9 Manfaat Dan Khasiat Buah Melon yang Harus Anda Tahu

image: wikimedia.org
Buah melon kebanyakan ditanam di daerah dataran tinggi. Buah ini sangat populer seperti halnya buah apel, buah pir, dan buah anggur. Buah melon pertama kali tumbuh di lembah Persia, dan awal mula masuk ke negara Indonesia pada tahun 1970. Pada waktu pertama kali buah melon masuk ke Indonesia, buah tersebut termasuk buah yang berkelas tinggi karena pada saat itu harganya sangat mahal, dan pengonsumsinya juga terbatas. Sehingga pada saat itu tak semua orang bisa mengonsumsi buah melon. Pada tahun 1990 M, buah melon di Indonesia telah mencapai puncak pengembangan sehingga tidak lagi disebut buah yang bergengsi tinggi. 

Sejak tahun itu hingga sekarang, buah melon kerap kita jumpai di pasar buah, dan harganya pun juga terjangkau. Buah melon memiliki ciri khas tersendiri, bentuknya bulat seperti bola, memiliki kulit yang keriput, dan daging buah melon sangatlah tebal, serta rasanya yang cukup manis. Kebanyakan orang Indonesia menyajikan buah melon ini dengan cara dibikin Es buah, Rujak buah, Manisan, dan juga dapat dikonsumsi secara langsung. 

Selain mempunyai rasa yang enak, buah melon kini telah banyak dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Dan yang paling dikenal beberapa masyarakat di Indonesia, buah melon sangat ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang berbahaya. Sebelum kita ulas manfaat buah melon untuk kesehatan, mari kita ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada buah melon.

Kandungan penting yang terdapat di dalam buah melon adalah sebagai berikut :

a. Beta-karoten
Beta-karoten adalah senyawa yang tergolong dalam jenis senyawa Karotenoid, yang berfungsi untuk memberi warna pada tumbuhan atau buah. Beta-karoten sangat baik untuk kesehatan manusia, karena senyawa ini mempunyai efek seperti antioksidan. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh kita dari ragam penyakit.

b. Protein
Pada buah melon terdapat banyak kandungan protein, yang dapat membantu proses pembentukan enzim dalam tubuh manusia.

c. Lemak
Lemak setidaknya juga terkandung pada buah melon. Sementara kandungan lemak pada buah ini dapat membantu pembentukan membran sel di dalam tubuh manusia.

d. Karbohidrat
Buah melon juga mengandung senyawa karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang cukup pada melon juga akan membantu dalam proses pencernaan makanan.

e. Kalsium
Di dalam buah melon terdapat banyak kandungan kalsium. Kalsium pada buah melon berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, dan membantu memperkuat tulang. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi pada seseorang yang memiliki kondisi tulang kurang baik. 

f. Vitamin A
Vitamin A pada buah melon berfungsi untuk menjaga kesehatan selaput lendir di dalam tubuh. Selain itu vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh, layaknya seperti menjaga kesehatan mata dan kulit.

g. Vitamin C
Sekian banyaknya kandungan vitamin C pada buah melon, maka tak heran jika buah melon ini memiliki khasiat yang sangat penting untuk penyembuhan penyakit yang berbahaya. 

Nah, di bawah ini adalah manfaat dan khasiat buah melon untuk kesehatan tubuh kita :

1. Mencegah penyakit kanker
Kandungan Karotenoid pada buah melon sangatlah banyak. Adanya kandungan Karotenoid pada buah ini adalah dagingnya yang berwarna hijau pupus. Selain pada bawang putih, pada buah melon juga terdapat senyawa Karotenoid yang sanggat tinggi. Sehingga mampu untuk memerangi sel kanker pada paru paru dan kanker payudara.

2. Mencegah penyakit mata
Selain buah wortel yang mengandung vitamin A, ternyata buah melon juga memiliki kandungan yang menyerupai wortel. Yang mana bisa membantu menjaga kesehatan mata kita. Di dalam buah melon terdapat senyawa betakaroten, yang bisa diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A dan fungsinya mampu untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu betakaroten juga memiliki fungsi tersendiri, di antaranya adalah menjaga sistem imun pada tubuh serta menajamkan penglihatan pada mata.
image: buyfruit.com.au
3. Mencegah penyakit jantung
Mencegah penyakit jantung merupakan hal yang paling penting untuk kita terapkan. Pada  buah melon terdapat kandungan adenosine yang tinggi, sehingga dapat melancarkan proses peredaran darah pada pembuluh arteri. Selain itu membantu mencegah terjadinya penyumbatan sel darah pada pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan serangan jantung koroner dan stroke.

4. Menangani radikal bebas
Di dalam buah melon terdapat senyawa antioksidan flavonoid yang sangat besar. Sehingga kandungan antioksidan flavonoid pada buah melon, juga bisa membantu menjaga kesehatan sel-sel yang bisa mati dari efek radikal bebas. Kemampuan senyawa ini juga dapat membantu melindungi sebagian organ dalam tubuh, termasuk usus besar, usus dua belas jari, serta pada organ paru-paru.

5. Meredakan sakit perut
Banyak pemicu terjadinya sakit pada bagian perut kita. Terutama makan tidak teratur, Pola makan yang kurang sehat, dan makan makanan yang mengandung bakteri tanpa kita sadari. Akibat masalah tersebut, maka secara langsung akan membuat perut kita dihuni oleh bakteri yang dapat menimbulkan penyakit layaknya maag, perut mulas, atau mencret. Dengan mengonsumsi buah melon, maka akan membantu meringankan gejala penyakit tersebut.

6. Mengatasi Penyakit kulit
Pada buah melon terkenal banyak zat kolagen. Zat kolagen adalah senyawa yang mempunyai fungsi menjaga kesempurnaan struktur sel pada seluruh bagian kulit tubuh. Selain itu, kolagen ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit. Untuk anda yang ingin mempunyai kulit sehat dan tampak terlihat lembut, maka sering seringlah mengonsumsi buah melon.

7. Mencegah stroke dan penyakit jantung
Tiap satu buah melon mengandung sekitar 27% elektrolit, serta kalium. Kalium merupakan senyawa penting yang berasal dari sel tubuh dan cairan dari dalam tubuh. Fungsi kalium adalah untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah. Sehingga dengan adanya senyawa kalium ini, seseorang akan terbebas dari gejala penyakit jantung dan stroke.
image: fanpop.com
8. Menurunkan berat badan
Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih cantik dan terlihat langsing. Hal ini tentu saja menyangkut keamanan kesehatan pada diri kita. Salah satu manfaat buah melon yang belum banyak orang ketahui, yakni dapat membantu menurunkan berat badan secara normal, dan tidak menimbulkan efek samping. Cara menerapkannya cukup mudah :

1. Siapkan buah melon setiap hari secara rutin

2. Gunakan buah melon ini sebagai camilan kita di sepanjang hari

3. Makanlah buah melon 1 sampai 2 potong sebelum makan

Hal tersebut akan membuat pola makan kita menjadi sedikit, dan terasa di perut lebih kenyang karena buah melon mengandung kadar mineral yang cukup tinggi.

9. Mengatasi masalah pencernaan
Kandungan mineral pada buah melon mampu membantu mengurangi keasaman dalam tubuh yang mengganggu pencernaan. Selain itu kandungan air yang banyak pada melon akan membantu menyehatkan pencernaan dalam tubuh kita. Sehingga buah melon juga dapat melancarkan proses buang air besar. Dengan begitu kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik.
Artikel Terkait