Penyebab Tak Terduga Hidung Mampet Selain Pilek atau Flu

image: wikiHow
Musim pancaroba memang tak menutup kemungkinan membuat hidung seseorang menjadi mampet alias tersumbat. Kerap kali keadaan semacam ini dikaitkan dengan penyakit flu atau pilek. Jikalau tidak, biasanya saat hidung mulai mengalami penyumbatan pasti juga ada kaitannya dengan kondisi tubuh alergi pada hewan tertentu. 
 
Namun banyak kalangan yang masih juga belum tahu, bahwa tidak semua kondisi hidung mampet selalu disebabkan oleh pilek, flu, atau alergi hewan. Namun keadaan yang membuat aktivitas kerja menjadi terhambat ini, bisa juga disebabkan oleh selain gangguan tubuh tersebut.
 
Jadi tetaplah waspada, dan ketahuilah apa yang menjadi alasan hidung anda mampet secara tak terduga. Siapa tahu permasalahan tersebut disebabkan oleh penyakit lain yang bisa membahayakan tubuh anda. Dengan begitu, langkah dan penanggulangan secara tepat bisa langsung dilakukan untuk mengatasinya.
 
Inilah beberapa penyebab lain dari hidung mampet atau tersumbat :
 
1. Mengalami Infeksi Sinus
Jika anda mengalami hidung mampet yang diduga pilek atau flu namun tak kunjung sembuh, bisa jadi itu bukan karena flu. Karena biasanya flu bisa segera disembuhkan dalam kurun waktu 1 sampai 2 mingguan. Jika di luar batas waktu tersebut, maka cobalah untuk memeriksakan diri ke tempat pengobatan terdekat. Siapa tahu dikarenakan oleh infeksi sinus.
 
Terjadinya infeksi bakteri sinus ini mampu menyebabkan hidung mampet, serta gejala lainnya seperti : kondisi ingus bernanah, demam, dan rasa sakit. Oleh sebab itulah anda harus segera melakukan perawatan agar penyakit ini dapat ditanggulangi dengan lebih efektif.
 
2. Terjadi Polip Hidung
Terjadinya pertumbuhan sel Non-kanker yang terdapat di bagian hidung, atau kerap disapa dengan Polip memang menimbulkan hidung mampet. Karena pertumbuhannya kerap menghalangi saluran udara, sehingga kondisi hidung menjadi tersumbat.
 
Polip hidung juga bisa dikatakan sebagai sinus yang tidak berbahaya. Kelainan ini dapat muncul biasanya diidap oleh sebagian kalangan yang memiliki asma, penyakit alergi, dan infeksi sinus kronis. Namun tetap saja terjadinya hidung mampet yang dikarenakan oleh persoalan ini, harus segera mendapat penanggulangan secara efisien.
 
3. Faktor Kehamilan
Apakah benar kehamilan mampu membuat hidung tersumbat....?, Bisa juga kondisi ini menjadi penyebabnya. Karena kehamilan bisa menjadikan wanita memiliki banyak sekali perubahan. Di antaranya : Adanya pergeseran Hormonal dalam jumlah besar disertai sedikit aliran darah dalam tubuh, bisa juga timbul pembengkakan di bagian kaki, dan pembengkakan di selaput hidung. 
 
Nah, salah satu faktor yang menjadikan hidung tersumbat, yakni jika selama proses kehamilan telah terjadi pembengkakan di selaput hidung. Maka langkah alami yang bisa diterapkan, yakni perbanyak mengonsumsi air putih dan cobalah untuk mengondisikan tubuh lebih rileks.
 
4. Hipotiroidisme
Di mana kondisi ini terjadi karena jumlah Hormon Tiroid yang dihasilkan tubuh kurang mencukupi, Akhirnya membuat kondisi hidung menjadi tersumbat. Meski kondisi ini tidak dibarengi dengan flu, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa menjadikan hidung mampet. Gejala lain yang ditimbulkan oleh persoalan ini di antaranya : Kulit terasa kering, tubuh merasa kedinginan, rambut mulai menipis, kelelahan, dan sembelit.
 
Oleh sebab itu, berikanlah suplemen atau melakukan pengobatan tertentu untuk menyeimbangkan kembali hormon tubuh tersebut. Anda juga bisa menggunakan cara tradisional sebagai langkah alternatifnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar