Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Usir Cicak Dengan Bahan Alami

image: fsquarefashion.com
Keberadaan cicak yang kerap kali mengganggu isi ruangan rumah, tentu tak bisa dipungkiri lagi. Terlebih lagi jika hewan reptil tersebut mengusik bahan pangan yang ada di dapur maupun meja makan. Bahkan sering kali nasi menjadi makanan incaran yang disukainya. Pastinya anda pun merasa geram bilamana cicak terus menerus berkeliaran, dan mengganggu setiap rutinitas kehidupan sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara agar cicak di rumah dapat dibersihkan, dan tak lagi menjadi benalu ruangan dalam rumah anda…?. Sebelumnya perlu diketahui, bahwa keberadaan cicak terkadang juga bisa menguntungkan bagi kehidupan. Yang mana mereka dapat memakan setiap serangga, seperti nyamuk dan lalat yang ada di setiap sisi rumah. Namun terkadang banyak orang yang geli melihat jumlah cicak bertambah banyak, yakni kerap kali hewan ini dibasmi dengan racun, jebakan cicak, maupun obat pengusir cicak yang banyak beredar di pasaran.

Namun jika anda berkeinginan untuk mengusir reptil kecil ini dengan aman dan mudah, juga bisa menggunakan bahan alami yang mungkin sudah tersedia di dapur rumah. Sehingga reptil yang satu ini tak dapat lagi berkerumunan dan mengusik makanan di rumah. 

Berikut cara yang bisa anda terapkan untuk mengusir cicak secara alami dan mudah :

1. Gunakan Kopi
Agar makanan tidak sampai terganggu oleh keberadaan cicak di rumah, salah satu cara mengusirnya bisa dengan menggunakan biji maupun bubuk kopi. Karena reptil yang menjengkelkan ini sebenarnya tidak menyukai bau dari kopi. Oleh sebab itulah anda dapat memanfaatkannya untuk menjadi bahan alami pengusir cicak.

Cara Menggunakannya : Siapkan saja biji kopi atau bubuk kopi secukupnya, kemudian tebarkan di sekitar almari tempat menyimpan makanan. Dengan begitu, cicak tidak akan lagi mendekati makanan tersebut.

2. Manfaatkan Tembakau
Selain menggunakan kopi, tembakau juga mampu mengusir cicak secara alami dan aman digunakan. Sebenarnya bahan alami ini kerap kali digunakan untuk mengusir tokek, namun ramuan ini juga cukup ampuh untuk diterapkan pada cicak. 

Cara menggunakannya : Sediakan tembakau secukupnya, kemudian letakkan di bagian ruangan yang kerap dijadikan sarang cicak. Atau anda juga bisa meletakkannya di atas plafon, serta tempat untuk menyimpan makanan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mengusir reptil kecil ini, maka kombinasikan saja tembakau dengan bubuk kopi, kemudian tuangkan dalam satu wadah.

3. Bawang Putih
Tentu bau bawang putih ini cukup dikenal menyengat, sehingga membuat cicak pun ketakutan. Selain menjadi bumbu dapur yang menyehatkan bagi tubuh, anda bisa menggunakannya untuk mengusir serangga maupun cicak di ruangan rumah. 

Cara menggunakannya : Pertama kali irislah bawang putih dan tempatkan dalam wadah kecil. Kemudian letakkanlah pada ruangan yang sering dijadikan sarang cicak. Selain menjadikan bawang putih dalam bentuk irisan, anda bisa juga melembutkan bawang dengan menambahkan air, lalu tuangkan ke dalam botol untuk dijadikan semprotan alami pengusir cicak.

4. Gunakan Kulit Telur
Dengan kulit telur, cicak pun tak berani untuk mendekati ruangan rumah anda. Karena kulit telur memang mengeluarkan bau amis yang tidak disukai oleh reptil ini.
Cara menggunakan : Sediakan kulit telur secukupnya. Lalu taruhlah kulit telur di setiap sisi ruangan, atau tempat penyimpanan makanan yang sering didatangi cicak. 

5. Bawang Merah
Aroma yang terdapat pada bawang merah juga lumayan menyengat bukan…?. Oleh karena itulah cicak tidak berani untuk mendekatinya. Selain menggunakan bawang putih, anda juga bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengusir cicak agar tidak bersarang di rumah.

Cara menggunakan : Buatlah bawang merah ini untuk menjadi semprotan alami. Haluskan bawang merah dan tambahkan air secukupnya, kemudian masukkan ke dalam botol. Lalu semprotkan di setiap bagian ruangan yang sering didatangi cicak. Atau bisa juga menyemprotkannya ke plafon yang sering dijadikan sarang hewan tersebut.