Rahasia Sehat di Balik Asyiknya Bermain Bowling

image: Youtube
Tak cukup hanya menyebutnya sebagai permainan semata. Terlepas dari situ, Bowling kerap dianggap hanya sebuah permainan menggelindingkan bola, dan juga harus mengeluarkan biaya sebelum memainkannya. Bahkan permainan ini biasanya juga dilakukan di dalam ruangan tertutup, sehingga cenderung terkesan seperti aktivitas bersenang-senang saja dan membuang-buang waktu.

Namun apakah benar mengenai anggapan Bowling semacam itu..?, Memang seolah-olah Bowling terlihat semacam permainan, namun aktivitas seru ini juga masih termasuk jenis olahraga. Karena di balik asyiknya saat bermain Bowling, di situ ada beberapa manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika kita sering kali melakukan aktivitas sehat ini, tidak menutup kemungkinan tubuh bisa terhindar dari ragam penyakit, serta menjadikan seluruh sistem motorik tubuh akan bekerja maksimal.

Mengapa bisa begitu.....?, Karena secara tak disadari permainan ini juga menyuplai tubuh supaya lebih aktif. Sehingga butuh gerakan-gerakan tertentu untuk menggelindingkan bola, agar tepat mengenai objek yang menjadi sasaran. Ditambah lagi jika memainkannya dengan perasaan senang dan gembira karena banyak teman, pasti juga akan menambah rasa semangat yang menggugah diri anda.

Lantas, Apa sih manfaat yang didapatkan dari permainan atau olahraga Bowling ini...?

1. Menghindarkan Tubuh Dari Risiko Penyakit Jantung
Kok bisa....? Tentu saja bisa, karena jika tubuh kurang gerakan atau hanya duduk saja, maka bisa saja terserang penyakit. Sedangkan dalam Bowling dapat dipastikan untuk banyak melakukan gerakan, sehingga risiko tubuh terserang penyakit dapat diminimalisir.

Ditambah lagi berdasarkan penelitian kesehatan telah menunjukkan, bahwa olahraga Bowling mampu menghindarkan tubuh dari serangan penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes. Namun semua manfaat itu bisa diraih jika melakukan Bowling secara rutin dan teratur.

2. Bakar Lemak Tubuh Dengan Cepat
Seberapa banyak permainan Bowling mampu membakar lemak dalam tubuh ..?, Ketika Bowling semakin memperbanyak gerakan, maka jenis aktivitas seru ini setidaknya mampu membakar lemak hingga 150 – 300 kalori. Jika semakin lama olahraga ini diterapkan dan dilakukan secara rutin, maka lebih cepat pula jumlah kalori yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Jadi, Bowling juga termasuk aktivitas sehat yang mampu membantu program diet anda. Nah, mulai dari sekarang anda tak perlu bimbang untuk melakukannya.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh
Semakin tubuh banyak melakukan gerakan, di situ pula bermanfaat untuk kesehatan aliran darah dalam tubuh. Untuk meningkatkan sirkulasi darah ini, hendaknya anda bisa menerapkan olahraga Bowling paling tidak dua kali dalam seminggu secara rutin. Karena olahraga Bowling ini butuh banyak gerakan, di situ anda pasti dipicu oleh rasa haus, serta mendorong tubuh untuk memperbanyak air minum. Nah, jangan lupa untuk lebih memilih mengonsumsi air putih saat anda kehausan setelah melakukan olahraga tersebut.

4. Terhindar Dari Tingkat Stres Tinggi
Bowling juga bisa dimainkan dengan cara bersosialisasi. Nah, dari situ akan mampu memupuk rasa senang untuk sejenak melupakan masalah yang ada, serta menghilangkan rasa jenuh akibat rutinitas kerja setiap hari. Maka secara mental, manfaat Bowling ini cukup berguna untuk mengembalikan rasa ceria yang terpendam akibat tumpukan masalah yang ada.

5. Membuat Otot Lentur Dan Kuat
Keterlibatan gerakan otot tubuh dengan permainan Bowling memang terasa lebih dekat. Oleh karena itulah, saat Bowling diterapkan secara rutin, mampu menguatkan kondisi otot dan membuatnya lebih lentur.

Bagaimana tidak.., dalam Bowling tubuh akan melakukan gerakan bervarian, seperti berdiri, membungkuk, merangkak, memutar tubuh, dan melompat. Apakah semua itu tak membuat  otot tubuh menjadi lebih lentur dan rileks....?

6. Termasuk Olahraga yang Rendah Cidera
Selain bentuk permainan seru, Bowling juga termasuk jenis olahraga yang memiliki risiko lebih rendah pada masalah cidera. Sehingga jenis olahraga ini bisa dilakukan oleh setiap kalangan atau semua usia, baik remaja, dewasa, maupun orang tua. 

Sehingga untuk mendapatkan pilihan olahraga yang aman lagi menyehatkan tubuh, maka anda bisa mencoba olahraga Bowling sebagai aktivitas seru untuk menyelimuti waktu luang Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar