Manfaat dan Khasiat Biji Pepaya yang Terlupakan


image: comoblanquearlapiel.net
Layaknya biji buah pepaya, Sering kali kita mendengar istilah buah-buahan yang mengandung banyak biji-bijian, seperti buah jambu merah, buah jeruk, buah duku dan juga masih banyak lagi. Buah pepaya merupakan salah satu buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk tubuh manusia. Selain itu buah pepaya juga merupakan jenis buah-buahan yang sudah banyak dibudidayakan di negara Indonesia. Pohon buah pepaya tidak memiliki batang yang sama dengan pohon lainnya. Pohon ini hidup di ketinggian 500 mdpl atau lebih. Di wilayah kepulauan Jawa sendiri, hampir setiap wilayah pemukiman penduduk desa terdapat pohon buah pepaya. Bahkan juga ada yang menanam pohon pepaya di ladang dekat rumah, maupun di pekarangan mereka. 

Buah yang memiliki rasa manis dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ini, ternyata juga mempunyai manfaat yang lain, yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah pepaya mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi orang yang mengalami gangguan pencernaan. Setiap hari tubuh manusia memerlukan asupan serat sekitar 20 hingga 30 %. Kebutuhan tersebut sangat penting dan juga baik untuk menjaga kesehatan kita. Banyak sekali bahaya jika kita kekurangan asupan serat. Salah satunya adalah gangguan sakit perut, diare, sembelit, dan juga sistem pencernaan tidak lancar.

Namun perlu anda ketahui, pohon buah pepaya memiliki berjuta manfaat yang baik untuk kesehatan, Biasanya manfaat tersebut terletak pada daging buah pepaya. Tetapi tak hanya itu, manfaat buah pepaya juga dapat kita dapatkan dari daun pohon pepaya. Pohon pepaya memiliki bentuk daun seperti daun umbi atau ketela pohon, yang memiliki ruas jari-jari sebanyak 5 hingga 6 helai untuk setiap daunnya. Banyak sekali seseorang yang mengolah daun buah pepaya ini untuk sayuran, kulup-kulupan, dan juga masih banyak lagi. 

Cara pengolahannya juga sangat sederhana, kita hanya memetik beberapa daun pepaya yang masih segar dan juga bersih dari serangga. Setelah itu pisahkan daun pepaya dan batang pepaya tersebut, lalu cuci hingga bersih dan rebus hingga mendidih. Selanjutnya langsung bisa dikonsumsi, baik itu digunakan sebagai kulupan, maupun untuk sayur sayuran. 

Selanjutnya adalah manfaat biji buah pepaya, anda heran apa sih manfaat biji pepaya?. Biji pepaya ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Hampir semua orang jika mengonsumsi buah pepaya, justru di bagian yang memiliki banyak nutrisi gizi atau vitamin malah dibuang dengan sia-sia, Contohnya biji buah pepaya. Setiap satu buah pepaya memiliki ratusan biji di dalamnya. Bentuknya bulat kecil berwarna hitam dan bertekstur keras dan licin bagian luar. Membuat seseorang yang memegangnya akan merasa geli dan tidak mungkin untuk mengonsumsi. Hal tersebutlah yang menjadikan biji buah pepaya ini banyak dibuang. 

Perlu anda ketahui, biji buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biji buah ini dipercaya memiliki khasiat, dikarenakan pada bijinya terdapat unsur senyawa alami. Yakni Carpaine, Antioksidan, serta Papain. Selain itu biji buah pepaya juga mengandung enzim yang sangat kuat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun demikian, kita tidak perlu mengonsumsi biji buah ini setiap hari, karena juga akan memiliki efek samping tidak baik untuk tubuh manusia. Berikut ini adalah kegunaan biji buah pepaya yang sering kita lupakan.

Manfaat dan Khasiat biji pepaya untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Mengatasi rambut beruban
Uban pada rambut manusia terkadang mengurangi nilai penampilan kita di setiap hari. Karena hal tersebut, maka penampilan akan berubah menjadi tidak menarik dan juga kurang feminin. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kita banyak mengonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan rambut. Namun selain itu, kita juga bisa memanfaatkan biji buah dari pepaya. Meskipun bentuknya kecil, tetapi biji buah pepaya juga memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan.

Cara pengaplikasiannya juga sangat sederhana, siapkan biji buah pepaya satu genggam, Keringkan dulu dengan cara dijemur hingga 2 sampai 3 hari. Setelah itu tumbuk biji pepaya tersebut hingga halus dan siap digunakan untuk keramas di saat kita mandi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan keramas dengan biji buah pepaya setiap hari dengan rutin.
image: answers.com
2. Mampu mengobati gangguan hati
Nah, yang satu ini adalah manfaat luar biasa yang berasal dari biji buah pepaya. Gangguan kesehatan hati merupakan salah satu penyakit utama yang membahayakan, dan juga bisa disebut penyakit mematikan setelah penyakit jantung. Gangguan fungsi hati sering kali dialami oleh beberapa orang yang sering begadang dan kurang akan menjaga kesehatan tubuhnya. Biasanya seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut, maka gangguan fungsi hati seperti hepatitis akan datang dan menyerang.

Maka dari itu, mencegah gejala penyakit hati memang penting untuk kita terapkan mulai dari sekarang. Kita bisa mencegah penyakit berbahaya tersebut dengan cara mengonsumsi biji pepaya, namun harus diperhatikan. Yang mana dalam biji buah pepaya memiliki kandungan enzim sangat tinggi. Sehingga jika mengonsumsi biji ini dengan berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping.

Ambil lima biji buah pepaya yang sudah dikeringkan, lalu tumbuk bijinya hingga menjadi bubuk. Setelah itu taburkan serbuk tersebut ke dalam air hangat, selanjutnya minuman siap untuk diseduh. Lakukan hanya seminggu satu kali untuk mencegah penyakit gangguan hati. Di lain hal, Konsumsilah dalam waktu 3 hari sekali untuk pengobatan gejala gangguan hati.

3. Membantu menjaga dan melancarkan kesehatan pencernaan
Selain buah pepaya, ternyata biji buah pepaya juga memiliki kandungan senyawa alami yang baik untuk tubuh manusia, Seperti menjaga pencernaan di dalam tubuh. Tubuh manusia memiliki berbagai organ, yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda, seperti halnya usus dan lambung.

Pada organ dalam perut, seperti usus dan lambung sangat berperan sebagai organ yang berfungsi mencerna makanan. Untuk itu kita juga harus menjaga kesehatan dua organ tersebut. Lantas, bagaimana cara kita untuk menjaga fungsi lambung dan usus sebagai sistem pencernaan...?. Kita bisa mengonsumsi biji buah pepaya yang sudah ditumbuk menjadi bubuk dan dicampurkan ke dalam air, seperti halnya yang dilakukan pada poin nomor dua.

4. Untuk mencegah infeksi
Manfaat lain dari biji pepaya adalah untuk mencegah infeksi yang terjadi akibat bakteri atau luka pada tubuh kita. Kandungan papain yang terdapat di dalam biji pepaya, juga mempunyai manfaat yang ampuh untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh kita. Tentu saja sebagian orang belum  mempercayai hal tersebut.

Dalam biji buah ini memiliki beberapa unsur senyawa yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, Ambil beberapa biji pepaya yang sudah dihaluskan, lalu taburkan serbuk biji pepaya pada luka yang terdapat di tubuh.

5. Membasmi racun dalam tubuh
Setiap tubuh manusia terkadang memiliki partikel-partikel kecil dan membahayakan, salah satunya adalah racun. Manfaat yang unik di dalam biji pepaya adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh kita. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi sehat dan kuat. Kita bisa memanfaatkan serbuk biji pepaya yang sudah dihaluskan, dan ditumbuk untuk dijadikan campuran pada minuman.
Artikel Terkait