitam, maka rasa gurihnya juga ikut menggoyangkan lidah bukan..?. Tak lepas dari situ semua, bahwa khasiat udang bagi tubuh juga mampu memenuhi asupan nutrisi, sekaligus menyehatkan bagi tubuh anda.

Sayangnya ada sedikit kendala yang membuat banyak orang cenderung enggan mengonsumsi udang. Yakni kondisi bagian kulit udang yang keras, dan bentuk runcingnya memang cukup menyakitkan jika sampai mengenai kulit. Sehingga sebagian orang terkadang merasa kesulitan dan terluka saat mengolah makanan laut ini.

Oleh karena itulah cara mengolahnya pun juga perlu diperhatikan. Nah, ternyata ada cara khusus untuk mengupas kulit udang beserta uratnya dengan mudah dan cepat. Dengan begitu anda bisa memasak udang sesuai selera, serta dapat memanfaatkan seluruh kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Inilah cara mudah dan cepat untuk mengupas kulit udang sebelum memasaknya :

1. Gunakan Gunting
Mengupas kulit udang memang tak sama dengan mengupas kulit buah. Oleh karena itu, untuk menguliti udang, terlebih dahulu sediakan gunting dan kertas tisu.
image: sheknows.com
Cara menggunakannya : Pertama kali keringkan terlebih dahulu udang segar yang akan dikupas kulitnya. Apabila anda merasa kesulitan untuk mengeringkannya, gunakan saja tisu yang tersedia. Kemudian guntinglah bagian kepala udang, dan barulah anda memotong bagian punggung udang sampai ke belakang ekornya. Setelah bagian permukaan punggungnya alias kulit di punggungnya terpotong, kupaslah kulit udang tersebut. Perlu diingat, jangan lupa untuk membuang usus udang berwarna hitam dengan kertas tisu yang tersedia tadi. Dengan begitu kulit udang dapat dikupas secara sempurna.

2. Menggunakan Sendok Garpu
Untuk mengupas makanan laut yang satu ini, anda juga bisa menggunakan bantuan sendok garpu yang sudah tersedia di dapur.  Sehingga tak perlu ribet saat ingin memasak udang tanpa kulitnya.
 Video by: youtube.com/Ted Chef Bourque
Cara menggunakan : Usahakan bagian kepala udang sudah terpotong, kemudian peganglah udang tersebut dengan tangan kiri, dan tangan kanan tetap dalam posisi memegang sendok garpu. Setelah itu menusuk ujung pinggir bagian punggung udang dengan garpu tersebut, dan tarik ke belakang hingga bagian ekornya. Dengan langkah ini, Maka kulit udang pun sudah dapat terkelupas. Lakukan trik ini secara bergantian, dan jangan lupa untuk memisahkan udang yang sudah berhasil dikupas. Cara mengupas ini juga tergolong cukup mudah dan cepat untuk diterapkan.

Sementara cara di atas memang cocok buat mengupas udang yang berukuran besar. Karena bila anda menggunakan garpu untuk mengupas kulit udang berukuran kecil, bisa saja kondisi udang malah menjadi hancur. Tetapi jika anda memang sengaja membuat udang kecil ini untuk dimasak dan dihancurkan, maka bisa menerapkan langkah tersebut.
Artikel Terkait