Cara Kopi Hijau Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

image: mommyedition.com
Merangkak pada permasalahan sebagian besar pasien yang terkena tekanan darah tinggi, maka di situ akan dipicu adanya gejala dan penyebab beraneka ragam jenisnya. Namun siapa sangka, bahwa penyakit hipertensi menyebabkan seluruh ekosistem pada tubuh menjadi tidak sehat.

Mengulik kembali tentang manfaat kopi hijau sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tentu di situ pula timbul pertanyaan, Bagaimana Green Coffee ini mampu berperan menyeimbangkan kembali tekanan darah di tubuh menjadi normal...?.

Ketenaran kopi hijau di kalangan masyarakat saat ini, memang cukup diakui sebagai minuman penurun berat badan secara alami. Namun siapa sangka bahwa kandungan asam Klorogenat di dalamnya juga mampu mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Dan itu semua hendaknya dipadukan dengan dosis yang tepat saat mengonsumsinya.

Karena pada dasarnya, Kopi hijau juga memiliki efek samping sama seperti halnya mengonsumsi kopi biasa. Tentunya ketika tubuh menerima asupan terlalu banyak kafein, maka dampaknya pun juga kurang baik bagi kesehatan tubuh bukan...?.

Berdasarkan beberapa hasil studi telah ditemukan khasiat asam Klorogenat dalam ekstrak kopi hijau, yakni untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Ekstrak kopi ajaib ini memang terbuat dari biji kopi yang belum dipanggang atau digongseng terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan mengonsumsi kopi biasa yang sudah digongseng. Maka dalam beberapa studi telah menemukan hasil berbeda, yakni justru bubuk kopi yang sudah dipanggang dapat memicu meningkatnya tekanan darah jika kurang tepat dalam mengonsumsinya. 

Perubahan yang berlawanan ini telah diduga karena terbentuknya senyawa yang disebut Hydroxyhydroquinone. Dimana senyawa satu ini terbentuk selama proses pemanggangan kopi itu sendiri. Sehingga pada akhirnya senyawa tersebut dapat menghalangi efek yang menguntungkan dari asam Klorogenat pada biji kopi untuk kesehatan tubuh, Terlebih lagi dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan dalam awal penelitian juga disebutkan, ‘’ Bahwa mengonsumsi ekstrak kopi hijau setiap hari selama kurang lebih 12 Minggu, yang di dalamnya mengandung sebanyak 50 -140 mg asam Klorogenat, maka hasilnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang dialami orang dewasa di Jepang ‘’.  Dimana untuk tekanan darah Sistolik bisa berkurang sampai 10 mmHg. Selanjutnya untuk pasien bertekanan darah Diastolik dapat berkurang hingga 7 mmHg.

Oleh karena itulah kopi hijau ini dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi hendaknya Anda juga harus memperhatikan batas maksimal saat mengonsumsinya. Karena seduhan kopi hijau juga dibarengi dengan kandungan kafein di dalamnya. Dan jika sampai berlebihan, maka juga bisa menimbulkan efek samping tidak baik bagi tubuh, seperti mudah sekali pusing, mual, dan lainnya. Untuk batas mengonsumsi kafein setiap harinya, yakni haruslah kurang dari 300 mg ( layaknya 2 sampai 3 cangkir kopi / hari ).

Selain itu, Kopi hijau dapat dijadikan bahan alami penurun tekanan darah tinggi karena jumlah kandungan Fitokimia alami berupa Asam Klorogenat cukup tinggi. Maka dapat memberikan efek positif bagi pembuluh darah, sehingga tekanan darah pada tubuh menjadi berkurang.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar