Cara Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Rebung

image: healthfarmsinternational.com
Tunas muda bambu yang berada di Nusantara, juga dapat diolah menjadi masakan favorit yang tak kalah enak jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Sebutan dari panganan ini yaitu Rebung, atau dalam bahasa inggrisnya kerap dikenal dengan istilah Bamboo Shoot. Biasanya rebung dimasak menjadi sayur pelengkap untuk hidangan di meja makan. Namun, kini rebung juga bisa diolah menjadi aneka bentuk makanan, di antaranya tepung rebung yang khas, menjadi isi jajanan enak seperti lumpia, keripik rebung, dan asinan rebung.

Meski tak semua jenis rebung dapat dikonsumsi, namun panganan ini cukup ampuh dalam menunjang kesehatan jika bisa memperhatikan secara seksama. Berdasarkan apa yang telah ditunjukkan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI pada tahun 1981, menjelaskan bahwa kandungan tiap 100 gram rebung meliputi 13 mg kalsium, 0.5 mg zat besi, 59 mg fosfor, 27 kkal energi, 2.6 mg protein, 0.3 lemak, 5.2 g karbohidrat, 4 mg vitamin C, 0.15 mg vitamin B1, 20 SI vitamin A, serta mengandung sejumlah mineral lain layaknya thiamin, niasin, riboflavin, dan beberapa serat kasar di dalamnya. 

Sehingga tidak salah bahwa makanan tersebut dapat membantu menyehatkan metabolisme tubuh, dan mengatasi ragam penyakit seperti tekanan darah tinggi. Hingga mampu menanggulangi stroke yang merupakan salah satu penyakit mematikan.

Lantas, bagaimana rebung mampu menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi) dalam tubuh...?

Perlu anda tahu, bahwasannya di dalam 100 gram rebung juga dipenuhi dengan kandungan kalium cukup tinggi, yakni kurang lebih 645 mg. Jadi, bilamana anda mengonsumsi 120 gram rebung sehari, maka akan mampu memenuhi 1/5 dari mineral kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, fungsi dari kalium itu sendiri sangat berguna untuk mengatur tekanan darah, membantu mengatur fungsi jantung, saraf, dan aktivitas otot dalam tubuh. Oleh karena itulah mengapa mengonsumsi makanan berkalium tinggi sangat membantu bagi para pasien hipertensi, terlebih lagi mengonsumsi makanan enak seperti rebung ini.

Sementara tingginya tingkat natrium dalam darah kerap kali menjadi pemicu munculnya tekanan darah menjadi lebih tinggi. Namun bilamana tubuh memiliki asupan kalium dalam jumlah cukup, maka organ ginjal pun akan lebih mudah menyaring serta mengeluarkan jumlah natrium berlebih dalam darah. Alhasil, tekanan darah bisa diturunkan secara alami dan lebih efektif. Hendaknya anda mencoba mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti rebung,  agar nantinya tekanan darah di tubuh dapat diseimbangkan. 
image: asianfoodfusion.com
Apakah Rebung Mengandung Asam Sianida yang Membahayakan Tubuh...?

Memang benar adanya, bahwa panganan ini mengandung asam sianida yang berbahaya bagi tubuh, terutama di bagian getahnya. Akan tetapi kandungan gizi di dalamnya sangat tinggi, serta berguna untuk menyehatkan tubuh anda. Jadi tak usah khawatir akan hal itu, asalkan anda mengetahui cara memasak rebung dengan benar. Sehingga asam sianida di dalamnya dapat ternetralisir, tanpa menimbulkan efek bahaya bagi tubuh. Selain itu, anda juga bisa memperhatikan jenis rebung yang enak dikonsumsi. Karena tidak semua jenis tunas bambu muda bisa dikonsumsi. Biasanya jenis rebung yang tidak dapat dikonsumsi cenderung memiliki rasa pahit jika dimasak, seperti rebung dari Bambu Apus dan sejenisnya.

Sebaliknya, jenis rebung yang memiliki cita rasa enak dan banyak digemari oleh kalangan masyarakat Nusantara, seperti rebung dari Bambu Petung, Wulung, Ampel, yang kerap dijadikan sayuran dan bahan campuran jajanan tradisional. 

Bagaimana cara memasak rebung yang enak dan sehat bagi tubuh...?

1. Pertama kali buanglah terlebih dahulu bagian kulit luar rebung, agar dapat terhindar dari keracunan

2. Setelah itu irislah rebung menjadi ukuran kecil dan tipis

3. Rebuslah rebung yang sudah diiris tadi ke dalam air mendidih selama 2 jam, atau paling cepat selama 15 menit

4. Tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan rebung tersebut

5. Buang airnya, barulah anda dapat mengolah rebung menjadi masakan sesuai selera

Cara di atas memang cukup aman agar rebung tak sampai beracun dan membahayakan tubuh. Karena dengan cara tersebut mampu mengurangi asam sianida  dalam rebung hingga 90 persen. Jadi masaklah rebung dengan benar, agar nantinya dapat diolah menjadi makanan sehat bagi tubuh, terutama mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita Hipertensi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar