Inilah Gejala Stroke Yang Sering Diabaikan Kaum Wanita

image: sharecare.com
Seperti yang kita ketahui, bahwa stroke menjadi salah satu penyakit mematikan yang ada di seluruh dunia. Namun penyakit stroke ini tak hanya melanda pada kaum lelaki, akan tetapi cukup tinggi juga risiko penyakit ini diderita kaum wanita. Ibarat stroke ini seperti terjadi serangan mematikan pada organ otak di tubuh manusia. 

Jadi, jika penyakit stroke sampai menimpa tubuh, tentu akan berpengaruh pada kelancaran aliran darah. Terutama aliran darah di otak mengalami penyumbatan, dan secara sekejap otak tak lagi menerima pasokan darah. Hingga pada akhirnya terjadilah kematian sel-sel di otak manusia dalam sekejap.

Mengerikan bukan....?, bahkan timbulnya stroke kerap dijumpai dengan adanya gejala tak terduga pula. Sehingga di saat penyakit ini sedang menyerang seseorang, terlebih lagi pada kaum wanita, biasanya gejala yang muncul tidak dapat ditebak secara pasti. Akhirnya hal semacam ini bisa memperlambat proses penanganan terhadap penyakit tersebut. Dan bahayanya pun pasti lebih parah bila pasien yang menderita stroke tidak segera mendapat penanggulangan. Oleh karena itu mengetahui gejala adanya penyakit mematikan ini amat penting.

Perlu anda tahu, bahwa penyebab penyakit stroke itu sendiri secara umum memang cukup kompleks. Mulai dari meningginya tingkat kolesterol, mengalami tekanan darah tinggi, serta kurangnya berolahraga. Terlebih lagi bagi kaum wanita, bahwa adanya sebab penyakit stroke bisa lebih meluas lagi. Di antaranya karena terapi hormon, fibrilasi atrium, serta penggunaan alat kontrasepsi kehamilan. 

Lantas, Bagaimana dengan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit stroke ini....?

Memang secara umum kemunculan penyakit stroke terlebih dahulu dibarengi dengan adanya gejala-gejala sebagai berikut :

1. Tiba-tiba susah sekali untuk berbicara, kesulitan untuk memahami sebuah pembicaraan, dan ‘’linglung’’ secara tak terduga

2. Mengalami kesulitan berjalan, kepala pusing tanpa sebab yang pasti, dan tubuh kehilangan keseimbangan

3. Mengalami mati rasa secara mendadak di bagian tubuh tertentu, layaknya pada bagian leher, wajah, lengan, hingga separuh badan

4. Mendadak kondisi pandangan mata menjadi kabur, hingga sampai kesulitan untuk melihat. Baik permasalahan ini terjadi pada salah satu organ mata maupun keduanya.

Namun di balik itu semua, jika penyakit stroke ini ditimpa oleh kalangan wanita, maka ada beberapa gejala lain yang kerap kali tak terindikasikan secara pasti dan sering diabaikan.

Inilah beberapa gejala penyakit stroke yang kerap kali diabaikan ketika penyakit ini menimpa kalangan wanita :

1. Tubuh mengalami sesak napas ( merasa sulit bernapas )

2. Kehilangan kesadaran alias kerap kali pingsan

3. Tubuh mengalami Agitasi, yakni sering gelisah dan resah. Di mana hal semacam ini merupakan aktivitas motorik tubuh yang berlebih, dan biasanya memiliki hubungan erat dengan kondisi tegang dan kelelahan

4. Sering mual atau muntah-muntah

5. Tubuh kerap mengalami capek dan lemah

6. Terjadinya halusinasi dan mengalami cegukan

Dengan mengetahui beberapa gejala stroke di atas, setidaknya  bisa lebih waspada dan memperhatikannya secara cermat. Agar nantinya di saat penyakit stroke dialami oleh seseorang, terlebih lagi ketika menimpa kaum wanita, Maka bisa dengan mudah mengetahui semua indikasi atau gejala penyakit mematikan tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar