Tips Masakan Tetap Lezat dan Enak Meski Tanpa Garam

image: lookfordiagnosis.com
Apapun jenis masakan yang dihidangkan di meja makan, di saat memasaknya seperti tak terlepas dari yang namanya garam bukan…?. Terlebih lagi bumbu yang khas ini seakan-akan tidak mau lepas dari semua jenis makanan yang ada di Nusantara. Apa saja masakan yang gurih dan enak, tentu telah ditaburi garam pada makanan tersebut. 

Sebenarnya mengonsumsi garam ini juga tidak ada salahnya, akan tetapi penggunaan garam dalam jumlah yang berlebihan, maka kurang baik pula bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, Maka lebih baiknya mengonsumsi makanan bebas sodium bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itulah ada cara memasak makanan agar tetap lezat dan enak meski tanpa penggunaan garam sebagai bumbunya. Hal demikian juga berdasarkan anjuran dari Akademi Gizi dan Diet, yang menunjukkan bahwa hendaknya bisa memilih makanan berkualitas bagus. Yakni memasaknya yang tidak terlalu lama, sehingga tidak sampai menghilangkan nutrisi yang terdapat di dalamnya, dan mencari produk makanan yang berlabel bebas sodium.

Perlu anda tahu, jika anda berniat untuk mengonsumsi makanan yang terbebas dari kandungan garam di dalamnya, maka bisa menyajikannya sendiri di rumah. Yakni dengan mencari bahan-bahan sebagai pengganti garam, agar rasa masakan tetap lezat dan enak saat dikonsumsi.

Memang perlu disadari bahwa produk bumbu seperti kaldu instan, pelunak daging, saus, kecap, Dressing, Mustard, dan aneka bahan lainnya, tentu mengandung tinggi garam bukan…?. Nah, Untuk membuat masakan tanpa garam bisa anda gunakan bahan alami sebagai bumbu penggantinya.

Seperti halnya menggantikan garam dengan rempah-rempah layaknya Marjoram, Tarragon, bubuk bawang Bombay, Thyme, Rosemary, Pala, Jinten, bubuk bawang putih, bubuk kari, ketumbar, Oregano,  dan lainnya. 

Bahkan bila perlu anda bisa menengok sebuah resep campuran bumbu yang dibuat oleh ‘’American Heart Association’’, yakni berguna untuk menggantikan garam di setiap aneka masakan.

Resep bumbu campuran tersebut adalah : 

Setengah Sdt Cabai cayenne, Satu Sdt bubuk bunga pala, 1 Sdt bubuk lada hitam, 1 Sdt bubuk Thyme, 1 Sdt peterseli kering, 1 Sdt Marjoram, 1 Sdt bubuk basil, 1 Sdm bubuk bawang putih, 1 Sdt bubuk bawang merah,  dan 1 Sdt sage. 

Ketika membuat resep campuran tersebut, Hendaknya disimpan ke dalam tempat yang sejuk dan gelap. Sehingga kondisi rasanya tetap maksimal saat dicampurkan ke dalam makanan yang dimasak. Dan pilihlah bahan makanan yang akan dimasak dalam kondisi segar, dan bukan bahan yang diawetkan. Dengan begitu, tanpa garam pun menu masakan tetap terasa lezat dan nikmat. Selamat mencoba..!!!
Artikel Terkait