18 Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih yang Mengejutkan

image: balconygardenweb.com
Daun sirih, daun yang mempunyai manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Dan sirih merupakan tanaman yang berasal dari negara Indonesia. Tumbuhan ini banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, daun sirih juga mempunyai kandungan yang bisa menyehatkan tubuh. Tanaman sirih sudah lama digunakan menjadi obat-obatan herbal, terutama untuk orang orang zaman dulu. Para sesepuh dulu menggunakan daun sirih sebagai obat dengan cara dikunyah. Selain itu juga ada cara lain untuk mengonsumsi daun sirih ini seperti di Kepulauan Riau, yakni kebanyakan menggunakan daun sirih ini dengan cara dicampur kapur, setelah itu bisa dikunyah.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi sekitar 300 DPL, Terutama di tanah yang memiliki kandungan zat organik banyak, dan mengandung air yang cukup. Daun ini memiliki jenis yang berbeda beda. Ada daun sirih hijau, Daun sirih kuning, Daun sirih kaki merpati, dan Daun sirih hitam. Daun sirih mempunyai ciri khas yang unik, selain tanaman ini bermanfaat untuk kesehatan, tanaman sirih juga banyak digunakan untuk tanaman hias dan dapat ditanam di vas bunga. 

Daun sirih memiliki banyak kandungan Essential oil, tanin, riboflavin, vitamin C, thiamine, vitamin A, serat, karbohidrat, Protein, dan gula. Karena itu, daun sirih juga terkenal mempunyai khasiat yang sangat ampuh, terutama terdapat pada daun sirih hitam. Daun sirih hitam mempunyai banyak kandungan yang cukup kompleks, makanya daun sirih jenis ini kebanyakan ditanam khusus, dan hanya digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan alternatif. 

Ada banyak manfaat dan khasiat daun sirih untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari dalam, maupun dari luar.

1. Menyembuhkan Sariawan
Sariawan yakni peradangan yang terjadi di bibir bagian dalam. Penyakit ini sangat kerap terjadi di kalangan orang dewasa. Ada banyak jenis jenis sakit sariawan, salah satunya adalah sariawan yang disebabkan oleh jamur atau bakteri yang banyak mengendap di sela-sela gigi. Khasiat dari daun sirih ini bisa digunakan sebagai obat-obatan praktis untuk menyembuhkan sariawan. 

Caranya cukup mudah, Ambil tiga sampai empat lembar daun sirih, cuci daun sirih hingga bersih, setelah itu rebus daun hingga layu. Selanjutnya daun sirih bisa langsung dikunyah, dan diratakan di bibir atau lidah yang terkena sariawan.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Terkadang dengan timbulnya bau di mulut, akan menyebabkan kita tidak nyaman terutama pada saat berbicara dengan pasangan atau dengan seseorang. Sebagian kaum muda sekarang menggunakan ramuan ini untuk menghilangkan bau mulut secara langsung. Yaitu dengan cara : Rebus hingga mendidih daun sirih tiga sampai empat lembar, setelah itu diamkan sampai airnya dingin dan saring air tersebut. Lalu gunakanlah untuk berkumur di pagi hari. 

3. Membersihkan Rongga Mulut dari Kuman
Kebersihan rongga mulut sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga agar mulut tetap terjaga dari kuman. Caranya cukup mudah, Ambil daun sirih 3-4 helai, setelah itu rebus daun sirih hingga mendidih. Lantas diamkan sampai dingin dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Terapkan  setiap seminggu sekali untuk tetap menjaga kesehatan mulut.

4. Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit demam berdarah dapat mengakibatkan kematian pada seseorang. Oleh karena itu para dokter mengatakan, penyakit ini harus segera ditanggulangi dengan cepat. Banyak cara untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, selain obat-obatan alternatif, kita bisa memanfaatkan khasiat daun sirih untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Caranya : Sediakan 6-7 helai daun sirih yang segar dan rebus dengan menggunakan air sebanyak dua gelas. Diamkan mendidih sampai air berkurang menjadi satu gelas, setelah itu minum ramuan setiap dua kali sehari, lakukan secara rutin.

5. Melancarkan Menstruasi
Semua wanita pasti akan mengalami masa menstruasi, namun banyak masalah menstruasi yang dialami sebagian wanita. Ada banyak macam jamu atau obat-obatan tertentu untuk mengatasi masalah pada saat wanita menstruasi. Selain itu juga ada cara alami (tradisional) untuk membantu melancarkan masalah menstruasi. Nah.., Daun sirih adalah salah satu daun herbal yang cocok untuk mengatasi wanita yang bermasalah saat datang bulan.

Caranya cukup simpel, Ambil daun sirih sekitar 5 helai dan rebus daun itu hingga mendidih. Setelah itu di minum dalam kondisi dingin, lakukan secara rutin pada saat masa menstruasi berlangsung.

6. Mengatasi Penyakit Bronkitis
Bronkitis adalah infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dengan mudah menyerang anak anak yang tidak mendapatkan suntik vaksin. Karena daya tahan tubuh anak atau seseorang yang tidak mendapatkan suntik vaksin akan menurun, sehingga mudah untuk terserang penyakit. Upaya untuk menanggulangi masalah tersebut, adalah dengan cara meminum air rebusan atau ramuan daun sirih. 

7. Mengatasi Jerawat Pada Wajah
Salah satu pemicu timbulnya jerawat pada wajah adalah kulit wajah yang jarang dicuci, wajah berminyak, atau bisa juga infeksi karena kosmetik tertentu. Daun sirih adalah solusi yang baik untuk mengatasi hal tersebut, tanpa ada risiko efek samping. Caranya menerapkan, Ambil beberapa helai daun sirih, dan cuci hingga bersih. Setelah itu  tumbuk hingga halus dan taruh di dalam 1 gelas yang dikasih air panas. Lantas diamkan sampai ramuan menjadi dingin, dan gunakan untuk membasuh wajah. Kita bisa lakukan secara rutin setiap 3 hari sekali.
image: beautyhealthtips.in
8. Mengobati  Sakit Gigi
Faktor penyebab sakit gigi adalah kurang teraturnya saat membersihkan mulut, dan tidak menjaga kesehatan pada mulut. Akibatnya bakteri yang terdapat pada sela-sela gigi akan menyerang ketahanan gigi kita, serta mengakibatkan gigi mudah sakit. Cara alami untuk mengatasi masalah sakit gigi, yakni menggunakan air hasil rebusan daun sirih untuk berkumur, sampai rasa sakit pada gigi hilang.

9. Mengatasi Penyakit Asma
Penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pernafasan di dalam tubuh kita. Akibat penyakit ini, penderita susah bernafas dan mudah capek. Cara yang efektif untuk mengatasi penyakit asma bisa dilakukan  dengan menggunakan daun sirih. 

Siapkan daun sirih 7 helai dan haluskan daun tersebut hingga benar benar halus. Lalu campurkan dengan lada putih 1 sendok teh, tambahkan juga minyak kayu putih secukupnya. Aduk hingga rata dan oleskan ramuan tersebut pada bagian dada dan di bagian leher. Setelah itu gunakan badan untuk istirahat dan rasakan khasiatnya.

10. Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan terjadi pada bagian belakang tenggorokan, serta menimbulkan rasa perih saat di gunakan untuk menelan makanan. Pemicu terjadinya radang tenggorokan adalah pola makan kurang sehat, dan bisa pula disebabkan oleh serangan virus. Cara alami untuk mengatasi sakit radang tenggorokan, ialah dengan menggunakan daun sirih. Gunakan air dari hasil rebusan daun sirih untuk berkumur, dan saat berkumur pastikan posisi kepala mendongak ke atas. Lakukan cara ini hingga serangan radang tenggorokan sembuh.

11. Mengatasi Mata Merah atau Gatal
Faktor utama penyebab mata merah dan gatal bisa jadi kebiasaan sehari hari kita. Salah satu pemicu timbulnya gejala penyakit ini, yaitu terkena serangan debu pada saat aktivitas di siang hari. Hal tersebut bila sering terjadi akan berakibat fatal pada mata kita. Oleh karena itu, kita harus segera mengobatinya meskipun itu masalah sepele. 

Daun sirih dapat membantu mengatasi mata merah dan gatal akibat serangan debu di lingkungan kita. Caranya ambil 6 helai daun sirih dan rebus daun hingga mendidih. Setelah itu diamkan air sampai menjadi dingin, selanjutnya gunakan air tersebut untuk mencuci mata anda, lakukan secara rutin sehari tiga kali.

12. Menghilangkan Bau Ketiak
Bau ketiak dapat muncul saat kita mengalami keringat berlebihan. Akibat bau ketiak, pastinya rasa percaya diri akan berkurang. Hal tersebut kebanyakan terjadi pada kaum lelaki yang menyukai aktivitas ekstrim dan tidak merawat tubuhnya dengan baik. Cara untuk menghilangkan bau ketiak yang alami adalah dengan daun sirih. 

Siapkan sekitar 100 helai daun sirih dan masukkan ke dalam satu wadah yang telah dicampurkan air dingin. Lalu rebus hingga mendidih, setelah itu biarkan untuk proses pendinginan. Setelah dingin, air bisa digunakan untuk mandi, jangan lupa basuh berulang bagian kulit ketiak. Manfaat menggunakan ramuan ini juga dapat membunuh bakteri yang menempel pada kulit tubuh kita.

13. Mengobati Luka Bakar
Terkena sayatan panasnya knalpot atau sengatan si jago merah tentu saja menyakitkan. Dan jika terlalu parah akan mengakibatkan kulit kita terbakar atau ‘’melocot’’. Kebanyakan seseorang yang mengalami sakit seperti ini, akan selalu dikasih salep atau obat-obatan untuk menyembuhkan luka tersebut. Di sisi lain, khasiat daun sirih bisa membantu proses penyembuhan luka bakar. 

Caranya cukup gampang, yaitu ambil 7 helai daun sirih, cuci dengan air bersih dan peras sampai keluar cairannya. Setelah itu campurkan air perasan daun sirih tadi dengan menggunakan madu, lantas oleskan langsung ke bagian kulit yang terkena luka bakar.

14. Mengatasi Korengan
Koreng merupakan endapan beberapa kotoran yang banyak terjadi di kulit kepala, atau pada pangkal rambut kepala. Akibat korengan akan membuat kulit kepala tidak sehat, atau tidak nyaman serta akan menimbulkan rasa gatal gatal. Salah satu cara membersihkan korengan pada kulit kepala bisa menggunakan daun sirih. Ambil 30 lembar daun sirih dan rebus daun tersebut hingga mendidih. Setelah itu diamkan air dari hasil rebusan hingga dingin. Lalu gunakan airnya untuk membasuh kulit kepala yang korengan.

15. Menyembuhkan Bisul Pada Kulit
Bisul adalah penyakit kulit yang timbul di permukaan kulit akibat terkena serangan virus atau infeksi pada kulit. Bisul memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan penyakit kulit lainnya. Yakni membentuk benjolan di atas permukaan kulit, mempunyai mata berwarna putih, dan yang terdapat di dalamnya adalah nanah. Tentu saja rasanya panas dan menyakitkan bukan..?. Khasiat dari daun sirih juga mampu untuk menyembuhkan bisul di kulit. Caranya : Tumbuk 10 helai daun sirih hingga halus dan gunakan hasil tumbukan untuk mengolesi bisul. Selanjutnya balut dengan perban dan biarkan hingga mengering.
image: saolamdep.com
16. Mengatasi Mimisan
Mimisan ialah keluarnya darah dari lubang hidung, yang disebabkan oleh kelainan kongletial, tumor, dan alergi. Obat cukup ampuh dan paling populer untuk mengatasi gejala ini adalah dengan daun sirih. Caranya : Kita tinggal menyumbat hidung yang mimisan tersebut dengan daun sirih. Kemudian biarkan sampai beberapa lama, lalu ambil daun tersebut dari hidung, setelah itu lihat efeknya.

17. Menghilangkan Gatal gatal di Kulit
Banyak sekali faktor penyebab gatal gatal di kulit tubuh kita, terutama gatal karena alergi dan gatal karena infeksi, virus, atau pori pori kulit tertutup. Kita bisa menggunakan air dari hasil rebusan daun sirih untuk mandi. Terapkanlah secara rutin sampai gatal gatal hilang.

18. Mengatasi Pendarahan Pada Gusi
Pendarahan pada sakit gigi (gusi) kerap terjadi pada orang dewasa. Itu dikarenakan cara menggosok gigi yang salah, dan terlalu banyak mengisap rokok. Akibat pendarahan pada gusi akan membuat gigi sering merasakan sakit dan nyeri. Nah.., cara untuk mengatasi pendarahan gusi menggunakan daun sirih, yakni ambil 10 helai daun sirih dan bersihkan dengan air. Setelah bersih, rebus daun sirih hingga mendidih. Gunakan rebusan daun sirih untuk berkumur, lakukan berulang hingga sakit pada gusi mereda.
Artikel Terkait