Manfaat dan Khasiat Buah Kersen yang Menakjubkan

image: alibaba.com
Buah kersen memang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat sejak zaman dulu. Buah kersen berasal dari Belanda dan merambat ke negara Jepang dan negara Indonesia. Di Indonesia ada banyak julukan untuk menamakan buah tersebut, Ada yang menyebutnya cherry fruit, Keres, dan Kersen. Buah kersen mempunyai harga jual yang murah, karena buah ini sudah banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia, salah satunya di daerah Kepulauan Jawa. Tanaman buah kersen termasuk tanaman yang mempunyai musim tanam sangat singkat, sehingga pohon buah kersen akan berbuah di saat musim tanam itu datang. 

Biasanya puncak pemanenan buah kersen ini kebanyakan di musim panas. Buah tersebut memiliki ukuran yang kecil, dan rasanya sangat enak, manis dan segar jika kita memakan langsung dipetik dari pohonnya. Biasanya seseorang yang mengonsumsi buah ini kebanyakan dikonsumsi dengan cara dimakan langsung dan dibikin jus. Atau bahkan juga ada yang digunakan untuk menghiasi kue tar atau kue ulang tahun. Buah kersen banyak ditanam di kebun belakang rumah, di sawah, bahkan juga banyak yang menanam di depan rumah. 

Pohon buah kersen bisa tumbuh lebih besar dan memiliki daun lebat. Sehingga jika tanaman ini kita tanam di depan rumah, maka halaman rumah kita akan terlihat sejuk dan terasa nyaman. Rasa yang enak manis dan bentuk yang menarik, menjadikan buah kersen banyak diburu oleh masyarakat dan anak anak di seluruh wilayah Indonesia. Selain untuk camilan, ternyata buah kersen memiliki manfaat yang besar. Meskipun bentuknya kecil, tetapi manfaat buah kersen sangat dibutuhkan untuk pengobatan jenis penyakit yang bisa dibilang cukup bahaya. Hal tersebut dikarenakan pada buah kersen memiliki kandungan senyawa alami, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan buah kersen kini telah teruji klinis dan sangat terbukti bahwa buah ini mampu mengobati beberapa penyakit. Buah kersen memiliki senyawa alami berupa Anthocyanin, atau biasa disebut pigmen pewarna pada buah kersen. Selain itu senyawa tersebut merupakan sumber Antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita, serta dapat menangkal terjadinya radikal bebas. Senyawa Anthocyanin juga memiliki manfaat lain, yaitu memerangi rasa sakit. Namun kandungan zat asam di dalam buah kersen sangatlah tinggi, untuk itu bagi anda yang mempunyai penyakit asam lambung lebih baik menghindari mengonsumsi buah ini.

Manfaat dan Khasiat buah kersen untuk kesehatan tubuh :

1. Sebagai Antioksidan kuat
Kandungan Anthocyanin di dalam buah kersen merupakan sumber utama yang menghasilkan antioksidan kelas atas. Yang mana kandungan antioksidan pada senyawa anthocyanin memiliki manfaat lebih tajam dari pada antioksidan yang tertanam dalam vitamin C. Dengan begitu seseorang yang mengonsumsi buah kersen secara rutin, maka kesehatan tubuhnya akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu, buah kersen juga baik dikonsumsi oleh anak anak yang berusia di atas 4 tahun. Karena kebanyakan anak di usia tersebut akan sering terancam serangan bakteri atau virus akibat kurang bersihnya lingkungan dan faktor pergaulan. Mengonsumsi jus yang terbuat dari buah kersen, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita terhadap serangan berbagai jenis bakteri dan penyakit.

2. Mencegah kram perut
Sebagian dari penyebab kram perut adalah gejala penyakit ringan. Namun kram perut juga bisa terjadi dengan kondisi agak parah dan terasa lebih sakit dibandingkan dengan kram perut seperti biasanya. Kebanyakan kram perut ringan hingga kram perut yang sedang, merupakan gejala masalah pencernaan dan menstruasi. Selain itu kram perut yang lebih parah lagi dapat disebabkan oleh adanya penyakit kanker, peradangan usus, dan masalah lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Salah satu upaya sederhana untuk diterapkan adalah dengan mengonsumsi jus dari buah kersen ini. Meminum jus buah kersen setiap hari secara rutin, pastinya juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Alhasil kesehatan tubuh akan selalu terjaga, dan terbebas dari serangan penyakit.
image: livestrong.com
3. Melindungi jantung
Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam buah kersen, memang sudah dikenal banyak masyarakat sejak zaman dahulu. Para ilmuwan mengatakan, bahwa di dalam buah kersen terdapat senyawa aktif alami, dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Maka kondisi jantung akan selalu terjaga dari berbagai serangan penyakit jantung. Untuk menerapkan manfaat dalam buah kersen, kita hanya perlu memakan buah kersen sebagai camilan dan juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

4. Mengobati asam urat
Perlu anda ketahui, gejala penyakit asam urat sering muncul di saat usia kita menjelang tua. Faktor penyebab datangnya penyakit ini adalah berat badan yang berlebihan, dan faktor pola makan yang kurang baik. Untuk mencegah masalah tersebut, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat makan, salah satunya hindari memakan makanan yang dingin. 

Ada cara alami yang bisa kita terapkan untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Yaitu dengan mengonsumsi buah kersen setiap hari, baik itu dikonsumsi secara langsung atau dibikin jus buah.

5. Mengobati kanker dan Anti kanker
Kandungan di dalam buah kersen memiliki manfaat ampuh untuk mengobati kanker. Senyawa Antioksidan kuat pada buah kersen, mempunyai manfaat yang tak kalah penting dengan jenis antioksidan lainnya. Sifat antioksidan yang dihasilkan oleh buah kersen sangatlah berbeda dengan antioksidan lainnya. Karena antioksidan yang terdapat dalam buah kersen mampu memusnahkan sel kanker jahat, dan juga membantu mencegah maraknya sel kanker yang sudah berkeliaran di tubuh kita.

6. Mencegah tumor
Meskipun banyak cara alternatif lain untuk mengatasi masalah seperti ini, tetapi masih ada juga seseorang yang sering terserang ganasnya penyakit tumor. Penyakit tumor sudah dikenal sejak dahulu, dan penyakit ini tergolong penyakit cukup berbahaya. Karena penderita penyakit tumor dapat kehilangan nyawanya dalam waktu beberapa bulan. Salah satunya cara alami untuk mengatasi masalah tersebut, bisa dengan mengonsumsi jus buah kersen setiap hari secara rutin.

7. Menyembuhkan diabetes
Selain daun buah kersen, ternyata buahnya sendiri memiliki kandungan yang juga terdapat pada daun buah tersebut. Para ilmuan mengatakan, bahwa penyakit diabetes basah yang sudah membusuk, bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah kersen setiap hari secara rutin. Baik itu dikonsumsi dalam bentuk jus / minuman atau dikonsumsi secara langsung. Mengonsumsi jus buah kersen sehari sekali, sangat disarankan bagi penderita penyakit diabetes. Karena selain dapat menjaga kesehatan tubuh, buah kersen juga mampu menyembuhkan penyakit diabetes.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar