14 Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Yang Menakjubkan

image: daundewa.com
Siapa tak kenal dengan tumbuhan satu ini, mempunyai bentuk yang berciri khas tersendiri. Daunnya berbentuk oval dengan tepinya dihiasi dengan lekukan-lekukan, dan daunnya pun juga pendek lebar membuat kita gampang mengingatnya. Tumbuhan ini adalah daun dewa, atau biasa disebut Gynura Segetum dalam bahasa ilmiah. Bunganya yang sangat kecil seperti kancing baju, dan terlihat seperti kumpulan benang sari berwarna kuning keputihan. 

Tanaman ini hidup sudah bertahun-tahun di sekeliling pulau Jawa. Di setiap wilayah, taman ini mempunyai nama berbeda-beda, seperti di Jawa Tengah tanaman ini disebut dengan Sambung Nyawa. Bukan hanya Jawa yang kaya akan tanaman khasiat ini, di negara Cina juga terdapat banyak tanaman Dewa, sementara orang negara Cina menyebutnya dengan  San Qi Cao. Mengingat orang Cina juga banyak  suka dengan tanaman ini, dan saking akrabnya dengan daun dewa, maka tanaman ini diberi nama Beluntas, Yang artinya Kerabat.

Tak kalah dengan namanya, tanaman tersebut juga banyak  mengandung unsur kimia di dalamnya. Antara lain Flavonoid, Saponin, Antikoagulan, Sterol, Polifenol, Tanin, vitamin K, Dan minyak atsiri. Tak heran jika tanaman ini diberi nama Daun Dewa, karena mempunyai banyak khasiat yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan. 

Ada 14 Manfaat dan Khasiat daun dewa untuk kesehatan kita, di antaranya :

1. Mengobati Penyakit Rematik
Penyakit rematik ini adalah penyakit yang kebanyakan diderita oleh lansia, atau orang berumur  40 tahun lebih. Rematik termasuk gangguan persendian terjadi di dalam tulang sendi kita. Banyak obat rematik yang beredar di pasaran, tetapi obat itu sebagian hanya memberi rasa sembuh pada sesaat. Setelah kita berhenti memakai obat itu, pasti rasa sakit muncul kembali di tulang persendian. 

Nah selain obat-obatan yang beredar di pasaran, ada juga ramuan tradisional yang bisa kita buat sendiri, dan khasiatnya pun juga tak kalah bagus dari obat-obatan yang beredar di pasaran. Daun dewa ini salah satunya, kita bisa merebus daun dewa beberapa helai sesuai kebutuhan dan tambahkan air seperlunya. Lalu rebus sampai airnya tinggal setengah bagian, dan bisa langsung disaring selanjutnya diminum.

2. Mengobati Sakit Jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang tergolong berbahaya, karena tidak sedikit orang meninggal akibat menderita penyakit jantung. Ada beberapa penyebab penyakit jantung, di antaranya sering merokok, pola hidup yang buruk, kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Selain itu penderita penyakit jantung juga harus hidup bebas tanpa asap rokok, Dan pola makannya juga harus dijaga, terutama yang mempunyai kadar kolesterol terlalu tinggi. Adapun cara untuk meminimalkan risiko penyakit jantung secara alami, yaitu dengan cara mengonsumsi air hasil rebusan daun dewa secara rutin.

3. Mengobati Kanker
Salah satu sifat Sitostatika yang terkandung dalam tanaman daun dewa, dapat menyembuhkan penyakit kanker dalam tubuh. Penyakit kanker juga salah satu penyakit yang berdampak buruk bagi tubuh. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita mengonsumsi daun dewa dengan rutin setiap harinya, hal ini untuk meminimalkan risiko dari efeknya penyakit kanker.

4. Mengatasi Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi, pada umumnya dapat terjadi akibat faktor jenis kelamin, gaya hidup, dan faktor genetik. Penyakit hipertensi juga dapat merusak sebagian organ penting yang ada dalam tubuh kita. Organ yang paling sering rusak akibat menderita penyakit ini adalah otak, mata, jantung koroner. Tekanan darah tinggi yang terus terusan juga bisa menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, dan akhirnya mengakibatkan stroke.  Salah satu cara tradisional mengobati penyakit hipertensi, adalah dengan cara mengonsumsi air rebusan dari daun dewa.

5. Mengatasi Penyakit Kulit
Salah satu penyebab penyakit kulit yang sering terjadi, adalah gatal gatal alergi yang disebabkan alergi makanan dan terkena infeksi virus.  Akibat penyakit ini, tanpa kita sadari menggaruk-nggaruk kulit kita sampai melecet. Hal itu tidak membuat gatal kita menjadi sembuh, karena akibat gesekan yang berlebihan pada kulit, dapat menyebabkan semakin parah dan berdarah. Salah satu pengobatan alami yang bisa menyembuhkan penyakit kulit ini, yaitu dengan cara menghaluskan atau menumbuk beberapa helai daun dewa. Lalu diletakkan pada permukaan kulit yang gatal gatal tersebut. Memang rasanya sedikit perih, tapi obat alami ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit tersebut.

6. Mengobati Gigitan Binatang Buas dan Serangga
Sering kali seseorang ketika digigit binatang buas langsung panik tidak tahu arah pikirannya mau ke mana. Cara alami untuk mengobati gigitan binatang buas adalah dengan umbi daun dewa yang ditumbuk sampai halus. Selanjutnya dioleskan ke permukaan tubuh yang tergigit binatang buas.

7. Mengatasi Gangguan saat Menstruasi
Terkadang ada banyak wanita yang mengalami gangguan pada saat menstruasi. Dan hal ini pun juga sering terjadi pada wanita yang kondisi kesehatannya menurun. Akan tetapi khasiat dari daun dewa ini juga bisa mengatasi gangguan menstruasi. Yakni, Dengan cara meminum air dari hasil rebusan daun dewa. Atau bisa juga diblender, dengan campuran sedikit air hangat.
image: konsultankolesterol.com
8. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah
Selain kesehatan, tanaman yang satu ini juga bisa untuk modal kecantikan wajah. Salah satunya menghilangkan flek hitam pada wajah, yang disebabkan oleh bekas timbulnya jerawat. Ketika ada noda hitam yang timbul di wajah kita, pasti kelihatan berbeda dan terutama bagi kaum hawa merasa tidak percaya diri. Ada cara mudah untuk mengatasi itu semua, yaitu dengan cara mengambil getah dari batang daun dewa, dan mengoleskan langsung ke bagian wajah yang ada noda hitamnya.

9. Mengatasi Keseleo  ( Terkilir )
Keseleo atau biasa disebut terkilir, merupakan cedera berupa perenggangan yang terjadi di antara otot dengan tulang. Sakit keseleo ini sering terjadi pada remaja yang sering berolahraga, atau pada orang yang fisiknya terlalu banyak bekerja. Ada banyak cara untuk mengatasi keseleo, salah satunya dengan cara diurut bagian yang keseleo, maupun dengan cara alami yaitu meminum air dari hasil rebusan daun dewa, lalu dicampur dengan temu lawak. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lebih baik diminum 2x sehari.

10. Untuk Obat Wasir
Penyakit wasir atau banyak dikenal dengan sebutan Ambien, sering kali ditandai dengan adanya rasa sakit atau rasa tidak nyaman pada anus. Dan ini merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan, terutama bagi para lansia yang mempunyai penyakit itu. Salah satu cara alami untuk mengobati penyakit wasir, adalah dengan cara mencampuri air rebusan daun dewa dengan daging lidah buaya, serta ditambahkan madu secukupnya. Namun  jika penyakit wasir terlalu parah, kita bisa meremas beberapa helai daun dewa untuk mengambil getahnya, lalu kita oleskan di bagian anus.

11. Mengobati Batuk
Batuk merupakan gangguan pernafasan yang umum terjadi. Meskipun tergolong tidak berbahaya, tapi harus tetap kita waspadai. Untuk mengatasi hal tersebut, manfaatkanlah khasiat daun dewa dengan cara meminum air hasil rebusan daun dewa sebanyak setengah gelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka minumlah sehari 3 kali.

12. Mengatasi Kejang Pada Anak
Banyak orang tua yang belum mengetahui apa penyebab kejangnya anak, terutama pada usia balita. Banyak hal yang membuat anak kita menjadi kejang, antara lain epilepsi, dehidrasi, infeksi susunan saraf pusat, dan lainnya. Jika salah satu dari anggota keluarga kita ada yang menderita penyakit tersebut, maka manfaatkanlah khasiat dari daun dewa. Adalah dengan cara menumbuk batang daun dewa sampai halus dan dikasih sedikit air hangat (matang), kemudian minumkan kepada si anak tersebut.

13. Mengobati Ganglion
Perlu kita ketahui, bahwa gejala ganglion itu seperti ada benjolan pada jari, pada pergelangan tangan, dan juga bisa tumbuh di punggung. Salah satu obat alami untuk penderita ganglion, yakni dengan cara memanfaatkan daun dewa sebagai lalapan setiap hari.

14. Mengatasi Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang tergantung pada tingginya gula darah pada tubuh kita. Penyakit diabetes tergolong penyakit cukup bahaya, karena banyak orang menderita komplikasi akibat terserang penyakit diabetes. Nah, salah satu cara untuk meminimalkan risiko terjadinya komplikasi karena diabetes, bisa dengan cara meminum air dari hasil rebusan daun dewa.
Artikel Terkait