7 Alasan Penting Anda Harus Makan Dengan Perlahan

image: huffingtonpost.ca
Orang selalu memilih makanan yang baik untuk kesehatannya, sehingga tetap terjaga kebugarannya. Ada yang memilih makan makanan bergizi, berserat, berprotein, dan lain sebagainya.

Namun perlu Anda ketahui, cara makan juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Seperti halnya makan terlalu cepat, maka dapat mengakibatkan obesitas. Selain itu, jika makanan yang masuk ke dalam perut masih belum hancur atau belum lembut, maka dapat mengalami masalah pada pencernaan.

Karena hal tersebut, menjadikan proses pencernaan juga akan berlangsung lama. Dengan begitu aktivitas Anda pasti akan sedikit terganggu karena perut kurang nyaman. Bahkan bila sudah dicerna, ketika Anda buang air besar pun juga akan susah. Oleh karena itu, kita diharuskan makan dengan perlahan, agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Di sisi lain, ada beberapa alasan kenapa kita harus makan dengan pelan-pelan (tidak tergesa-gesa).

Berikut ini ulasannya :

1. Mempermudah Untuk Berhenti Makan
Secara bersamaan dengan pencernaan, Tubuh akan melepaskan hormon-hormon yang berfungsi sebagai sinyal untuk menginformasikan ke otak bahwa perut telah terisi penuh. Informasi tersebut akan diterima otak dengan jarak waktu 20 menit ketika Anda mulai makan.
Maka dari itu jika Anda makan dengan cepat, akan banyak juga makanan yang dikonsumsi sebelum otak memberi isyarat bahwa perut sudah kenyang. Pastinya kita dulu waktu kecil pernah makan selama lebih dari 20 menit. Setelah 20 menit tersebut, pasti sudah tidak nafsu lagi untuk makan.

2. Agar Tidak Tersedak
Masalah satu ini pasti Anda dapat memikirkannya secara logika. Dengan makan terlalu cepat, maka akan menelan makanan yang belum hancur atau belum lembut. Dan dengan banyaknya makanan yang terus dimasukkan ke mulut, akan mengakibatkan tersangkutnya makanan di tenggorokan. Bahkan bisa juga memasuki saluran yang salah, seperti saluran udara atau paru-paru pada kerongkongan. Perlu kita ketahui, tersedak merupakan penyebab kematian dengan tingkat nomor 4, yang terjadi dengan tidak sengaja.

3. Mengurangi Stres
Duduklah, ambil nafas secara perlahan dan rileks, tenangkan tubuh serta pikiran Anda. Kemudian mulailah makan dengan perlahan, nikmati makanan Anda. Hal tersebut akan memberi respon pada tubuh tentang sajian dan aroma makanan dengan cara melepaskan cairan pencernaan serta enzim.

Dengan menikmati makanan atau menghayati proses ketika makan, Akan membantu tubuh atau menjadikan kehidupan Anda berjalan lebih baik. Setelah makan dengan cara menikmatinya, maka sudah dipastikan kita akan merasa lebih puas dan nyaman.

4. Terhindar Dari Masalah Sendawa
Ada banyak sekali penyebab sendawa, tetapi penyebab utamanya karena makan atau minum terlalu cepat. Perhatikan baik-baik ketika kita makan atau minum dengan cepat, pastinya secara tidak sadar akan menelan udara, dan selesai makan pasti akan bersendawa.

Nah, Dengan makan atau minum secara perlahan, akan mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh.

5. Baik Untuk Proses Penyerapan Gizi
Perlu diketahui, Bahwa mulut sudah melakukan penyerapan gizi meski makanan masih di dalam mulut. Sementara dengan mengunyah secara perlahan, akan membantu proses penyerapan tersebut. Namun sebaliknya, jika makan dengan terburu-buru, maka gizi dalam makanan tidak akan terserap secara maksimal.

6. Bagus Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi
Ketika Anda mengunyah, tentu akan melibatkan rongga mulut, gigi, dan air liur. Ketika mengunyah makanan, ibaratkan saja gigi Anda sedang melakukan olahraga. Semakin lama berolahraga, semakin kuat juga gigi Anda. Enzim yang dikeluarkan oleh Saliva (air liur) ketika mengunyah bisa memberikan efek yang baik. Selain berguna untuk pelumas agar makanan mudah ditelan, Enzim tersebut juga berguna untuk membersihkan bakteri yang berdampak buruk pada gigi, seperti plak dan karang gigi.

7. Proses Pencernaan yang Lebih Baik
Seperti telah disinggung di atas, jika kita tidak makan dengan perlahan, akhirnya makanan yang masuk ke dalam tenggorokan menuju usus belum sepenuhnya hancur, serta akan memperlambat proses pencernaan.

Sebenarnya makan itu ada aturannya, setiap orang diharuskan makan dengan perlahan, mengunyah makanan hingga benar-benar halus, atau mengunyah sekitar 32 kali. Namun sayang, masih banyak orang yang makan hanya beberapa kali kunyah saja, karena sejak kecil sudah terbiasa seperti itu.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar