Trik Jitu Agar Kentang Tak Berubah Warna Setelah Dikupas

image: couponclippingcook.com
Urusan masak memasak panganan seperti kentang ini, memang cukup menyenangkan bukan....?. Apalagi kandungan serat tinggi di dalamnya juga cukup tangguh untuk menunjang program diet. Kentang dapat dimasak menjadi beraneka jenis makanan enak. Entah itu menjadikan kentang untuk ditumis, dijadikan masakan pedas layaknya sambal goreng, maupun mengolahnya menjadi keripik kentang yang gurih dan nikmat.

Berbagai macam kandungan sehat di dalam kentang, tentu mampu memenuhi kebutuhan tubuh kita. Namun perlu anda tahu, di saat anda hendak menjadikan kentang sebagai menu santapan, terlebih dahulu anda harus mengupas bagian kulitnya hingga bersih. Di sinilah kentang kerap kali mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan seusai dikupas kulitnya. Alhasil, tampilan kentang menjadi kurang menarik dipandang mata, sehingga hal demikian dapat mengurangi selera untuk menyantapnya.

Lantas, apa solusi yang tepat agar kentang tetap memiliki tampilan bersih dan tidak sampai mengalami perubahan warna setelah dikupas...?. Anda pun tak usah bingung, karena ada trik yang bisa diterapkan agar kondisi kentang tetap bersih dan segar setelah dikupas.

Pada dasarnya kentang memiliki proses kemiripan layaknya buah apel, yakni setelah dikupas bagian kulitnya, maka bagian permukaan daging kentang akan mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan. Ini terjadi karena adanya proses Oksidasi dari kandungan enzim Peroksidase dan Katalase dalam kentang itu sendiri. Meski perubahan warna kentang ini tidak memengaruhi rasa, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan tampilan kentang kurang menarik saat dihidangkan.

Nah, dari situ dapat ditemukan cara untuk menetralisir proses Oksidasi tersebut, sehingga mampu mencegah terjadinya perubahan warna kentang setelah dikupas. 

Berikut cara agar kentang tidak sampai mengalami perubahan warna setelah dikupas kulitnya.

# Cara Pertama :

1. Siapkan wadah yang di dalamnya berisi air bersih kurang lebih 1 liter

2. Pastikan  banyaknya air mampu merendam semua kentang 

3. Tuangkan 2 sendok makan garam dan 1 sendok kapur sirih halus ke dalam wadah yang telah diisi air tadi

4. Barulah anda dapat memasukkan kentang yang sudah dikupas kulitnya ke dalam wadah tersebut selama kurang lebih 45 menit

5. Dengan begitu kentang tidak sampai berubah warna, dan rasanya pun juga lebih gurih untuk diolah menjadi masakan selera anda

# Cara Kedua :
 
Selain merendam kentang di dalam air garam dan kapur sirih, Anda juga bisa menggunakan cara perebusan kentang untuk menghindari perubahan warnanya. 

Pertama kali rebuslah kentang yang belum dikupas kulitnya selama beberapa menit, kemudian angkat kembali kentang dan masukkan ke dalam air dingin. Setelah itu, barulah anda bisa mengupas kulit kentang dengan lebih mudah, serta bisa tetap menghasilkan tampilan yang menarik. Selamat mencoba......!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar