26 Manfaat Dan Khasiat Buah Jeruk yang Jarang Diketahui

image: pngimg.com
Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, yakni mempunyai rasa yang manis segar dan mempunyai aroma yang sangat khas. Buah jeruk sangat mudah didapatkan, terutama di swalayan buah, di supermarket, hingga pasar tradisional. Buah jeruk ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, karena di dalam buah jeruk terdapat banyak vitamin c yang bisa membuat tubuh kita kebal terhadap segala jenis penyakit. 

Buah jeruk juga sangat efektif jika dikonsumsi langsung. Selain itu juga banyak pabrik yang mengolah buah jeruk ini menjadi minuman kemasan, dan juga ada yang diolah sebagai bubuk perasa minuman.

Ada ragam jenis buah jeruk, yaitu jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk buah yang berwarna oranye, jeruk bali, jeruk sunkist, jeruk purut dan lainnya. Buah jeruk adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi di berbagai wilayah, karena buah ini memiliki banyak kandungan vitamin yang bisa membuat kita menjadi sehat. Buah ini juga termasuk buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah jeruk di Indonesia sangat banyak, dan harganya pun tergolong murah karena buah ini sudah lama dibudidayakan di Indonesia. Selain itu juga banyak manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.

# Kandungan Gizi Buah Jeruk :

Buah jeruk memiliki Gizi yang cukup kompleks, selain kaya akan vitamin C, Buah ini juga memiliki kandungan lain yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh kita antara lain:

1. Protein
2. Serat
3. Kalori

Selain mengandung kalori, protein, dan serat, buah jeruk ini juga terdapat beberapa senyawa alami lainnya yakni vitamin B1, B2, Niacin, zat besi, fosfor, kalsium, dan lainnya.

# Manfaat dan khasiat buah jeruk untuk kesehatan tubuh kita :
Buah jeruk sangat penting untuk mencegah dan mengatasi ragam penyakit dalam tubuh.

1. Menurunkan Tekanan Darah
Meningkatnya tekanan darah tinggi adalah salah satu gejala penyakit jantung, atau bisa juga stroke. Akibatnya jika gangguan darah tinggi ini kita abaikan, maka akan menimbulkan risiko stroke atau penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi buah jeruk setiap hari.

2. Mengurangi Risiko Stroke
Menurut ilmuwan Amerika, Memakan buah jeruk dalam jumlah banyak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena dalam buah jeruk ini terdapat senyawa yang ikut masuk ke tubuh kita. Sementara risiko stroke iskemik pada perempuan akan menurun karena terdapat banyak senyawa yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut.

3. Jeruk Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam buah jeruk terdapat banyak kalium, serat, dan kolin. Yakni fungsinya untuk meningkatkan kesehatan jantung manusia. Perubahan pola makan yang teratur, juga tak kalah penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung kardiovaskular.

4. Mencegah Kerusakan Kulit
Buah jeruk terkenal akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Salah satu manfaat dari buah jeruk dapat digunakan sebagai masker, atau dioleskan dan bisa juga dikonsumsi secara langsung. Selain itu, manfaat dari buah jeruk ini juga bagus untuk mengatasi kulit yang terkena radikal bebas akibat sinar matahari.

5. Menjaga Sistem Imun Tubuh
Buah jeruk adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C, dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang terdapat 75% vitamin C, yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita. Vitamin C pada buah jeruk sangat efektif untuk meningkatkan sistem imun kita.

6. Mengatasi Sariawan
Siapa yang tak kenal dengan penyakit sariawan ini...?. Seperti radang yang letaknya di bibir bagian dalam. Jika seseorang yang mengalami sakit sariawan, pasti terasa kesakitan saat makan. Kebanyakan sakit sariawan ini terjadi pada anak anak, balita, dan orang dewasa. Selain itu di usia yang senja kekebalan tubuh juga rentan sekali menurun, sehingga lebih gampang terserang penyakit seperti ini. Salah satu cara alami untuk mengatasi serangan sariawan tersebut adalah mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Selain dikonsumsi langsung, bisa juga air perasan buah ini dioleskan pada luka sariawan yang ada di bibir.

7. Menjaga Stamina Tubuh
Umumnya seorang laki-laki pasti stamina yang selalu diutamakan. Dalam buah jeruk ini kaya akan kandungan kalori, yang fungsinya untuk menjaga stamina dalam tubuh. Semakin banyak kita konsumsi buah jeruk, maka semakin awet juga stamina kita.

8. Meningkatkan Fungsi Otak
Dalam buah jeruk mengandung senyawa asam folat yang sangat tinggi. Asam folat adalah senyawa yang paling penting dibutuhkan untuk tubuh kita, terutama otak. Karena dengan senyawa folat, maka sel-sel otak kita menjadi membaik dan lebih berkembang.

9. Menyehatkan Mata
Siapa yang tidak ingin memiliki mata sehat..?. Manfaat buah jeruk ini dapat menjaga kesehatan pada mata secara alami. Kandungan nutrisi vitamin A dan senyawa lainnya akan bisa menjaga kesehatan mata kita.

10. Baik Untuk Tulang
Kandungan kalsium pada buah jeruk ini sangat bagus untuk kesehatan tulang. Tercatat ada 7% kalsium di setiap 180g buah jeruk. Kita bisa konsumsi jeruk setiap hari untuk menjadikan tulang kita tetap sehat.
image: pngimg.com
11. Membantu Pembentukan Otot
Buah jeruk juga terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Protein pada buah jeruk mempunyai fungsi yang tak lain adalah untuk pembentukan masa otot. Sehingga mengonsumsi buah jeruk juga dapat mempercepat pembentukan otot pada tubuh kita.

12. Melancarkan Pencernaan Makanan
Proses pencernaan makanan dalam tubuh sangatlah berpengaruh dengan kesehatan tubuh kita. Untuk menjaga agar proses pencernaan makanan tetap lancar, lebih baik kita banyak mengonsumsi buah jeruk, karena buah jeruk sangat membantu untuk pelancaran proses pencernaan makanan.

13. Mencegah Katarak
Katarak adalah salah satu penyebab gangguan pada mata. Akibat dari katarak ini, seseorang bisa kehilangan penglihatan. Cara alami untuk mencegah katarak adalah dengan mengonsumsi buah jeruk. Karena dalam buah jeruk terdapat Vitamin A, yang fungsinya tak lain menyehatkan mata dari katarak.

14. Membantu Program Diet
Buah jeruk mengandung serat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu mengonsumsi banyak buah jeruk juga tidak mudah membuat kita gemuk, karena buah jeruk terdapat senyawa yang melancarkan proses pencernaan. Buah jeruk juga bisa membuat berat badan kita semakin terkontrol. Oleh sebab itu buah jeruk ini sangat cocok untuk menjalankan program diet harian anda.

15. Membantu Menambah Tinggi Badan
Kandungan kalori pada buah jeruk juga mempunyai manfaat lain. Yaitu sebagai penambah tinggi badan kita.

16. Mencegah Kram
Mengonsumsi banyak buah jeruk juga salah satu cara alami untuk mencegah terjadinya kram. Karena dalam buah jeruk ini terdapat senyawa yang mampu menjaga kesehatan otot kita.

17. Menyehatkan Saraf
Buah jeruk mempunyai banyak kandungan magnesium. Magnesium merupakan senyawa yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh.

18. Menjaga Kesehatan Ginjal
Banyak mengonsumsi buah jeruk sangat efektif untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Karena dalam buah jeruk ini terdapat ragam senyawa, yang fungsinya bisa mencegah terjadinya batu ginjal dalam tubuh.

19. Mencegah Kanker
Kanker termasuk penyakit yang aktif dalam tubuh, karena penyakit kanker terdapat pada sel sel kanker jahat yang bisa berkembang dan menyebar di seluruh tubuh kita. Salah satu cara alami untuk mencegah terjadinya kanker adalah dengan mengonsumsi buah jeruk secara rutin.

20. Membuat Kulit Menjadi Lembut
Selain untuk kesehatan, buah jeruk juga bagus untuk kesehatan di luar tubuh kita. Selain dikonsumsi, buah jeruk juga dapat digunakan sebagai masker di kulit seluruh wajah kita. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan cara membelah buah jeruk menjadi dua, dan langsung bisa dioleskan ke kulit kita yang ingin diberi masker dari buah jeruk.

21. Menyejukkan Kulit Kepala
Ketika rambut kita terkena sinar matahari, pasti kulit kepala terasa panas. Untuk menanggulangi hal tersebut, siapkan jeruk nipis dan tonik rambut, setelah itu ambil air jeruk nipis dengan cara diperas. Setelah itu campur dengan  tonik rambut tadi, dan simpan di lemari es, lalu bisa digunakan setiap saat jika diperlukan.

22. Memutihkan Kulit Wajah
Selain membuat kulit kita menjadi lembut, salah satu manfaat buah jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai pemutih wajah secara alami. Cara mengaplikasikannya sangat gampang, cukup dibuat masker pada bagian wajah yang ingin diputihkan, dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Gunakan setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.
image: pngimg.com
23. Mengembalikan Kilau Rambut Secara Alami
Jeruk nipis dan lemon juga dapat digunakan untuk mengilapkan rambut secara alami. Ambil sari lemon atau bisa jeruk nipis, kemudian taruh di sisir dan gunakan sisir untuk menyisir rambut. Semakin lama rambut di beri sari buah jeruk ini, maka rambut akan semakin terlihat mengkilat.

24. Sumber Karbohidrat
Buah jeruk memiliki kandungan indeks glikemik kurang lebih 40. Dan semua buah atau sayuran yang memiliki indeks glikemik di bawah 55 dianggap rendah. Hal ini membuktikan bahwa kalau kita memakan buah jeruk dalam jumlah banyak dalam satu waktu, tidak akan membuat gula darah kita naik serta tidak membuat tubuh kita menjadi gemuk.

25. Menurunkan Kadar Kolesterol
Meningkatnya kadar kolesterol juga salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Untuk mencegah datangnya gejala berbahaya tersebut, alangkah lebih baiknya kita mengonsumsi buah jeruk secara rutin.

26. Mencegah Radang Sendi
Radang sendi adalah gejala sakit yang membuat otot kita menjadi kaku dan nyeri. Sehingga menimbulkan rasa sakit serta membuat tidak nyaman untuk berjalan. Salah satu obat alternatif  untuk mencegah terjadinya radang sendi, bisa juga dengan mengonsumsi buah jeruk lebih banyak.
Artikel Terkait