Stop Buang Rambut Jagung, Ini Khasiatnya

image : cornsilktea.net
Salah satu bahan yang masih sering terlupakan yakni rambut jagung. Bila melirik dari manfaat yang terdapat di dalamnya, memang sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh. Termasuk berbagai jenis penyakit pun bisa disembuhkan dengan mengolah bagian jagung yang terabaikan ini. Memang terkadang kita sering kali melihat bagian rambut jagung terbuang sia-sia, dan orang hanya mengambil jagungnya saja untuk diolah menjadi panganan sehari-hari. Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya manfaat hebat juga tersimpan pada bagian rambutnya.

Rambut jagung memiliki senyawa antioksidan berupa Saponin, Flavonoid, Betakaroten, serta kandungan lain layaknya minyak Atsiri, Hordenin, Geraniol, Mentol, Allantoin, Minyak lemak, Limonene, Maysin, Viteksin dan lainnya. Sehingga semua kandungan tersebut cukup membantu tubuh untuk menanggulangi akan serangkaian penyakit, mulai dari permasalahan ringan hingga sampai jenis gangguan tubuh serius.

Pastinya anda tahu mengenai khasiat pada jagung itu sendiri untuk berbagai kebutuhan tubuh. Bahkan jagung dikenal cukup kental oleh sebagian besar masyarakat Nusantara. Namun bilamana anda ingin mengolah bagian rambutnya, maka hal demikian juga dapat menambah pemanfaatan tanaman jagung menjadi lebih kompleks.

Berikut khasiat rambut jagung yang cukup mengagumkan untuk menunjang kesehatan tubuh :

1. Sebagai Obat Gagal Ginjal Alami
Untuk mengatasi gagal ginjal, bisa juga dikombinasikan dengan rambut jagung untuk membuat ramuan alaminya. Memang gagal ginjal ini sudah sering kali merusak kesehatan tubuh seseorang. Di mana bagian ginjal di tubuh mengalami kerusakan fungsi untuk menyaring sisa makanan hasil metabolisme tubuh. Sehingga kondisi semacam ini memang membutuhkan perawatan ekstra, agar tubuh mampu tersembuhkan dari penyakit berbahaya ini.

Anda bisa memanfaatkan rambut jagung untuk menanggulangi penyakit serius ini. Sediakan setengah genggam rambut jagung kering, tiga jengkal akar alang-alang, dan 10 lembar daun kumis kucing. Rebuslah seluruh bahan ke dalam 3 gelas air, tunggu hingga sampai air tersisa separuhnya. Diamkan selama beberapa menit, dan minumlah ramuan tersebut secara teratur.

2. Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes
Kemunculan penyakit diabetes ini memang rentan sekali dialami oleh sebagian besar kalangan, terlebih lagi bagi orang yang sudah memiliki usia lanjut. Di mana jumlah kadar gula dalam darah yang tak terkendali, akan menimbulkan gangguan kronis bagi tubuh. Namun anda  tidak perlu khawatir, karena rambut jagung dapat diracik untuk dimanfaatkan sebagai langkah penanggulangannya secara efektif dan alami.

Sehingga untuk menjaga keseimbangan glukosa di tubuh, maka gunakan ramuan yang terbuat dari rambut jagung sebagai bahan alaminya. Caranya juga sangat mudah, sediakan sebanyak 50 hingga 70 gram rambut jagung kering, setelah itu merebusnya dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan berubah warna kecokelatan, barulah diamkan, saring dan tuangkan ke dalam gelas. Agar khasiat yang didapatkan lebih maksimal, bisa anda minum ramuan ini dua kali sehari.

3. Sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi, sangat rentan menjalar pada permasalahan lebih serius bila tidak segera mendapat penanggulangan. Seperti halnya penyakit strok yang tidak sedikit menyebabkan kematian bagi pasien yang mengalaminya. Oleh karena itu, khasiat rambut jagung juga tidak terlepas pada permasalahan ginjal dan diabetes. Namun bahan herbal ini juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. 

Bagi penderita hipertensi bisa menggunakan rambut jagung untuk menurunkan tekanan darah mereka. Cara mengolahnya yakni menyiapkan segenggam rambut jagung, ditambahkan bagian tongkol jagungnya sebanyak 5 buah. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air, kemudian diamkan selama beberapa menit. Agar khasiat ramuan rambut jagung bisa lebih maksimal untuk tubuh, anda dapat meminumnya setiap hari dalam kurun waktu seminggu. 
image: herbco.com
4. Menjadi Obat Panas Dalam
Kemunculan panas dalam ini sangatlah tidak mengenakkan kondisi tubuh. Apalagi saat beraktivitas, maka gangguan tubuh ini cukup menghambat setiap rutinitas anda bukan..?. Jika anda berniat untuk mengobati panas dalam dengan bahan alami, rambut jagung bisa menjadi salah satu bahannya.

Cara mengolahnya : Sediakan 40 gram rambut jagung dikombinasikan dengan beberapa irisan daun pandan. Kemudian merebus kedua bahan dengan air secukupnya. Tuangkan dalam gelas dan minumlah secara teratur, maka kondisi panas dalam mampu diredakan.

5. Mengatasi Permasalahan Diuretik
Diuretik, suatu permasalahan buang air kecil dan rasanya cukup menyakitkan. Dengan memanfaatkan rambut jagung, akan berguna mengatasi gangguan semacam ini. Karena rambut jagung itu sendiri memiliki khasiat mencegah timbulnya infeksi pada saluran kemih dalam tubuh. Sehingga anda dapat mengolah bahan herbal ini jika tubuh merasa kesulitan BAK ( buang air kecil ).

Cara mengolahnya :  Terlebih dahulu siapkan 40 gram rambut jagung, dan 1 rimpang jahe. Kemudian rebuslah kedua bahan secara bersamaan dengan air secukupnya saja. Tunggu hingga kondisi air mendidih. Diamkan air rebusan sampai dingin, setelah itu minumlah ramuan tersebut secara teratur.

6. Menjadi Obat Batu Ginjal Dan Empedu
Baik itu batu ginjal maupun batu empedu, khasiat rambut jagung juga dapat menjadi obat alami dari keberadaan penyakit keduanya. Seperti yang diketahui pada umumnya, kedua permasalahan tersebut sangatlah mengganggu kinerja ginjal dalam tubuh. Bahkan kedua gangguan tersebut juga menimbulkan efek menyakitkan bagi tubuh.
Dalam mengolah rambut jagung menjadi obat batu empedu dan batu ginjal, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

A. Mengobati Batu Ginjal
Siapkan segenggam rambut jagung dan tongkolnya sebanyak 4 buah. Rebus dengan air secukupnya, dan tambahkan daun keji beling segar secukupnya. Diamkan selama beberapa menit sampai dingin, kemudian tuangkan dalam gelas, barulah diminum setiap hari selama 2 Minggu. Terapkan hingga sampai butiran atau buih batu ginjal dapat dikeluarkan melalui urin. Jika sudah keluar, maka berhentilah mengonsumsi ramuan tersebut.

B. Mengobati Batu Empedu
Sediakan 30 gram rambut jagung, kemudian merebusnya dengan air secukupnya sampai mendidih. Bilamana proses perebusan telah usai, saringlah dan tuangkan ke dalam gelas. Minumlah ramuan ini satu kali dalam sehari secara rutin dan teratur. Dengan begitu, gangguan batu empedu bisa disembuhkan.

Baca Juga : Manfaat Air Rebusan Jagung, Atasi Berbagai Penyakit

Artikel Terkait