Cara Jitu Agar Ikan Tidak Gampang Lengket Saat Digoreng

image: reluctantgourmet.com
Demi menunjang tingkat selera saat menyantap ikan goreng, penampilan lauk pauk satu ini telah menjadi salah satu faktor penting selain dari cita rasa ikan itu sendiri. Mengulik dari sebuah permasalahan yang ada, bagi sebagian ibu rumah tangga pasti akan merasa sedikit jengkel bilamana ikan yang telah digoreng melekat di wajan penggorengan. Akhirnya penampilan makanan yang kaya akan lemak omega 3 ini kurang indah dipandang mata. Bahkan bekas tempelan ikan di dalam wajan tersebut akan membuat minyak goreng cepat keruh.

Sebenarnya rusaknya tekstur ikan memang belum tentu juga mempengaruhi cita rasa ikan serta kandungan gizi di dalamnya. Namun bagaimana bila Si ikan goreng disuguhkan kepada konsumen di depot atau restoran tertentu...?, pastinya kesempurnaan teksturnya sangat memikat pelanggan yang hendak mengonsumsinya bukan...?

Untuk menggoreng ikan agar tak lengket di wajan dan tak gampang rusak teksturnya, ada berbagai teknik khusus yang bisa diterapkan. Sehingga bentuknya tetap utuh dan terjaga dengan baik, serta tidak sampai membuat warna ikan kehitaman. 

Inilah cara menggoreng ikan agar tidak gampang melekat di wajan penggorengan :

1. Perhatikan Suhu Wajan Penggorengan
Janganlah terburu-buru untuk menuangkan minyak di wajan penggorengan. Namun panaskan dahulu wajan penggorengannya hingga memenuhi suhu panas yang cukup. Kemudian barulah tuangkan minyak pada wajan. Hal demikian karena kondisi wajan yang panas, akan membuat Si ikan tidak sampai melekat di wajan penggorengan. Bahkan langkah semacam ini mampu memaksimalkan proses penggorengan ikan menjadi lebih cepat, serta membuat teksturnya tetap menarik saat disajikan.

Dan jangan lupa untuk menunggu sejenak hingga minyak goreng di dalam wajan memiliki suhu panas merata, barulah anda dapat menaruh ikan-ikan tersebut di wajan penggorengan.

2. Tentukan Jumlah Minyak Dengan Tepat
Semakin sedikit jumlah minyak goreng yang anda tuangkan di wajan, maka memungkinkan ikan mudah lengket di dasar wajan penggorengan. Sebaliknya, jika jumlah minyak goreng semakin banyak, maka mampu membuat ikan lebih mengembang saat digoreng, serta memperkecil kemungkinan menempel di wajan penggorengan. 

Maka, tuangkanlah minyak goreng dalam jumlah banyak agar menjadikan tekstur ikan tetap terjaga, tanpa adanya bagian ikan yang terpisah atau melekat di wajan saat digoreng. 

3. Menggunakan Alas Daun Pisang
Bilamana ada bagian ikan yang rawan sekali terpisah saat digoreng, seperti bagian ekor atau sirip ikan, maka untuk membuat tetap utuh anda bisa menggunakan alas daun pisang di saat menggorengnya. Sehingga ketika ikan digoreng sampai matang dan kering, anda bisa dengan mudah mengelupasnya jika sampai bagian ekor serta siripnya tertempel di daun pisang. Sehingga tekstur ikan menjadi tetap utuh, dan siap disajikan dengan bentuk yang sempurna.

4. Melapisi Ikan Dengan Telur
Langkah jitu lainnya agar tekstur ikan tetap utuh hingga membuat penampilannya lebih mulus, maka celupkanlah ikan terlebih dahulu ke dalam telur yang sudah dikocok rata. Cara ini membuat anda lebih mudah agar ikan tidak gampang rusak, serta warna ikan tidak sampai menjadi kehitaman saat digoreng.

5. Gunakan Minyak Goreng Baru
Minyak goreng baru akan semakin membuat tekstur ikan lebih menarik seusai digoreng. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki hasil sempurna saat menggoreng ikan, maka cukup rendam ikan ke dalam air garam saja, kemudian gunakan minyak goreng baru dengan jumlah cukup. Dengan begitu, tekstur ikan akan memiliki tampilan lebih menyenangkan dan terhindar dari warna kehitaman.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar