Cara Mudah dan Alami Mengatasi Keputihan

image: reinadebelleza.xyz
Keputihan merupakan suatu penyakit yang biasa dialami kaum wanita. Penyakit tersebut ditandai dengan keluarnya cairan kental berwarna putih kekuningan dari daerah kewanitaan.

Keputihan terbagi dua jenis, yaitu Fisiologis dan Patologis. Untuk keputihan Fisiologis itu terjadi ketika masa subur wanita atau sebelum / sesudah menstruasi. Pada jenis ini daerah kewanitaan mengeluarkan lendir dengan sedikit bau, tetapi tidak berwarna. Dan untuk keputihan Patologis, Daerah kewanitaan mengeluarkan banyak lendir berbau, berwarna, serta menimbulkan gatal.

Namun, bagi Anda yang terkena penyakit keputihan tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara alami untuk menyembuhkannya. 

Berikut cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami :

1. Dengan Daun Sirih
Anda dapat mengobati keputihan dengan daun sirih, baik yang berupa daun maupun yang sudah diolah dalam bentuk sabun. Caranya, rendam daun sirih ke dalam air selama 1 hingga 2 jam. Kemudian Anda dapat menggunakan air tersebut untuk membasuh alat reproduksi. Apabila Anda memilih menggunakan sabun sirih, pilihlah yang kadar asamnya rendah, agar tidak merusak ekosistem bakteri pada alat reproduksi.

2. Memakai Biji Ketumbar
Cara mengolah biji ketumbar untuk jadi obat keputihan, yakni dengan merendam biji ketumbar ke dalam air selama satu malam. Ketika pagi hari, sebelum Anda makan atau minum sesuatu, minumlah air bekas rendaman tersebut.

3. Memanfaatkan Bawang Putih
Cara menyembuhkan keputihan menggunakan bawah putih, yaitu ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi dua bagian. Kemudian letakkan bawang putih tersebut di atas alat reproduksi. Lakukan hal tersebut setiap malam sebelum tidur, dan biarkan bawang putih hingga pagi hari.

4. Dengan Akar Bayam
Akar sayuran satu ini telah dipercaya dapat mengatasi keputihan dengan efektif. Karena akar bayam mempunyai sifat anti bakteri cukup tinggi dalam melawan keputihan. Caranya, blender akar bayam dan minumlah jus akar bayam tersebut. Anda dapat melakukan ini dua kali sehari agar mendapat hasil yang optimal.

5. Menggunakan Kunyit
Kunyit dapat dijadikan obat keputihan, karena memiliki sifat anti bakteri. Cara membuatnya, pertama ambillah dua rimpang kunyit, asam, gula aren, dan satu genggam daun beluntas. Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan air 1 liter, tunggu hingga air mendidih. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan tadi. Lebih baik Anda konsumsi selagi hangat dan gunakanlah kunyit yang sudah berusia tua. Anda dapat melakukannya hanya satu kali dalam sehari.

6. Akar Bunga Mawar
Akar mawar ini berguna mengurangi rasa gatal pada alat reproduksi. Caranya sangat mudah, cucilah akar mawar hingga benar-benar bersih, kemudian rebuslah akar mawar tersebut hingga mendidih. Selanjutnya Anda dapat mengonsumsi air rebusan tersebut selagi hangat.

7. Memakai Biji Mangga
Tanpa kita sadari, ternyata biji mangga dapat menyembuhkan penyakit keputihan. Caranya, keringkanlah biji mangga, selanjutnya tumbuk atau giling hingga menjadi bubuk halus. Kemudian campur bubuk tersebut dengan sedikit air hingga menjadi seperti krim. Oleskan krim tersebut pada daerah kewanitaan.

8. Lidah Buaya
Makanan dan minuman yang diolah dari bahan dasar lidah buaya, dapat membantu mengatasi keputihan akibat bakteri. Konsumsilah makanan atau minuman dari lidah buaya hingga keputihan benar-benar sembuh. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya keputihan. 

9. Dengan Jahe
Tanaman rimpang jenis Jahe, juga dapat mengatasi keputihan dengan efektif. Tidak perlu campuran apapun, hanya Jahe saja sudah cukup. Anda dapat memakan langsung Jahe tersebut. Namun jika tidak kuat dengan rasa pedasnya, Anda dapat membuat minuman dari jahe. Selain untuk menyembuhkan keputihan, jahe sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

10. Minyak Teh
Bila terjadi keputihan Patologis, hingga keluar banyak lendir berwarna merah atau hijau, berbau dan gatal, Maka dapat diatasi dengan minyak pohon teh. Gunakanlah minyak teh dengan menambah sedikit air sebagai pembersih daerah reproduksi. Selain dapat menyembuhkan keputihan, air tersebut dapat mengurangi bau tak sedap.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar