Atasi Mata Minus Dengan 6 Teknik Gerakan Ini

image: vkool.com
Menjaga kesehatan mata agar tetap memiliki pandangan tajam sudah sepatutnya dilakukan oleh setiap orang. Namun apakah masalah mata minus yang sudah terlanjur dialami sebagian kalangan, merupakan suatu persoalan yang harus segera ditanggulangi..?, tentu saja. Karena gangguan semacam ini kerap kali menimbulkan rasa kurang nyaman, apalagi di saat melihat benda jauh yang mungkin akan tampak kabur maupun buram. Pastinya akan menjadikan seseorang terpaksa mengambil kaca mata untuk melihat benda jauh dari jangkauan penglihatan tersebut.
 
Mata minus juga sering dikenal dengan istilah Myopia, merupakan gangguan penglihatan biasa dikarenakan oleh tingkat fokus pandangan mata berkurang  ketika melihat suatu objek dari kejauhan. Bahkan kondisi semacam ini bisa lebih memburuk bilamana dialami oleh kalangan remaja. Dengan kata lain, berawal dari ketegangan bola mata yang berubah kaku, kemudian menjadikan tingkat kefokusannya tak lagi fleksibel di saat menjangkau jarak jauh.
 
Kondisi ini dipicu oleh beberapa sebab yang perlu diketahui, di antaranya tingginya tingkat stres mata, keturunan, gaya hidup tidak sehat, dan penyakit tertentu yang memengaruhi indera penglihatan. Namun anda tak perlu khawatir, untuk mengurangi gangguan penglihatan ini, dapat juga ditempuh menggunakan aneka gerakan sebagai teknik khusus demi menunjang kesehatan pandangan mata, hingga sampai memulihkan kondisinya seperti sediakala.
 
Selain dengan cara mengonsumsi suplemen maupun bahan alami sebagai langkah efektif mengurangi mata minus, inilah 6 teknik gerakan yang dapat mengatasi gangguan mata minus secara alami.
 
1. Pergunakan Mata Untuk Melihat Pemandangan Indah
Dengan cara menggerakkan mata untuk melihat gunung-gunung, sawah-sawah dengan penuh tanaman hijau, dan berbagai pepohonan hijau lainnya, menjadi teknik awal mengurangi mata minus secara alami. Oleh sebab itu, agar mata minus yang terjadi dapat berkurang, anda bisa pergi ke tempat wisata bernuansa indah di dalamnya. Demikian itu merupakan cara pertama  agar bola mata tidak kaku, dan menjadikan indera penglihatan lebih fokus untuk melihat objek-objek jauh di sekitar anda.
 
2. Melihat Benda Bergerak
Mengupayakan mata untuk cenderung melihat dari gerakan benda-benda di sekeliling anda, memang menjadi cara alternatif mengurangi mata minus ketika dialami oleh seseorang. Secara otomatis, saat mata melihat benda-benda bergerak, akan merangsang bola mata untuk cenderung fleksibel dan tidak kaku. 
 
Semisal : Dengan cara memandang kendaraan di sepanjang jalan, melihat ayunan bola pingpong dengan jarak  tidak terlalu dekat ketika permainan tenis meja dimulai, menggerakkan indera penglihatan untuk mengamati berbagai gerakan bola di lapangan, dan sejenisnya. Hal demikian bertujuan agar bola mata tidak terlalu kaku, serta mampu mengurangi timbulnya stres mata.
 
3. Menerapkan Teknik Berkedip
Cara mengurangi mata minus semacam ini memang cukup manjur untuk diterapkan. Anda pun tidak perlu repot untuk bergerak, sehingga seperti sambil duduk pun dapat juga meregangkan otot-otot mata dengan cepat dan mudah.
 
Pertama, carilah tempat untuk duduk tenang dalam kondisi mata terbuka, kemudian buatlah berkedip cepat sebanyak 10 kali. Setelah itu tutuplah mata anda dalam posisi tetap duduk rileks selama 20 detik. Tarik napas dan hembuskan kembali secara perlahan. Ulangi cara tersebut sebanyak 5 kali secara rutin setiap pagi atau sore hari.
 
4. Memberikan Kehangatan Pada Mata
Mengurangi mata minus juga dapat dilakukan dengan cara memberikan efek hangat di sekitar area penglihatan. Namun untuk menerapkan cara ini, perlunya mengetahui langkah-langkahnya juga amat penting.
 
Pertama kali, anda bisa duduk tenang dengan cara mata tertutup. Kemudian ambil napas beberapa kali dan menghembuskannya secara perlahan. Setelah itu menggosokkan kedua telapak tangan berulang kali, hingga kondisi telapak tangan tersebut menjadi hangat. Sampai dari situ, anda bisa mulai menempelkan telapak tangan pada mata tertutup tadi. Tempelkan telapak tangan secara perlahan agar kondisi mata dapat merasakan efek kehangatan, ketenangan, dan menghilangkan tingkat ketegangan terutama di bagian otot-ototnya. Terapkan cara ini sebanyak tiga kali setiap hari, agar dapat mengurangi mata minus secara alami serta bertahap.
 
5. Memandang Jarak Benda Berbeda
Agar dapat mengetahui seberapa besar tingkat kefokusan organ penglihatan di tubuh, anda dapat menggunakannya untuk melihat berbagai objek / benda dengan jarak jauh yang berbeda, kemudian kedipkan mata sebagaimana mestinya. Hal demikian bertujuan agar kefokusan mata bisa lebih baik, dan dapat juga dijadikan cara untuk mengurangi mata minus secara bertahap. Lakukanlah setiap hari secara rutin dengan penuh semangat. 
 
6. Menggunakan Terapi Lilin
Mengarahkan mata di depan sebatang lilin, dapat juga digunakan sebagai cara untuk mengurangi mata minus secara alami. Selain itu, teknik ini juga mampu mengeluarkan kotoran air mata yang menempel. Namun saat menggunakan cara tersebut, perhatikan jarak mata saat memandang lilin yang menyala.
 
Ambillah satu batang lilin kemudian nyalakan, tataplah lilin tersebut tanpa berkedip, selain itu jaraknya tidak terlalu dekat. Tunggulah hingga sampai mata mengeluarkan air mata. Kemudian barulah anda membersihkan sisa air mata yang keluar tadi. Lakukanlah selama 2 kali dalam seminggu, dan jangan terlalu sering.
Artikel Terkait