Manfaat dan Khasiat Buah Pala yang Mengagumkan

image: epicurus.com
Buah pala, merupakan salah satu tumbuhan buah yang memiliki pohon dengan ketinggian mencapai 8 sampai 9 meter. Buah pala atau pala mempunyai nama latin ( Myristica Fragrans ). Tumbuhan ini berasal dari Kepulauan Banda, di Maluku. Buah ini termasuk buah-buahan yang juga penting dibutuhkan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Karena hal tersebut, buah ini termasuk rempah-rempah yang diperdagangkan sejak zaman Romawi dahulu. Dengan begitu, buah pala memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tak hanya di Indonesia, melainkan sejak zaman dahulu pohon buah pala sudah menyebar luas di berbagai wilayah di Eropa, yang beriklim tropis seperti di Mauritius, dan Karibia. Pohon buah pala terbagi menjadi dua jenis, yaitu pohon betina dan pohon jantan. Meskipun pohon ini terbagi menjadi dua golongan atau berumah dua, namun yang membedakan keduanya adalah letak dari cabang pohon tersebut. 

Pohon pala jantan memiliki cabang agak tumbuh dan membelok ke atas, selain itu pohonnya juga tumbuh lebih tinggi. Kalau pohon pala yang betina cenderung memiliki batang pohon rendah, sehingga cabang yang terdapat di pohon ini juga sangat rendah dan tidak membentuk sudut lancip seperti pohon pala jantan. Memang keduanya sama-sama bisa tumbuh subur dan mengeluarkan hasilnya. Pohon pala dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Dengan begitu pada lahan yang memiliki dataran rendah, sangat cocok ditanami pohon buah pala. 

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita sering menemui beberapa buah-buahan yang dapat tumbuh secara liar, bahkan buah-buahan tersebut sangat diminati orang banyak karena memiliki rasa yang enak. Namun perlu anda ketahui, tidak semua buah-buahan itu disarankan dikonsumsi secara langsung. Selain menyehatkan, setiap orang pasti juga memiliki berbagai cara yang berbeda beda untuk menikmati buah-buahan. 

Salah satu contohnya adalah buah pala, Buah pala termasuk salah satu jenis buah-buahan yang memiliki tekstur permukaan kulit keras. Kebanyakan masyarakat di berbagi wilayah hanya memanfaatkan biji buah pala. Yakni untuk dijadikan rempah-rempah yang mempunyai aroma sedap, dan cocok untuk bahan baku masakan. Seperti untuk memasak ikan, ayam, daging, serta masakan lainnya. 

Selain itu, manfaat dari buah pala juga dapat dijadikan sebagai ramuan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Ada berbagai cara yang sangat sederhana untuk memanfaatkan buah pala sebagai ramuan herbal untuk menjaga kesehatan. Sebelum kita membahas manfaat pada buah pala, alangkah baiknya mengetahui senyawa dalam buah pala tersebut.

Kandungan yang terdapat di dalam buah pala antara lain Vitamin C 22 mg, Vitamin A 29 UI, Zat besi 2 mg, Kalsium 32 mg, energi 42 kkal, protein 0,3 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 11 gr. Selain mengandung beberapa nilai gizi, ternyata di dalam biji buah pala juga terdapat minyak atsiri 7-14%. Makanya tak heran jika banyak masyarakat yang mengatakan, bahwa buah pala memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat dan Khasiat buah pala untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Menghilangkan masuk angin
Beberapa faktor penyebab masuk angin, kini telah menjadi kebiasaan seseorang yang memiliki ukuran badan lebih dari normal. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa memanfaatkan buah pala sebagai obat alami untuk menghilangkan kembung atau masuk angin. Rebus biji buah pala yang sudah dikupas dari kulitnya, tunggu air tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, air bisa didiamkan beberapa menit hingga suhunya turun menjadi dingin. Selanjutnya saring air tersebut dan minum setiap gejala masuk angin berlangsung.

2. Mengatasi insomnia
Insomnia atau penyakit yang memiliki gejala tidak bisa tidur, adalah salah satu penyakit ringan yang lama kelamaan akan bisa menimbulkan efek penyakit berbahaya di dalam tubuh. Karena hal tersebut, kita jangan menganggap penyakit insomnia adalah penyakit sepele. Bagi anda yang memiliki penyakit seperti itu, janganlah anda terlalu khawatir. Karena sebenarnya insomnia itu bisa kita atasi dengan berolahraga secara rutin. Namun cara lain untuk mengatasi penyakit insomnia adalah dengan mengonsumsi air dari hasil rebusan buah pala.
image: ceylonwinnaturalfoods.com
3. Menambah nafsu makan
Kandungan enzim Lipase yang terdapat di dalam buah pala memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata manfaat senyawa alami tersebut adalah untuk mendorong dan meningkatkan nafsu makan kita setiap harinya. Dengan begitu mengonsumsi buah pala, baik itu dalam bentuk sirup maupun air dari hasil perasan buah tersebut, maka tubuh kita akan menjadi sehat dan tentunya pola makan akan membaik.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat yang dimiliki oleh buah pala ini juga tak kalah penting manfaatnya dengan kandungan senyawa alami lainnya. Bagi seseorang yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, akan mengalami sakit perut, bab tidak lancar, dan kurangnya nafsu makan. Nah, jika anda salah satu orang yang memiliki gejala tersebut, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi sirup buah pala.

5. Menghilangkan nyeri
Rasa nyeri seringkali timbul pada seseorang jika orang tersebut memiliki kesehatan tubuh tidak maksimal. Contohnya seperti asam urat, nyeri saat rematik kambuh, dan nyeri saat mengalami haid. Untuk mengatasi nyeri yang terjadi karena beberapa gejala tersebut, sebaiknya menggunakan manfaat dari buah pala ini. Yaitu dengan cara direbus buahnya hingga mendidih, dan disaring airnya. Setelah itu bisa langsung dikonsumsi setiap rasa nyeri kambuh.

6. Meredakan asam lambung
Bagi penderita asam lambung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Manfaat dari buah pala ternyata juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan asam lambung.

Caranya juga sangat mudah. Siapkan satu gelas air panas, satu buah pala yang sudah berumur tua, pisang batu 20 gram. Tumbuk buah pala yang sudah tua hingga lembut, lalu taburkan serbuk buah pala yang sudah lembut tadi ke dalam satu gelas air panas. Tambahkan potongan pisang batu ke dalam gelas dan aduk hingga merata, setelah itu ramuan dapat diminum pada saat kondisi air masih hangat.

7. Menyehatkan tulang
Kandungan kalsium yang terdapat di dalam buah pala, ternyata juga memiliki manfaat yang tak ternilai harganya. Kandungan senyawa kalsium pada umumnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu, seseorang yang mengonsumsi buah pala setiap hari secara rutin, maka kesehatan tulang di dalam tubuh akan terjaga, dan tetap dalam kondisi kuat di saat usia menjelang tua.

8. Menjaga kesehatan kulit
Buah pala memiliki kandungan vitamin C dan juga Vitamin A. Manfaat vitamin C sendiri adalah sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan sel kulit di tubuh kita. Selain itu perawatan kulit yang rutin juga banyak diperlukan asupan vitamin A. Secara umum manfaat vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Namun selain itu manfaat lain dari vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab itulah kulit akan menjadi bersih, sehat, dan terlihat lembab.

9. Melancarkan peredaran darah
Perlu anda ketahui, ternyata manfaat dari buah pala tak hanya untuk menyembuhkan penyakit berbahaya, melainkan dapat digunakan untuk menjaga sistem kelancaran peredaran darah dalam tubuh manusia. Mengonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari buah pala, secara tidak langsung akan membantu kelancaran sistem peredaran darah yang terdapat di dalam tubuh. Pada akhirnya tubuh kita akan terasa nyaman dan terhindar dari risiko stroke.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak
Buah pala memiliki kandungan vitamin C, yang merupakan sumber utama antioksidan. Senyawa yang bersifat antioksidan ini sangat penting dibutuhkan untuk mencukupi asupan gizi anak di bawah umur. Oleh karenanya, bagi anak yang memiliki asupan gizi tercukupi, maka anak tersebut akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, serta bisa membantu menangkal serangan bakteri penyebab penyakit.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar