13 Manfaat Dan Khasiat Buah Kurma yang Mengejutkan

image: naturalsociety.com
Kurma adalah salah satu makanan manis dan penuh gizi yang mampu membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, buah Kurma bisa meningkatkan energi dalam waktu 30 menit setelah kita mengonsumsi. Dalam jurnal American Cancer Society, menyatakan asupan serat 20 hingga 35 gram dalam per harinya, bisa juga kita lakukan dengan mengonsumsi buah kurma. 

Pohon kurma sendiri sudah tumbuh sejak zaman dahulu, bahkan sebelum manusia diciptakan. Kita mengenal berbagai macam kisah Nabi Adam yang pertama diturunkan ke muka bumi ini. Beliau sudah mendapati bumi ini ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan, termasuk pohon buah kurma tersebut. Sementara pohon buah kurma ini merupakan salah satu pohon yang paling langka dibandingkan dengan jenis buah-buahan yang lain. 

Pada saat bulan Ramadhan tiba, berbagai masyarakat sangat antusias dengan buah kurma ini. Buah yang memiliki ciri khas tersendiri, dan banyak disukai oleh kaum Adam dan kaum Hawa. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan lezat, sementara itu buah kurma memiliki tekstur daging yang empuk, lengket, dan berbau segar. Selain menjadi menu makanan berbuka puasa, ternyata buah kurma ini juga memiliki manfaat yang lain, dan manfaat tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. 

Perlu anda ketahui, di dalam buah kurma ini terdapat sejuta senyawa yang tersembunyi dan juga bermanfaat untuk tubuh kita. Menurut sejarah sejak zaman dahulu, banyak seseorang yang mengonsumsi buah kurma ini untuk menu harian. Karena dengan mengonsumsi buah ini, seseorang tersebut bisa sembuh dari segala jenis penyakit tertentu. Karena itulah yang menjadikan buah kurma saat ini sangat banyak diburu seseorang di setiap harinya. Padahal sebelum itu, buah kurma hanya laku dan laris di pasaran di saat bulan Ramadhan tiba. Namun karena buah ini memiliki banyak manfaat dan juga tidak memiliki efek samping, maka banyak seseorang yang memburu buah kurma tersebut.

Buah kurma memiliki banyak senyawa aktif yang baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa jenis senyawa alami pada buah kurma, yang baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita. Salah satunya adalah antioksidan yang memiliki sifat untuk menangkal masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh kita. 

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan Energi 251 kkal, Mineral, Protein 2.81 g, Karbohidrat 66.78 g, Serat 7.1 g, Gula 56.38 g, Kalsium 35 mg, Zat besi 0.91 mg, Magnesium 38 mg, Fosfor 55 mg, Kalium 484 mg, Sodium 2 mg, Vitamin A 9 UI, Vitamin B1 (Tiamin) 0.046 mg, Vitamin B2 (riboflavin) 0.059 mg, Vitamin B3 (Niasin) 1.134 mg, Vitamin B5 (Asam Pantotenat) 0.525 mg, Vitamin B6 (Pyridoxine) 0.147 mg, Vitamin B9 (Folat) 17 mcg.

Selain itu kurma juga memiliki Vitamin yang tidak kalah penting, yakni Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Fitonutrisi, Beta-karoten, Beta-kriptoxantin, Likopen, Lutein dan Zeaxanthin.

Untuk lebih detailnya, Berikut manfaat dan khasiat buah kurma untuk kesehatan tubuh :
image: indojin.com
1. Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Buah kurma ini juga memiliki banyak manfaat yang tak terhitung nilainya. Salah satu manfaat dari buah ini adalah untuk menjaga kesehatan tulang di dalam tubuh manusia. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam buah ini bisa untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Sehingga dengan begitu, mengonsumsi buah kurma sangat penting untuk tulang kita.

2. Mengatasi Gangguan Pada Usus
Gangguan kesehatan usus seperti radang usus, gangguan iritasi usus yang disebabkan oleh bakteri dan gerak usus lambat, memang menjadi salah satu risiko terburuk di dalam tubuh kita. Yang mana bisa mengakibatkan beberapa penyebab timbulnya penyakit yang berbahaya. Beberapa ilmuwan biologi mengatakan, bahwa buah kurma ini dapat digunakan sebagai makanan alami yang dapat mengatasi gangguan usus dan juga pencernaan. Dikarenakan di dalam buah kurma terdapat beberapa unsur senyawa alami yang bermanfaat, salah satunya adalah vitamin B kompleks. Selain itu daging dari buah kurma ini juga mengandung antioksidan yang tinggi.

3. Mencegah Penyakit Anemia
Buah kurma juga dapat digunakan untuk mencegah gejala penyakit anemia. Kandungan mineral dan zat besi di dalam buah ini tidaklah sedikit. Oleh karena itu, beberapa peneliti berpendapat bahwa kedua senyawa tersebut sangat berperan untuk membantu memproduksi sel darah merah. Dengan begitu gejala anemia di dalam tubuh kita akan berkurang.

4. Mencegah atau Mengatasi Alergi
Nah.., kali ini adalah kegunaan buah kurma yang paling respek, yaitu untuk mencegah alergi gatal-gatal yang diakibatkan oleh makanan. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam buah kurma ini sangat berperan untuk mencegah beberapa penyakit yang berbahaya, selain itu kandungan tersebut juga sangat berperan sebagai penangkal alergi yang ada di tubuh kita. Bagi anda yang memiliki gatal-gatal alergi di sekujur tubuh, sebaiknya berhenti mengonsumsi makanan yang berbau ikan laut seperti pindang, dan ikan bandeng. Lalu gantilah makanan tersebut dengan camilan buah kurma ini.

5. Menaikkan Berat Badan Secara Alami
Terdapat beberapa gizi yang penting di dalam buah kurma, dan juga kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sehingga mengonsumsi buah kurma beberapa biji saja sudah terasa kenyang. Namun manfaat yang lain dari buah ini adalah dapat membantu menambah berat badan kita secara sehat. Konsumsilah buah kurma tersebut setiap hari secara rutin. Maka secara langsung asupan gizi di dalam tubuh kita akan terpenuhi, dan juga akan membantu menyuplai berat badan kita.

6. Menambah Energi Tubuh
Perlu anda ketahui, ternyata buah kurma juga sangat baik untuk menambah stamina pada tubuh kita. Kandungan energi yang terdapat di dalam buah ini setara dengan 40% kebutuhan energi kita. Selain itu buah ini juga memiliki rasa yang enak dan juga mengandung serat yang tinggi. Karena hal tersebut, maka bagi seseorang yang mengonsumsi buah kurma ini secara rutin, maka kesehatan tubuhnya akan terjaga. Dan juga baik untuk mengembalikan stamina yang hilang dalam tubuh.

7. Membantu Kesehatan Sistem Saraf
Beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, vitamin E pada buah kurma, merupakan ragam jenis vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu buah kurma ini juga mengandung Potassium dalam kadar yang cukup tinggi. Manfaat utama dari Potassium adalah untuk membantu memproduksi sel pada sistem syaraf manusia. Dengan begitu mengonsumsi buah ini setiap hari secara rutin, maka kesehatan saraf kita akan selalu terjaga.

8. Untuk Kesehatan Jantung
Menjaga kesehatan jantung tentu saja menjadi suatu hal yang sangat berharga untuk tubuh kita. Beberapa faktor penyebab terganggunya kesehatan jantung adalah merokok dan juga menghirup polusi udara kendaraan bermotor. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat memicu pada kematian seseorang. Nah, Untuk menyuplai kesehatan jantung, salah satunya bisa mengonsumsi buah kurma ini secara teratur.
image: wisegeek.com
9. Mengobati Diare
Buah kurma yang masih segar mengandung Potassium dengan kadar yang sangat tinggi. Manfaat lain dari Potassium adalah untuk membantu mengontrol gejala penyakit diare yang kambuh di dalam sistem pencernaan. Selain itu buah ini juga mengandung banyak serat, yang dikenal sangat populer untuk menyehatkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, buah kurma juga bagus untuk mencegah dan mengatasi gangguan diare.

10. Buah Kurma Sebagai Penangkal Racun
Ragam kandungan yang terdapat di dalam buah kurma telah diuji coba oleh beberapa ilmuwan, yang mana bermanfaat untuk menangkal racun pada tubuh. Kita juga dapat mengonsumsi buah kurma ini sebanyak 7 butir di setiap harinya, agar mendapatkan khasiatnya.

11. Sebagai Anti inflamasi
Kandungan Anti inflamasi di dalam buah kurma juga menjadi keuntungan bagi seorang yang gemar mengonsumsi buah ini. Dengan manfaat tersebut, maka rasa nyeri yang diakibatkan oleh serangan bakteri di dalam tubuh akan terasa ringan. Selain itu, manfaat Anti inflamasi ini juga berfungsi untuk memerangi rasa sakit di tubuh kita, yang disebabkan oleh luka-luka ringan.

12. Baik Untuk Kesehatan Mata
Ternyata kandungan vitamin A yang terdapat di dalam buah kurma ini jumlahnya tidak sedikit. Tak lain lagi, manfaat vitamin A yang terdapat di dalam buah kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah kurma setiap hari dengan rutin, maka akan mampu memenuhi asupan vitamin A di dalam tubuh. Sehingga mata kita akan menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

13. Membantu Meningkatkan Vitalitas Pria
Buah kurma memiliki kandungan yang cukup langka, dan juga mempunyai peran baik untuk tubuh. Kandungan tersebut yakni berupa Zinc. Zat ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas pada kaum pria. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ini dengan rutin maka akan menyuplai vitalitas pada pria. Selain itu, manfaat senyawa Zinc ini juga sangat baik untuk menjaga kelembaban rambut kepala. Lebih dari itu, Buah kurma juga dapat memberikan manfaat untuk kesuburan pria dan wanita.
Artikel Terkait