5 Keuntungan Mencegah Alzheimer Dengan Kopi Hijau

image: thedietrevolution.com
Tentu sudah mendengar jika anda minum kopi hijau dengan dosis berlebih, akan menimbulkan dampak tidak baik bagi tubuh bukan….?. Tapi tidak hanya terletak pada kopi hijau saja, Semua jenis obat-obatan, makanan dan minuman jika dikonsumsi sampai di luar takaran, juga dapat menimbulkan dampak bahaya bagi tubuh. 

Sebaliknya, jika semua digunakan dengan takaran yang pas, tentu manfaat akan didapatkan. Layaknya mengonsumsi kopi hijau secara tepat, akan membuat tubuh meraih berbagai keuntungan. Karena beraneka kandungan hebat di dalamnya, mampu memberikan stimulasi pada tubuh agar tetap sehat.

Sambil menjadi minuman favorit untuk menemani  waktu luang anda, minum secangkir kopi hijau akan memperkecil kemungkinan tubuh terkena Alzheimer. Penyakit ini memang tergolong membahayakan serta kerap menjadi momok bagi setiap orang di usia lanjut. Sehingga alangkah baiknya jika menerapkan langkah pencegahan sejak dini, agar tak sampai terjangkit pada gangguan tubuh tersebut.

Kopi hijau dapat mencegah Alzheimer karena memiliki banyak keuntungan untuk menunjang kesehatan otak. Sehingga dengan terjaganya kondisi otak, secara otomatis akan terhindar dari jenis penyakit dimensia yang kerap membuat daya ingat menjadi memburuk.

Lantas, Apa saja keuntungan bagi tubuh dari menyeduh kopi hijau untuk mencegah Alzheimer ini…?

1. Mengurangi Produksi Amiloid Beta (ABeta)
Biang keladi Alzheimer memang dipicu oleh adanya ABeta yang mengakumulasi otak secara abnormal. Jenis protein ini sering kali menghambat kinerja otak. Kerap kali ABeta ditemukan pada pasien Alzheimer dan membuat neuron terjepit, sehingga pasokan darah ke otak akan terhambat.

Sebuah penelitian baru yang dipresentasikan pada kongres tahunan Alzheimer Europe, 2014, menunjukkan bahwa di dalam kopi memang mengandung Polifenol yang kerap disebut-sebut sebagai Antioksidan. Senyawa alami ini cukup membantu dalam mencegah pembentukan Plak Amiloid. 

Polifenol dalam minuman kopi hijau, biasa digunakan sebagai penunjang penting untuk menurunkan berat badan. Begitu pula perannya juga tak sebatas dari situ saja, mengonsumsi kopi hijau juga mampu mencegah produksi Abeta yang merupakan penyebab dari seseorang berisiko terkena penyakit dimensia.

2. Mencegah Kusut Neurofibrillary
Alzheimer membuat saraf  mengalami kecacatan atau dikenal dengan sebutan Kusut Neurofibrillary. Sebenarnya Kusut Neurofibrillary ini merupakan protein penting sebagai penolong sel-sel untuk saling berkomunikasi di dalam otak.  Awalnya protein ini disebut dengan “ Protein TAU ” pada kondisi normalnya. Namun saat otak terserang Alzheimer, Protein Tau berubah Kusut. Kemudian menggumpal hingga menjadikan sebagian saraf di otak mati. Secara tidak langsung akan berdampak pada terblokirnya komunikasi antara sel-sel otak di tubuh. 

Lantas, bagaimana cara  mencegahnya….?, Minum kopi merupakan satu cara agar Protein Tau terhindar dari kekusutan atau berliku. Hal demikian memang seperti apa yang telah dijelaskan oleh wakil ketua Alzheimer Europe, Dr. Iva Holmerova dalam sebuah siaran pers bahwa “ Kopi merupakan sebuah minuman populer yang diminati oleh kalangan di penjuru dunia, saya senang bahwa itu moderat, karena saat mengonsumsinya akan memiliki efek menguntungkan. ”

Bisa diketahui bahwa kopi hijau juga mampu memberikan efek bagus bagi otak, dikarenakan kandungan Polifenol di dalamnya dapat menghindarkannya dari Kusut Neurofibrillary.

3. Membantu Kinerja Otak
Jika dikonsumsi secara tepat, kafein pada kopi mampu meningkatkan fungsi otak, menjaga otak agar tetap waspada, dan menghindarkannya dari berbagai macam gangguan seperti stres, depresi, dan sejenisnya. Semua gangguan tersebut dapat memungkinkan seseorang memiliki tingkat kestabilan tubuh yang rendah.

Tentu bagi para pasien yang menderita Alzheimer, akan mengalami rendahnya Granulocyte Colony Stimulating Factor (GCSF) di tubuh mereka. Nah, kafein ini merupakan salah satu asupan  yang mampu meningkatkan GCSF tersebut secara alami.

Kopi hijau memang tak lepas dari kandungan kafein. Kafein ini akan mampu memberikan manfaat bagi tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebih. Termasuk dalam menjaga otak agar selalu memiliki tingkat konsentrasi lebih baik, Sehingga membantu tubuh agar terjauhkan dari Alzheimer. 

4. Mencegah Peradangan Pada Otak
Inflamasi pada otak juga menjadi satu hal yang membahayakan bagi kesehatan otak itu sendiri. Bahkan kondisi ini juga mampu melumpuhkan daya ingat pada otak. Dengan mengonsumsi kopi hijau, Maka cukup membantu tubuh untuk menghindari kondisi kronik semacam ini. Berdasarkan hasil penelitian yang ada juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu mengurangi peradangan di otak. 

5. Mencegah Kerusakan Sel-sel otak
Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan Antioksidan dalam kopi cukup tangguh untuk mencegah dari kerusakan sel-sel di otak, Terlebih sel yang terdapat pada bagian Korteks dan Hipokampus.

Kedua bagian utama otak tersebut memiliki peranan penting untuk mengolah memori. Namun bagaimana jika sel-sel Korteks dan Hipokampus mengalami kerusakan…?, Efeknya juga akan memengaruhi daya ingat menjadi lemah dan menurunnya tingkat keterampilan. Kemudian lambat laun memicu Alzheimer menyusup masuk untuk mengganggu kesehatan otak di tubuh.

Kopi hijau juga diperkaya dengan Antioksidan yang tinggi. Mengonsumsinya juga menjadi salah satu cara untuk menjaga agar sel-sel otak di tubuh tetap sehat dan bugar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar