Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek Yang Luar Biasa

image: juicing-for-health.com
Buah kesemek atau biasa kebanyakan disebut buah kaki ini, memang sudah banyak kita temui di berbagai wilayah sekitar kita. Dalam bahasa inggris, buah ini disebut dengan oriental. Buah kesemek memiliki ukuran pohon yang kecil dan memiliki tinggi lebih dari 10 meter. Pohon kecil ini memiliki batang banyak bercabang, serta banyak menggugurkan dedaunannya. Pohon buah kesemek memiliki warna daun hijau agak kekuningan dan memiliki warna buah oranye yang mencolok. Menjadikan dua paduan warna terlihat penuh rupa saat musim panen tiba.

Jika sudah matang, buah kesemek memiliki warna oranye agak kemerahan dan memiliki ukuran sebesar buah apel hijau dan apel merah. Ukuran buah kesemek memang berbeda-beda, kadang kala ada yang kecil yakni berdiameter antara 2 sampai 8 sentimeter. Seseorang biasanya mengonsumsi buah kesemek dengan cara dimakan langsung dalam keadaan segar. Selain itu juga, banyak cara lain untuk mengonsumsi buah kesemek, yaitu dengan cara dihaluskan atau dibikin jus buah. Di sisi lain, pengolahan buah kesemek sendiri juga dapat dimanfaatkan sebagai selai buah, es krim, dan manisan.

Rasa manis asam bercampur dengan rasa khasnya, menjadikan salah satu ciri yang dimiliki oleh buah kesemek. Namun dengan beberapa paduan rasa tersebut, menjadikan buah tersebut memiliki rasa yang segar. Selain itu kandungan yang sangat menonjol di dalam buah kesemek adalah tanin. Buah kesemek yang memiliki usia masih muda memang memiliki kandungan tannin sangat tinggi. Kandungan tannin tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain kandungan tanin, buah ini juga diperkaya dengan senyawa karbohidrat, yakni berfungsi untuk menambah stamina pada tubuh. Kandungan vitamin A dalam buah ini juga tidaklah sedikit, dengan begitu buah kesemek juga baik untuk menjaga kesehatan mata. 

Buah yang berasal dari Tiongkok ini memang sudah lama dikenal oleh rakyat Tiongkok, bahwa buah kesemek memiliki berjuta senyawa alami serta baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Sebelum masuk ke Indonesia, buah tersebut memang menjadi salah satu buah-buahan populer di negara Jepang. Warga masyarakat Jepang sendiri juga sudah banyak yang mengonsumsinya, dengan dimanfaatkan untuk obat-obatan. Selain itu tanaman / pohon buah kesemek tak hanya harus ditanam di ladang saja, melainkan juga cocok ditanam pada halaman rumah kita. Karena pohon buah yang memiliki daun lebat dan tingginya mencapai 10 meter, membuat halaman rumah kita akan terlihat lebih sejuk dan indah.

Kandungan nutrisi pada buah kesemek :

Buah dengan ragam manfaat tersebut, ternyata juga memiliki kandungan senyawa alami dan nutrisi yang tak ternilai jumlahnya. Sehingga buah ini sangat disarankan untuk digunakan sebagai camilan rutin kita setiap hari.
Berikut adalah beberapa kandungan buah kesemek :

Buah kesemek mengandung senyawa alami seperti fruktosa, glukosa, Vitamin A, kalium, likopen, phytochemical lutein, betakaroten, serat polifenol, zat karsinogen, zat tanin, dan mengandung karbohidrat hingga 19,6 %.

Manfaat dan khasiat buah kesemek untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Menjaga kesehatan jantung
Buah kesemek diperkaya dengan kandungan polifenol. Buah yang memiliki ukuran mungil ini, ternyata juga tidak kalah penting manfaatnya dengan buah-buahan yang memiliki harga jual tinggi. Contohnya seperti buah naga dan buah anggur. Sementara manfaat polifenol adalah untuk menetralisir kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh kita. Maka dengan senyawa itu kita akan terbebas dari penyakit jantung koroner.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sangatlah penting untuk kita jalani. Karena dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh kita akan kebal terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang maksimal, tentunya kita disarankan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi. Seperti halnya buah naga, buah jeruk, dan buah kesemek. Buah kesemek memiliki senyawa polifenol dan juga vitamin C. Vitamin C tersebut merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi, dan penting untuk dibutuhkan tubuh kita, begitu pun juga dengan senyawa polifenol.
image: ediblelandscaping.com
3. Melancarkan proses metabolisme
Selain memiliki manfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh, buah kesemek juga mengandung serat dalam kadar cukup tinggi. Manfaat serat sendiri juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan kita. Mengonsumsi buah kesemek secara rutin juga sangat disarankan bagi kita yang memiliki gangguan pencernaan. Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dan juga diminum dalam bentuk jus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari memakan buah kesemek dengan cara dibikin manisan atau selai buah.

4. Anti tumor
Manfaat buah kesemek sebagai anti-tumor memang belum diketahui oleh banyak orang. Meskipun banyak orang yang belum mengerti, buah yang memiliki harga jual terjangkau dan ada di mana-mana ini, memang tidak bisa kita remehkan manfaatnya. Studi biologi dari Indonesia telah menguji kandungan yang ada dalam buah kesemek. Dan hasilnya sangat luar biasa. Buah yang memiliki rasa asam ini, ternyata juga memiliki senyawa Likopen tinggi, sehingga tak hanya mampu untuk mencegah penyakit tumor saja, melainkan juga dapat mencegah penyakit kanker yang dapat membahayakan diri kita.

5. Menstabilkan tekanan darah
Senyawa alami yang terdapat di dalam buah kesemek, juga memiliki sifat sebagai senyawa untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan senyawa tersebut, buah ini sangat bermanfaat untuk seseorang yang mengalami gejala hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Untuk menghindari masalah hipertensi, sebaiknya penderita gejala darah tinggi disarankan mengonsumsi buah kesemek setiap hari.

6. Mencegah penyakit kanker
Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini, ternyata mempunyai kandungan likopen yang tersembunyi di dalamnya. Senyawa likopen mempunyai peran sangat penting dalam tubuh manusia. Karena senyawa ini memiliki sifat sebagai antioksidan yang kuat terhadap serangan penyakit berbahaya. Sehingga dengan senyawa likopen, tubuh kita akan menjadi kebal terhadap serangan kanker jahat.

7. Memperlambat penuaan dini
Usia muda adalah salah satu usia yang sudah pasti kita lewati. Setiap orang dalam waktu seumur hidupnya, tentunya pernah mengalami masa-masa muda. Namun di saat kita berusia muda, tidak selalu wajah dan tubuh kita terlihat lebih segar dari pada orang yang memiliki usia lebih tua. Banyak sekali orang berusia muda, namun memiliki kekurangan seperti munculnya gangguan kesehatan, akhirnya menjadikan penampilan terlihat lebih tua, atau biasa disebut penuaan dini.

Untuk mengatasi hal tersebut, memang kita memerlukan beberapa hal untuk kita terapkan. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan, dan juga menjaga kesehatan lingkungan dengan baik. Namun bagi anda yang memiliki masalah seperti di atas, janganlah terlalu panik, anda bisa memanfaatkan buah kesemek sebagai makanan atau camilan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu buah kesemek juga dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini, sehingga tubuh kita akan terlihat lebih muda dan juga menawan.

8. Untuk diabetes
Seseorang yang mengalami gejala penyakit diabetes, tentunya orang tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi. Beberapa penelitian mengatakan, seseorang yang mengalami penyakit seperti ini bisa dikarenakan asupan Betakaroten nya kurang baik. Pada akhirnya kadar gula dalam darah tidak bisa terkontrol dengan baik, akibatnya penyakit diabetes akan datang dan menyerang.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya salah satu hal penting adalah menjaga asupan beta-karoten di dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi buah kesemek ini secara rutin, maka kebutuhan nutrisi beta-karoten pada tubuh akan tetap terjaga dengan stabil. Karena buah kesemek sudah diuji oleh studi pakar biologi, bahwa kandungan beta-karoten yang terdapat di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar