Anak Takut Air Saat di Kolam Renang..? Begini Solusinya

image: asianetindia.com
Demi membangun tingkat keberanian dan kepercayaan diri anak, maka jangan bimbang untuk sesekali mengajaknya berenang bersama. Namun sebagai orang tua, langkah yang dipikirkan adalah bagaimana cara memperkenalkannya berenang di kolam renang ini. Karena banyak pula anak-anak yang langsung menangis dan takut saat dihadapkan pada sebuah kolam renang.

Bahkan belum juga masuk ke dalam air kolam renang, mereka langsung berontak sambil menangis, seakan-akan ingin menjauhinya. Sehingga mau tidak mau sebagai orang tua, anda harus mendidiknya agar tangisannya bisa berhenti dan tak lagi merasa ketakutan. Memang sudah sewajarnya hal itu terjadi. Mungkin saja ia kaget/terkejut melihat bentuk kolamnya, atau  mungkin juga merasa takut akan air di kolam, hingga ia enggan untuk mencoba berenang.

Tenang saja, Untuk mengatasi Si kecil saat takut dengan air dan tak mau diajak berenang bersama, Ada tahapan khusus sebagai solusi  tepat dan mampu mengubah tingkat kepercayaan diri anak. Sehingga mereka lebih berani untuk mencoba suatu hal yang baru, terlebih lagi bisa berenang dengan penuh keceriaan.

Inilah cara untuk mengatasi anak saat merasa takut ketika diajak  berenang, demi melatih tingkat kepercayaan dirinya.

1. Jangan Tergesa-gesa Memasukkan Anak Ke Dalam Air
Saat baru pertama anak menginjak kolam renang dan anda sebagai orang tua hendak memperkenalkannya, Maka jangan sampai Si kecil langsung diceburkan ke dalam air kolam. Karena jika hal itu dilakukan, maka anak bisa langsung kaget karena belum terbiasa. Langkah tepat untuk merayu anak agar berani berenang, ingatlah hal-hal berikut :

a. Ajak Si Kecil Melihat Suasana Di Sekitar Kolam Renang
Dengan terlebih dahulu mengajak anak untuk mengitari suasana di sekitar kolam renang, akan menjadikan perasaan anak bisa lebih gembira dan tenang. Apalagi diselingi dengan senda gurau, maka akan menstimulasi kepercayaan dirinya untuk tumbuh.

b. Buatlah Anak Bermain-main Dengan Air
Di sini maksudnya, setelah mengajak Si kecil jalan-jalan melihat sekitar kolam, Langkah selanjutnya mengajaknya sedikit demi sedikit untuk mendekati bibir kolam, Namun jangan sampai langsung memasukkannya. Pilihlah kolam yang paling dangkal, dudukkanlah atau ajak ia berada di bibir kolam. Kemudian ajak bermain air, mulai dari meneteskan air di bagian kakinya. Lanjutkan dengan mencelupkan kaki Si kecil sedikit ke dalam air, agar bisa mulai menyatu dengan suasana kolam renang.

c. Masukkan Kaki Si kecil ke Dalam Air Lebih Mendalam
Masukkanlah kakinya lebih mendalam ke dalam air, sambil mengajaknya bermain. Kira-kira sebatas pinggul dan paha anak sudah tak terasa masuk ke dalam air, Maka ajaklah ia ke bagian kolam yang lebih dalam. Dengan begitu, anak akan merasa lebih terbiasa dan tidak merasa takut saat menceburkan dirinya ke kolam renang.

2. Jangan Lupa Selalu Mendampinginya
Sudah seharusnya setiap orang tua selalu menemani anak mereka saat Si kecil berada di kolam renang. Jangan ditinggalkan sendiri, karena bagian bibir kolam juga tak menutup kemungkinan licin. Sehingga gandenglah tangannya agar pergerakannya dapat dipantau, serta tak sampai menimbulkan hal buruk.

3. Pakaikanlah Perlengkapan Yang Tepat Saat Ia Berenang
Saat Si kecil berenang, tentu perlengkapan harus digunakan agar tubuh mereka tetap mengapung, Serta tak sampai mulut dan hidung kemasukan air saat berenang. Lengkapi Si kecil dengan pelampung jaket atau Safety Jacket. Dan hendaknya saat masih tahap awal, jangan gunakan Water Wings, karena meski tubuh Si kecil mampu mengapung, akan tetapi dapat juga bagian hidung dan mulut masih bisa kemasukan air. Oleh karena itu, pilihkanlah perlengkapan yang tepat.

4. Ajarkan Rasa Percaya Diri Dengan Lebih Dekat Mengenal Air
Tentunya anda juga harus mengajarkan anak-anak untuk lebih dekat mengenal air, dan menghilangkan rasa takutnya. Karena hal demikian sangatlah penting bagi perkembangannya. Seperti beberapa hal berikut :

a. Sesekali Belajar Membuka Mata di Dalam Air
Kenapa hal ini perlu diterapkan...?, Selain kemampuan berenang yang anda ajarkan kepada Si kecil, sesekali mungkin ajari anak untuk belajar membukakan mata di dalam air. Anda bisa memakaikan kaca mata renang untuknya, namun jangan keseringan agar mereka mampu terbiasa melihat ke dalam air tanpa perlengkapan renang tersebut. Hal ini bertujuan agar mereka mengenal air lebih dekat, dan menumbuhkan rasa keberaniannya.

b. Jangan Menumbuhkan Rasa Takut Akan Air
Jika anda sebagai orang tua memiliki perasaan takut terhadap air atau enggan berenang, maka carikan Si kecil pendamping terlatih, agar ia mampu menumbuhkan rasa kepercayaan dirinya dan keberaniannya. Sehingga di saat mereka mulai beranjak dewasa, mampu memiliki mental kuat serta bisa tumbuh sehat dan bugar.
Artikel Terkait