Manfaat dan Khasiat Buah Ciplukan yang Jarang Diketahui

image: lampung.tribunnews.com
Tanaman buah Ciplukan sekarang banyak dicari masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Karena buah ini memiliki beberapa manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanaman ini memiliki tinggi pohon kurang dari satu meter dengan batang pohon kecil, dan memiliki buah terbungkus. Hal itu menjadi salah satu ciri yang mudah dipahami oleh seluruh penduduk yang berladang. 

Buah Ciplukan berbentuk kecil dan mempunyai warna hijau agak kekuning-kuningan jika sudah masak. Pada umumnya buah ini hanya dikonsumsi langsung sebagai camilan. Buah ini semakin diminati oleh masyarakat, karena memiliki manfaat serta khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 

Selain untuk camilan, buah ini juga memiliki kandungan yang dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit membahayakan tubuh. Terdapat kandungan alami dan senyawa aktif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti asam sitrun, elaidic acid, gula, Vitamin C, kriptoxantin, tanin, alkaloid, karotenoid, polifenol, dan asam malat. Senyawa karotenoid dan polifenol yang terdapat dalam buah ini merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Sehingga buah ini sangat efektif jika dikonsumsi oleh anak anak yang berusia di atas lima tahun. Selain itu kandungan pada buah Ciplukan juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Berikut manfaat dan khasiat buah Ciplukan yang luar biasa :

1. Mencegah kanker
Akhir-akhir ini sering terdengar di telinga kita tentang keganasan penyakit kanker. Bahkan seseorang yang mengalami penyakit kanker, keselamatan nyawanya bisa terancam, bahkan penyakit kanker diberi julukan penyakit berbahaya di dunia. Namun anda jangan khawatir, karena masalah tersebut bisa kita atasi atau kita cegah dengan cara yang sederhana. Para ilmuwan biologi mengatakan, khasiat yang terpendam di dalam buah Ciplukan mampu mengatasi sel kanker yang berkeliaran di dalam tubuh kita. Dengan begitu buah ini sangat baik dikonsumsi seseorang untuk mencegah penyakit kanker. Cara mengonsumsinya juga sangat sederhana, kita hanya meminum jus dari buah Ciplukan setiap hari secara rutin.

2. Mengobati sakit paru-paru
Salah satu gejala penyakit paru-paru adalah batuk yang tak kunjung usai. Selain itu beberapa gejala yang timbul saat menderita penyakit tersebut sangat mengganggu aktivitas. Seseorang yang menderita penyakit paru paru memang sangat membutuhkan pengobatan khusus, dan perawatan yang ekstra rutin. Selain cara alternatif, ternyata juga ada cara alami dan ternyata cara ini sangat membantu untuk mengobati paru paru. Jadi kita tidak perlu harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati penyakit ini. Buah Ciplukan banyak dicari orang, karena memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati penyakit paru paru secara internal, Dengan cara dibikin jus atau juga bisa dikonsumsi secara langsung.

3. Mencegah tekanan darah tinggi
Buah Ciplukan sangat baik dikonsumsi seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi. Salah satu risiko yang akan dialami oleh penderita hipertensi adalah stroke. Maka dari itu, mencegah penyakit darah tinggi sangat penting untuk diterapkan pada diri kita. Ciplukan, selain membuat diri kita tetap sehat, ternyata kandungan alami di dalamnya juga bermanfaat mencegah terjadinya penyakit darah tinggi. Mengonsumsi jus dari buah Ciplukan sangat disarankan untuk melakukan pencegahan penyakit darah tinggi atau hipertensi. 
image: manfaat.co.id
4. Mengobati diabetes
Banyak seseorang yang mengeluh atau menghadapi mara bahaya saat menderita penyakit seperti diabetes. Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pohon buah Ciplukan. Ambil pohon buah Ciplukan yang masih segar dan tentunya juga sudah berbuah. Manfaatkan akar pohon buah Ciplukan tersebut, cuci akar pohon Ciplukan dengan air hingga bersih. 

Ada baiknya jika kita membiarkan pohon ini terendam air hingga layu, setelah itu ambil akarnya. Lalu rebus akarnya dengan tiga gelas air bersih, diamkan selama tiga puluh menit hingga air surut menjadi satu gelas. Setelah itu diamkan air beberapa saat hingga dingin dan saring air dari hasil rebusan akar pohon tadi. Selanjutnya bisa langsung diminum oleh penderita diabetes. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari secara rutin.

5. Mengobati penyakit epilepsi atau ayan
Penyakit epilepsi atau ayan memang sudah sering terdengar di telinga kita. Udara dingin dan terkena air pada waktu malam hari merupakan salah satu penyebab kambuhnya penyakit ayan. Namun bagi seseorang yang mengalami masalah satu ini, janganlah khawatir karena kita bisa mengatasi kambuhnya penyakit ini dengan memanfaatkan buah Ciplukan. Cara mengonsumsinya juga sangat mudah, hanya saja kita perlu mengonsumsi buah Ciplukan setiap hari secara rutin.

6. Mengobati borok atau luka parah
Selain pohon, akar, dan buahnya, ternyata daun buah Ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat-obatan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kulit. Layaknya penyakit borok, yang mana disebabkan karena kulit bagian luar anggota organ tubuh mengelupas, sehingga sel kulit terbuka dan mengalami iritasi kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, kita memerlukan ramuan dari daun buah Ciplukan. 

Cara membuat ramuan tersebut sangatlah sederhana :

Siapkan daun buah Ciplukan sebanyak satu genggam dan rebus daun tersebut menggunakan air. Tapi ingat, sebelum direbus daun tersebut harus dicuci dengan air bersih. Setelah direbus hingga mendidih, air dari hasil rebusan tadi langsung kita minum setiap hari selama dua kali dalam sehari. Daun buah Ciplukan mengandung senyawa alami yang dapat membantu mempercepat reproduksi sel kulit kita yang mati akibat borok. Maka dengan mengonsumsi ramuan ini, borok kita akan cepat sembuh dan sel kulit cepat bertumbuh lagi dengan sempurna.

7. Mengatasi bisul
Daun buah Ciplukan juga tak kalah penting manfaatnya dengan buah Ciplukan sendiri. Kandungan senyawa alami yang terdapat pada tanaman buah ini sangat penting kita butuhkan. Karena kandungan tersebut sangat berperan menyembuhkan penyakit gatal gatal alergi dan bisul. Caranya cukup mudah, Ambil satu genggam daun buah Ciplukan. Lalu cuci dengan air hingga bersih, setelah itu rebus daun tersebut dengan menggunakan dua gelas air bersih, serta diamkan sampai mendidih. Setelah mendidih, air didiamkan hingga berubah menjadi dingin. Selanjutnya saring ramuan tersebut, dan minumlah setiap dua kali sehari secara rutin. 

8. Mengobati influenza
Senyawa alami dalam buah Ciplukan cukup berperan untuk mengatasi gejala flu, yang biasa menyerang tubuh kita saat musim pancaroba. Pada buah Ciplukan mengandung senyawa Flavonoid, yakni merupakan sumber utama Antioksidan. Antioksidan di dalam buah Ciplukan termasuk ke dalam golongan Antioksidan tingkat atas. Sehingga senyawa ini sangat ampuh digunakan untuk mengobati gejala influenza.

9. Mengobati sakit tenggorokan
Selain digunakan sebagai obat-obatan tradisional, ternyata buah ini juga banyak dimanfaatkan oleh pakar ilmuan biologi untuk obat / kapsul yang berbahan dasar Ciplukan. Buah ini sangat populer karena memiliki senyawa Karotenoid, yaitu berperan mengurangi rasa nyeri atau rasa sakit pada tenggorokan. Nah.. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita hanya perlu menyiapkan beberapa genggam buah Ciplukan yang sudah matang, tentunya buahnya terpilih dan masih dalam kondisi segar. Haluskan buah tersebut dengan cara diblender. Setelah halus, bisa langsung dikonsumsi tanpa harus menambahkan air ke dalamnya.
Artikel Terkait