Manfaat dan Khasiat Brokoli yang Menakjubkan

image: medicalnewstoday.com
Brokoli merupakan salah satu tanaman yang memiliki ketinggian hingga 30 cm, dan memiliki bunga yang tertata rapat berwarna hijau. Brokoli memiliki nama latin yaitu Brassica Oleracea dan masuk ke dalam Family Italic, tanaman ini memiliki bentuk bunga seperti pohon besar yang memiliki daun dan batang bertumbuh lebat. Menjadikan ciri khas dari tanaman ini mudah dikenali di kalangan masyarakat. Tanaman brokoli pertama kali ditemukan di daerah laut tengah dan mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat pada zaman Yunani kuno, serta mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1970an. 

Brokoli termasuk jenis sayuran seperti kubis, kembang Kol, yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk jus, sayuran, atau dengan cara direbus maupun digoreng. Namun di antara beberapa cara tersebut, brokoli sangatlah baik jika dikonsumsi dengan cara dikukus dan dikonsumsi secara langsung. Hal ini dikarenakan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam brokoli sangat mudah hilang jika pengolahannya dipanaskan seperti digoreng dan direbus.

Sering kali kita mendengar nama tanaman brokoli yang satu ini di telinga kita. Kebanyakan jenis sayuran seperti brokoli digunakan sebagai camilan dengan cara digoreng maupun diblender dan dijadikan jus. Selain itu pengolahan brokoli sendiri juga sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, seperti untuk tumis, sayur, dan juga sebagai makanan ringan. Kandungan serat di dalam brokoli sangatlah banyak, selain untuk menjaga kesehatan, kandungan serat yang terdapat dalam brokoli juga mampu memenuhi kebutuhan serat harian kita. 

Dengan begitu, jika kita suka akan mengonsumsi brokoli, maka akan merasakan kenyang yang tahan lama, dan juga kesehatan pencernaan akan terjaga dengan baik. Selain baik untuk pencernaan, ternyata brokoli juga memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan tubuh kita. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat tersimpan di dalam brokoli, lebih baiknya mengenal dulu beberapa jenis kandungan yang tersimpan pada brokoli ini.

Brokoli mengandung banyak nutrisi dan gizi yang mampu memenuhi kebutuhan harian. Nah, apa saja kandungan tersebut, simak di bawah ini :

Pertama serat, yakni merupakan kandungan utama yang terdapat dalam brokoli. Selain serat, brokoli juga mengandung banyak nutrisi seperti energi 34 kkal, karbohidrat 6,64 g, protein 2,2 g, total lemak 0,37 g, serat 2,60 g, Vitamin C 89 mg, Vitamin A 623 IU, Vitamin E 0,17 mg, vitamin K 101 mg, folat 63 mg, niacin 0,639 mg, asam pantotenat 0,573 mg, pyridoxine 0,175 mg, riboflavin 0,117 mg, thiamin 0,071 mg. Selain itu brokoli juga mengandung beberapa senyawa elektrolit yaitu kalsium 47 mg, kalium 316 mg, sodium 33 mg, zat besi 73 mg, dan magnesium 21 mg. 

Berikut Manfaat dan khasiat brokoli untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Mengontrol kolesterol
Kandungan serat yang sangat tinggi di dalam brokoli ini, memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Selain untuk menjaga sistem pencernaan, ternyata serat yang terdapat di dalam brokoli juga mampu mencegah terjadinya penumpukan plak yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Sehingga hal itu sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Sangat disarankan bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi untuk mengonsumsi brokoli secara rutin dengan cara direbus.

2. Baik untuk kesehatan mata
Mata merupakan salah satu organ terpenting di tubuh kita. Oleh sebab itu menjaga kesehatan mata juga harus kita lakukan setiap saat, agar mata kita memiliki penglihatan yang optimal.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah menjaga asupan nutrisi tubuh kita setiap hari, salah satunya adalah menjaga asupan vitamin A. Sama persis seperti manfaat wortel yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain wortel, kita juga perlu mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A, layaknya brokoli. Brokoli dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan mata, dengan cara dimakan secara langsung atau diolah dan dijadikan jus.
image: ericareidloveskids.com
3. Sumber antioksidan
Brokoli merupakan sumber antioksidan yang alami, dan baik bagi tubuh manusia. Beberapa senyawa alami yang terdapat di dalam brokoli memiliki sifat antioksidan yang hebat. Selain itu kandungan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan di dalam brokoli, juga memiliki kadar yang tinggi. Dengan begitu mengonsumsi brokoli sangat penting untuk kita lakukan, agar kita memiliki tubuh yang kebal dan tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit berbahaya.

4. Pencegahan kanker
Kandungan Indole dan Isothiocyanate yang terdapat di dalam brokoli, memang memiliki nilai gizi sangat tinggi. Para ilmuwan biologi telah menguji coba kandungan yang terdapat di dalam brokoli, sementara para ilmuwan berpendapat bahwa kandungan senyawa dalam brokoli memiliki manfaat membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama berkhasiat untuk pencegahan penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Perlu kita ketahui, di dalam tubuh seseorang terkadang memiliki sel kanker, yang merupakan sumber dari timbulnya penyakit jika hal tersebut tak bisa dijinakkan oleh tubuh.

Nah, salah satu cara untuk menjinakkan sel kanker tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti brokoli.

5. Menjaga kesehatan jantung
Tak hanya memiliki serat, tanaman yang banyak ditemui di dataran tinggi ini, juga memiliki banyak senyawa Glucoraphanin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memanfaatkan brokoli sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung.

Ada baiknya mengonsumsi brokoli dengan cara selain digoreng. Karena jika digoreng, nantinya akan menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh kita menjadi naik, disebabkan oleh banyaknya kandungan lemak yang terdapat di brokoli setelah digoreng. Sebaiknya untuk cara ini kita disarankan mengonsumsi brokoli dengan cara dijus.

6. Mengontrol tekanan darah
Brokoli memiliki kandungan magnesium dan kalium yang sangat tinggi. Pada dasarnya gejala hipertensi juga bisa kambuh di saat kita sering stres karena masalah yang sangat besar. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah sebaiknya harus dihindarkan dari seseorang yang memiliki gejala hipertensi. Salah satu upaya untuk mengontrol tekanan darah agar tetap pada titik normal adalah mengonsumsi brokoli dalam bentuk jus maupun dikukus.

7. Menjaga kesehatan kulit
Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat, bersih, indah, dan juga terawat. Pada umumnya seseorang yang gemar menjaga kesehatan kulit adalah kaum wanita, Namun saat ini Pria pun juga banyak yang melakukan hal seperti itu. Nah bagi anda yang ingin menjaga kulit agar tetap sehat, anda dapat memanfaatkan kandungan yang terdapat di dalam brokoli. Di dalam sayuran brokoli mengandung Glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang mati. Brokoli juga mengandung banyak Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit, serta membantu mempercepat regenerasi sel pada kulit.

8. Menjaga kesehatan tulang
Selain untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai jenis penyakit, kini manfaat dari brokoli dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang terdapat dalam brokoli mencapai  47 mg. Dan itu merupakan angka yang tidak sedikit. Sebab itulah, jika kita mengonsumsi brokoli dalam jumlah satu gelas setiap hari, maka kebutuhan kalsium pada tubuh akan terpenuhi hingga 74 % setiap harinya. Mengonsumsi brokoli setiap saat dalam bentuk jus maupun dimakan secara langsung, memang sangat berpengaruh akan kesehatan dan perkembangan tulang kita.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar