Manfaat dan Khasiat Kangkung yang Luar Biasa

image: orientalproduce.com.au
Kangkung, Nama kangkung memang sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita, jenis tanaman yang satu ini memang sudah banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Tanaman kangkung merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam bangsa sayur-sayuran yang mempunyai nama latin Convolvulaceae. Tanaman ini sudah banyak ditemui di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah yang memiliki aliran air dengan baik. Selain di pedesaan, kangkung juga banyak ditemui di pasar tradisional, hingga ke supermarket sayuran. Dari zaman dahulu nama sayuran yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai olahan untuk bahan baku masakan yang ada di dapur, cara penyajiannya juga ada berbagai macam, seperti tumis kangkung, kulup, cah, dan lalapan. 

Pada umumnya tanaman kangkung yang banyak dijual di pasaran memiliki dua jenis. Yang pertama adalah kangkung yang biasanya kita temukan berdaun panjang dan berbentuk seperti anak panah. Dan satunya lagi adalah kangkung yang memiliki daun sempit namun panjang. Kedua kangkung tersebut sudah menjadi populer untuk dijadikan menu masakan, dan memiliki rasa yang enak serta gurih jika cara memasaknya tepat. Hal itu menjadikan kangkung ini sangat laris di pasaran. Pada awalnya kangkung berasal dari negara India, kemudian disebarluaskan ke beberapa negara seperti negara Malaysia, China selatan, Indonesia dan Australia. Untuk membudidayakan tanaman kangkung, tidak perlu lahan yang baru dan tanah yang dalam kondisi penuh terawat seperti halnya menanam bawang merah.

Namun dengan keterbatasan alat yang sederhana, kita juga masih bisa menanam tanaman ini dengan subur. Tidak perlu untuk memberi pupuk dengan rutin, tetapi yang menjamin tanaman ini menjadi subur adalah jika kita menanam tanaman kangkung dengan kadar air di dalam tanah yang cukup. Kangkung dapat hidup subur di tanah yang mempunyai kadar air sedang, artinya tidak terlalu mengandung banyak air dan juga tidak kekurangan asupan air. 

Di pasar sayuran harga jual sayur kangkung juga sangat bervariasi, mulai di daerah pedesaan harganya bisa sangat murah sekali dibandingkan dengan perkotaan. 

Selanjutnya kita akan mengenali tentang manfaat yang ada di dalam sayuran kangkung. Para ilmuwan dan Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua II PDPKT, telah menguji bahwa di dalam tanaman ini memiliki unsur senyawa yang alami. Dan itu sangat baik untuk menjaga kesehatan pertumbuhan tubuh manusia. Salah satu khasiat kangkung yang paling baik dan sangat populer adalah untuk penangkal racun di dalam tubuh, karena sifat dari senyawa yang ada dalam kangkung memiliki sifat sedatif. Yang mana senyawa tersebut mampu membawa zat yang berbahaya tersebut ke dalam saluran pencernaan dan membuangnya. Sehingga dengan kemampuan tersebut, kangkung sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang mengalami keracunan makanan.

Sementara kangkung telah diuji oleh studi ternama di kawasan Jawa tengah, dan dengan hasil eksperimen tersebut ternyata di dalam tanaman kangkung terdapat berbagai jenis senyawa yang alami. Seperti kalori 50 kkal, protein 3,3 gr, lemak 0,7 gram, karbohidrat 10 gr, serat kasar 2,0 gram. Selain mengandung gizi, pada sayuran kangkung juga mengandung vitamin yang banyak manfaatnya untuk kesehatan kita terutama adalah vitamin A. Vitamin A yang terdapat di dalam kangkung mencapai 15379 UI, dan ini adalah salah satu sayuran yang bagus untuk dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki gangguan kesehatan, seperti kekurangan asupan vitamin A.

Selain itu kangkung juga mengandung vitamin C 120 mg, Vitamin K 817 mcg, Vitamin B 0,1 mg (Thiamin), Vitamin B2 0,1 mg (Riboflavin), Vitamin B3 1,0 mg (Niasin/potassium), Vitamin B5 0,1 mg (Asam pantotenat), Vitamin B6 0,3 mg (piridoksin), Vitamin B8 29 mcg (inositol). Seperti data nutrisi yang terdapat di atas, maka sangat terbukti kalau sayur kangkung mempunyai khasiat dan kegunaan yang tak ternilai di mata kita.

Berikut manfaat dan khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Menurunkan kadar kolesterol
Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi seringkali orang tersebut dikaitkan dengan risiko gejala penyakit jantung. Hal tersebut memang sangatlah benar, di mana seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka saluran pembuluh arteri yang menyalurkan antara jantung ke seluruh tubuh dapat mengecil atau tersumbat oleh tumpukan plak lemak jahat tersebut. Nah.. bagi anda yang mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh, sebaiknya segera menurunkan kadar kolesterol tersebut dengan cara alami, yaitu dengan memperbanyak konsumsi kangkung secara rutin.
image: bunda.co
2. Menjaga kesehatan mata
Pada kangkung terdapat Vitamin A lebih dari 15000 IU, hal tersebut sangat membuktikan bahwa kangkung adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dalam sejarah masyarakat, salah satu sayur yang memiliki kandungan vitamin A tinggi adalah wortel, sehingga seseorang banyak yang mempercayai  bahwa wortel juga memang sangat baik untuk mata.

Namun kadar vitamin A yang terdapat di dalam wortel belum sebanding dengan sayuran kangkung. Bahkan kandungan vitamin A yang terdapat di dalam kangkung tersebut lebih banyak hingga lima kali lipat dibandingkan dengan sayuran atau buah-buahan lainnya.

3. Menangkal racun di dalam tubuh
Anda pernah mengalami gejala seperti keluarnya keringat dingin, pusing, pandangan kabur, mual, dan badan terasa lemas.???. Bagi anda yang mengalami gejala seperti itu, kemungkinan besar mengalami keracunan, baik itu keracunan makanan ataupun juga dapat keracunan akibat suatu bakteri atau virus yang bertebaran di udara.

Untuk mengatasi masalah tersebut baik itu keracunan makanan atau yang lain, kita bisa memanfaatkan tanaman kangkung sebagai obat yang alami. Caranya juga sangat sederhana, ambil akar tanaman kangkung 500 gram, daun kangkung, dan batang kangkung. Cuci ketiga bahan tersebut dengan air bersih, kemudian haluskan semua bahan tersebut menjadi satu dan dicampur dengan satu gelas air. Setelah tercampur rata, air campuran bahan tersebut langsung bisa diminum tanpa harus disaring.

4. Sebagai sayuran alami untuk mengatasi gangguan insomnia
Salah satu penyebab hilangnya konsentrasi untuk tidur adalah mengalami insomnia yang diakibatkan oleh beberapa hal. Demikian sangat penting bagi kita menjadi sebuah masalah yang tidak sepele. Faktor risiko lain bagi penderita insomnia sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya seseorang yang mengalami masalah seperti ini, akan sulit baginya untuk melepaskan penat seusai pulang dari kerja.

Seseorang yang mengalami masalah seperti dengan hal di atas, bisa memanfaatkan sayur kangkung untuk dijadikan solusi terbaik mengatasi insomnia. Caranya sangat mudah, hanya saja kita harus sering mengonsumsi tumis kangkung, sub kangkung, atau jenis masakan lainnya yang bahan dasarnya juga harus dari kangkung.

5. Sebagai antioksidan
Kandungan vitamin C dan beta-karoten di dalam kangkung memang sangat tinggi, dan manfaat dari kedua senyawa tersebut adalah sebagai penangkal virus atau bakteri jahat yang dapat masuk ke tubuh kita melalui udara ataupun makanan. Nah, dengan kandungan tersebut tentunya sayur kangkung sangat penting untuk kita butuhkan. Selain untuk menjaga kesehatan mata, ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai antioksidan.

6. Mengatasi gangguan susah buang air besar
Manfaat sayur kangkung yang satu ini adalah sebagai obat herbal untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Kandungan serat tinggi di dalam kangkung sangat baik jika bisa memanfaatkan kandungan tersebut. Dengan begitu bagi teman anda, saudara, famili anda, atau bahkan anda sendiri yang sedang membaca artikel ini mengalami masalah sembelit, sebaiknya dengan secepatnya diatasi. Karena meskipun gejala ini terlihat ringan dan sepele, tetapi di balik itu semua kesehatan sistem pencernaan akan menurun. Pada akhirnya sangat rawan terjadinya penyakit lain yang dapat menyerang diri kita.

7. Menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan salah satu komponen di dalam tubuh kita yang mempunyai fungsi utama sangat vital dan kompleks. Untuk itu disarankan bagi kita menjaga kesehatan jantung di setiap hari, lebih-lebih kalau kita seorang perokok aktif. 80% seseorang meninggal dunia disebabkan oleh risiko efek samping penyakit jantung, yang salah satunya diakibatkan oleh rokok. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita segera berhenti merokok dan diimbangi mengonsumsi daun kangkung sebagai masakan sehari hari.

Pada saat kita berhenti merokok, itu sama halnya kita mencegah terjadinya efek buruk yang diakibatkan oleh rokok tersebut. Sementara dalam sayuran kangkung terdapat Vitamin C dan Betakaroten sangat tinggi. Dengan begitu, manfaat dari mengonsumsi sayuran kangkung akan bisa membantu memulihkan gangguan kesehatan jantung, sehingga jantung akan kembali dalam keadaan normal dan sehat kembali.
Artikel Terkait