Tips Mudah Bersihkan Lapisan Lilin Pada Buah Apel

image: Youtube.com
Sebagai produsen buah-buahan yang menjual produk mereka hingga ke luar negeri, tentu khawatir jika  tingkat kualitas produk buah yang dijual mengalami penurunan. Seperti keadaan buah apel yang cepat membusuk atau tidak kuat tahan lama saat disimpan. Oleh karena itulah mereka cenderung melapisi buah apel dengan lapisan lilin, untuk melindungi kandungan kadar air pada buah apel agar tak mudah rusak.

Namun apakah aman terdapatnya lapisan lilin pada buah ini bagi tubuh..?, Berdasarkan apa yang telah dijelaskan pada Food and Drug Administration (FDA), menunjukkan bahwa lapisan lilin yang digunakan untuk buah-buahan berasal dari bahan alami atau Non Petroleum-based, sehingga aman dipakai untuk semua jenis makanan.

Sebenarnya Wax atau Lilin buatan ini terbuat dari madu atau tanaman tertentu. Mengenai sifat Wax sendiri memang cukup aman, karena bentuk lilin buatan tersebut tak dapat dipecahkan oleh enzim pencernaan, sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh. Jadi, ketika lapisan makanan ini termakan oleh manusia, tidak sampai menimbulkan efek membahayakan bagi tubuh.

Meski dibilang aman, setidaknya anda juga harus membersihkan lapisan lilin buatan tersebut sebelum mengonsumsinya. Khususnya lapisan lilin yang kerap sekali terdapat pada buah Apel impor. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi akan buah apel yang dibeli di pasaran.

Nah, begini cara yang tepat untuk membersihkan lapisan lilin buatan pada buah apel :

1. Alat Dan Bahan yang Dibutuhkan
 
a.    Wadah

b.    Air hangat

c.    Baking soda Sdm

d.    Air jeruk Nipis/ Lemon Sdm

e.    Sikat yang lembut

2. Cara Menerapkannya 
 
a. Masukkan air hangat yang sudah disiapkan ke dalam wadah 

b. Tambahkan baking soda dan air perasan lemon ke dalamnya

c. Barulah anda bisa memasukkan buah apel yang terdapat lapisan lilin ke dalam wadah tersebut

d. Senggang waktu beberapa menit kemudian, barulah anda mengangkatnya

e. Kemudian sikatlah perlahan dengan menggunakan sikat lembut, sambil membersihkan dengan air campuran dalam wadah tadi, lalu bilas dengan air bersih.

Alhasil, lapisan lilin tadi bisa larut dan dapat dibersihkan secara maksimal.

Nah.. Setelah menerapkan cara di atas , Anda dapat mengonsumsi buah apel secara bersih dan higienis. Sementara untuk mengetahui secara langsung berapa banyak lapisan lilin untuk membungkus buah apel, Maka caranya yakni : Menyisir/mengerik sedikit demi sedikit pada permukaan buah apel tersebut, di situ akan terlihat lapisan lilin buatan atau Wax yang mulai mengelupas. Selamat mencoba.....!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar