Manfaat dan Khasiat Bayam Yang Jarang Diketahui

image: gyanunlimited.com
Tanaman bayam atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Amaranthus, merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman yang banyak ditanam untuk dikonsumsi daunnya. Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik, namun dengan mudahnya cara penanaman dan juga tidak memerlukan banyak waktu untuk panen, menjadikan tanaman ini banyak diburu petani sebagai sumber mata pencaharian. Hingga saat ini keberadaan budi daya tanaman bayam ini sudah semakin merakyat di seluruh penjuru dunia. Tanaman bayam dapat tumbuh subur jika ditanam pada lahan memiliki aliran air yang baik dan dalam kondisi tanah yang gembur, atau tidak mudah padat. 

Bayam ini adalah salah satu tanaman yang dapat kita tanam tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak untuk memanennya. Karena benih tanaman bayam sendiri bisa kita dapatkan dari tanaman itu sendiri. Pada umumnya petani bayam akan memanfaatkan bayam sebagai sayuran untuk dikonsumsi setiap hari. Sementara menanam bayam hanya dibutuhkan jangka waktu sekitar 20 hari. Namun jika kita memanfaatkan bayam sebagai benih untuk dijual atau ditanam sendiri, kita bisa menanam bayam hingga berumur sampai 50 hari. Dengan lamanya menanam bayam sebagai benih, nantinya daun bayam akan berwarna kuning dan bayamnya berumur semakin tua, hingga tumbuh bunga-bunga yang berbentuk kerucut yang memiliki bentuk seperti ulat bulu.

Di kawasan Jawa tengah, kebanyakan penduduknya mengolah tanaman bayam ini sebagai camilan yang berkualitas dan memiliki harga jual yang tergolong mahal, seperti keripik bayam. Selain itu pengolahan bayam sendiri juga banyak digunakan sebagai sayuran seperti tong seng, tumis bayam, dan juga sebagai lalapan. Masakan sayuran yang terbuat dari bayam memang sudah dikenal memiliki kandungan zat besi dan energi yang tinggi. 

Bayam jika diolah sebagai keripik bayam, pasti akan memiliki rasa yang sangat khas dan memiliki harga jual yang cukup mahal. Namun jika anda ingin mengonsumsi bayam dengan harga yang lebih murah, anda bisa langsung beli sayur bayam ke petani bayam, atau juga dapat membeli di pasar, supermarket sayuran, bahkan ke pasar tradisional. Perlu anda ketahui, beberapa kandungan bayam memang sudah dipercaya semenjak zaman dahulu, yaitu untuk menambahkan energi yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan zat besi yang ada di dalam bayam juga sangat efektif untuk dikonsumsi oleh penderita anemia.

Kandungan bayam untuk kesehatan :

Beberapa kandungan alami yang terdapat di dalam sayur bayam memang sudah diakui oleh beberapa pakar biologi, sebagai khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Bayam memiliki puluhan senyawa yang baik untuk tubuh kita seperti kalori, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, serta kalium. Selain itu bayam juga mengandung banyak vitamin yang memiliki nilai tak terhingga untuk kesehatan kita. Seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B5, serta  Vitamin B8. Dengan banyaknya kandungan tersebut, maka bayam adalah salah satu solusi untuk kita yang mengalami kekurangan asupan vitamin harian.

Manfaat dan khasiat bayam untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Menjaga kesehatan jantung
Memulai hidup sehat memang ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjaga kestabilan jantung kita. Terutama adalah menjaga asupan nutrisi dan vitamin. Nah... solusi yang tepat untuk anda lakukan disaat memiliki usia yang masih muda, perbanyaklah mengonsumsi sayur bayam untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam bayam memang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita, jadi dengan begitu mengonsumsi sayur bayam ini akan mempunyai khasiat lain juga.
image: healthyfoodhouse.com
2. Menambah energi tubuh
Kandungan energi dan zat besi di dalam daun bayam, ternyata juga memiliki khasiat yang sangat hebat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu manfaat yang terdapat di dalam bayam juga sangat baik untuk kita yang memiliki kesehatan tubuh minimal. Pada dasarnya setiap orang yang memiliki kesehatan tubuh minimal, akan sering merasakan lelah dan dengan sangat mudah stamina di tubuh juga akan hilang. Bagi anda yang memiliki masalah seperti  itu, sebaiknya segera melakukan tindakan seperti memakan buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan nutrisi. Tak hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan kandungan senyawa yang ada pada bayam untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Mengatasi gejala anemia
Seringkali seseorang yang mengalami gejala seperti penyakit anemia, pasti akan mengalami keluhan yang cukup banyak. Gejala awal seseorang yang mengalami anemia adalah merasakan pusing yang berlebihan, badan terasa lemas, dan nafas cenderung pendek meskipun tanpa aktivitas yang berat.

Gejala seperti ini jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat, maka kemungkinan besar penyakit anemia akan menjadi parah dan dapat mengakibatkan penyakit lain yang mungkin bisa lebih parah. Bagi anda yang memiliki gejala seperti ini, maka lebih baik segera mengatasinya dengan mengonsumsi sayur bayam setiap hari dengan rutin.

4. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam daun bayam sangatlah tinggi. Perlu kita ketahui, vitamin A di dalam tubuh kita sangat berperan untuk menjaga kesehatan terutama pada mata, selain itu manfaat dari vitamin A sendiri adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan begitu kulit kita akan menjadi lembab dan terlihat sehat. Bagi seseorang yang ingin memiliki kulit sehat dan mata yang sehat pula, maka dapat mengonsumsi daun bayam secara rutin. Baik itu dikonsumsi sebagai sayuran ataupun keripik daun bayam.

5. Menjaga kesehatan tulang
Manfaat bayam yang tak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Terdapat beberapa mg vitamin K di dalam daun bayam, dan juga daun bayam mengandung kalsium yang banyak. Dengan begitu kedua senyawa ini akan berpadu dan bekerja sama untuk membantu penyerapan kalsium ke sel-sel tulang kita.

6. Meningkatkan kinerja otot
Sering dikaitkan oleh beberapa masyarakat di sekitar kita, bahwa jika seseorang yang mengonsumsi bayam secara rutin maka kesehatan tubuhnya akan terjaga. Dan bukan hanya itu, di dalam bayam ini terdapat beberapa senyawa yang alami dan baik untuk meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, jika kita mengonsumsi daun bayam dengan rutin, maka energi di dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dikarenakan sifat senyawa dari sayur bayam adalah sebagai efisiensi otot.

7.  Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang ada di dalam bayam juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan di dalam perut kita. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, Kandungan serat yang ada di dalam daun bayam ini adalah serat kasar bukan serat halus. Maka untuk menggunakan bayam sebagai makanan herbal dalam melancarkan sistem pencernaan, sebaiknya kita mengonsumsi bayam dengan batas ukuran yang disarankan.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memasak bayam :

Sebagian besar orang memasak bayam dengan cara direbus dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal tersebut sangat tidak baik untuk bayam itu sendiri, karena sifat senyawa dalam bayam sangat rentan dan mudah hilang jika memasaknya dalam jangka waktu yang sangat lama. Karena itulah perlu diperhatikan, jika ingin memanfaatkan khasiat yang ada di dalam bayam, sangat disarankan untuk menghindari memasak bayam dengan jangka waktu yang lama.

Setelah dimasak pun bayam juga lebih baik dikonsumsi pada saat kondisi masih hangat. Karena senyawa alami yang terdapat di dalamnya akan dengan mudah rusak jika bayam terlalu lama didiamkan setelah dimasak.
Artikel Terkait