Manfaat dan Khasiat Mentimun (Ketimun) yang Luar Biasa

image: sekrety-zdrowia.org
Ketimun atau mentimun sudah seringkali kita jumpai di sekeliling kita, tanaman ini termasuk ke dalam keluarga cucumis sativus. Ketimun merupakan salah satu tanaman yang memiliki buah dapat dimakan seperti dengan buah lainnya. Biasanya ketimun dipanen pada saat usianya 80% masak, dengan begitu membuat mentimun menjadi lebih lama untuk disimpan di tempat penyimpanan. Ketimun sendiri juga sudah banyak ditemui di belahan dunia yang beriklim tropis, seperti di Indonesia dan sekitarnya. Tanaman mentimun memiliki pohon yang merambat seperti labu, dan memiliki panjang pohon berkisar dua meter. Timun juga merupakan salah satu tanaman yang tergolong ke dalam buah-buahan, namun karena memiliki rasa tidak manis, menjadikan timun banyak dikonsumsi sebagai campuran rujak buah, sayuran, maupun masakan lainnya. 

Di negara Indonesia sendiri ketimun sudah lama dibudidayakan, karena selain memiliki harga yang bisa dibilang mahal, mentimun juga tidak memerlukan kemanjaan dalam penanamannya. Tidak perlu banyak pupuk, dan juga memiliki hasil yang maksimal, menjadikan sebagian petani memilih untuk menanam tanaman ketimun. Ketimun memiliki bentuk bulat panjang dan berwarna hijau muda, dengan paduan warna putih jika ketimun sudah matang atau tua, dan memiliki warna hijau tua untuk ketimun yang masih muda. Kadungan air di dalam mentimun memang sangatlah tinggi, dengan begitu  seseorang yang mengonsumsi ketimun secara langsung akan menyembuhkan atau mengatasi rasa haus di tubuh. Meskipun rasanya juga sedikit ada pahitnya, namun kandungan nutrisi pada mentimun cukup kompleks.

Selain dikonsumsi secara langsung, ketimun ternyata juga dapat diolah menjadi aneka macam pelengkap lauk pauk, seperti untuk sayuran, lalapan, dikukus, dan sebagai acar. Perlu anda ketahui, untuk memilih ketimun di pasaran memang memerlukan tips khusus, karena mentimun terjual di pasaran biasanya ada dua pilihan. Yaitu ketimun yang belum matang atau belum masak, dan yang satunya ketimun yang sudah masak atau yang siap untuk dikonsumsi. Ketimun yang belum matang jika dikonsumsi memang memiliki rasa yang sedikit agak pahit, tidak memiliki rasa segar jika dibandingkan dengan ketimun yang sudah matang dengan sempurna. 

Mentimun sudah banyak dikenal sebagai buah-buahan memiliki rasa yang pas jika digunakan sebagai sayuran. Namun di sisi lain, meskipun mentimun merupakan buah-buahan yang jarang dikonsumsi oleh seseorang, ternyata ketimun memiliki manfaat yang dahsyat untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti untuk melepas dahaga, kandungan air di dalam ketimun ini sangatlah tinggi, dan juga serat yang dimiliki oleh ketimun juga tak kalah dengan manfaat buah lainnya yang kaya akan serat. Jika seseorang mengonsumsi ketimun dengan jumlah lebih dari satu biji atau dua biji, maka seseorang tersebut akan merasakan kenyang lebih lama. 

Kandungan mentimun yang sehat :

Selain mengandung mineral dan serat yang sangat tinggi, ternyata mentimun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti energi, karbohidrat, protein, lemak total, serat makan, vitamin A, Vitamin C, folat, niacin, thiamin, vitamin E, Vitamin K, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, mangan, sodium, karotin, seng, kriptoxantin, lutein, serta zeaxanthin. Maka dengan banyaknya kandungan tersebut, menjadikan ketimun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti di bawah ini.

Manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan tubuh kita :

1. Menjaga kesehatan jantung
Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam ketimun memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain untuk mencegah penyakit ringan, ternyata ketimun juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ketimun dengan rutin sama dengan kita memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sehingga kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga, begitu pula dengan jantung kita.
image: trimdownclub.com
2. Memenuhi asupan air yang mudah hilang dalam tubuh
Ketika tubuh kita mengalami lelah atau pembakaran yang berlebihan, tentunya produksi keringat pada tubuh semakin meningkat. Hal ini sangat berkaitan dengan kandungan air yang ada di dalam tubuh kita akan terkuras sehingga cepat habis. Risikonya jika kita mengalami masalah seperti ini, maka tubuh akan mengalami kekurangan ion yang ditandakan dengan kondisi tubuh semakin melemas, hilangnya energi, dan rasa haus yang berlebihan.

Nah... bagi anda yang pernah mengalami masalah seperti ini, maka dengan cepat dan sigap sebaiknya segera mengonsumsi  mentimun dengan cara dimakan secara langsung. Kandungan air dan nutrisi yang banyak di dalam ketimun, sangat bermanfaat untuk membantu menggantikan cairan yang hilang pada tubuh.

3. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang
Mentimun merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Seperti yang dikatakan oleh ilmuwan kesehatan, tubuh kita ini sangat memerlukan berbagai jenis asupan nutrisi, dan salah satunya adalah kalsium. Kalsium sangat diperlukan bagi tubuh kita, karena gizi seperti ini memiliki peranan penting untuk membantu pembentukan sel pada gigi dan tulang.

4. Menyehatkan sistem pencernaan makanan
Kandungan serat yang terdapat di dalam ketimun tidaklah sedikit, makanan alami yang biasa digunakan sebagai bahan sayuran ini memiliki kandungan air dan serat yang sangat banyak. Ketimun selain dijadikan sebagai makanan ringan, ternyata juga dapat digunakan sebagai solusi yang baik untuk sistem pencernaan makanan. Mengonsumsi mentimun selain menyehatkan kulit, juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh kita.

5. Mengurangi lingkaran hitam pada mata
Selain memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, ternyata ketimun juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan kulit pada wajah kita. Seperti membuat kulit menjadi lembab, segar, dan menghilangkan lingkar hitam pada sekeliling mata.

Sebaiknya jika ingin memanfaatkan ketimun sebagai ramuan alami untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata, alangkah lebih baiknya memilih mentimun yang masih segar dan bersih dari pestisida.

6. Mencegah kulit keriput
Manfaat ketimun juga cukup baik untuk mencegah kulit yang keriput. Beberapa pakar biologi mengatakan, bahwa kandungan yang terdapat di dalam mentimun memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sehingga sebagian besar pabrik kosmetik, seperti hand body kebanyakan memanfaatkan kandungan yang ada di dalam ketimun. Yakni untuk diekstrak menjadi sebuah produk yang dipasarkan di berbagai wilayah di Indonesia.

‘’Sebagian besar makanan alami memang banyak memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh kita’’

Salah satu manfaat luar biasa yang terdapat di dalam ketimun ini memang sangat berperan untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit kita tidak berkerut. Cara pengaplikasiannya juga sederhana. Ambil buah mentimun yang masih segar dan sudah masak pastinya, lalu potong ketimun tersebut membentuk lingkaran yang tipis. Setelah itu tempelkan pada kulit wajah kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa menggunakan cara ini setiap hari pada saat malam hari.

7. Manfaat mentimun untuk kesehatan otak
Di dalam ketimun mengandung zat flavonoid yang sangat berperan sebagai senyawa meningkatkan memori di dalam otak manusia. Selain itu manfaat dari senyawa flavonoid juga dapat melindungi sel-sel saraf diakibatkan karena penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan faktor usia. Kandungan tembaga di dalam ketimun juga dapat membantu menghambat penyakit alzheimer. Dengan begitu mengonsumsi mentimun secara rutin maka kesehatan otak akan selalu terjaga dengan baik.

8. Dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan betakaroten, zeaxanthin, dan lutein merupakan salah satu senyawa alami yang terdapat di dalam mentimun. Sifat dari senyawa ini adalah sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh manusia. Ketiga senyawa tersebut sangat berguna untuk menghalau radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu manfaat dari kandungan senyawa tersebut  juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung dan mencegah gejala kanker.
Artikel Terkait