Trik Mengiris Bawang yang Aman dan Tak Pedih di Mata

image: wikihow
Bawang termasuk salah satu rempah-rempah dan tergolong bumbu dasar yang sangat diperlukan saat memasak. Namun, banyak sekali orang yang tidak dapat memotong bawang dengan benar. Ternyata bawang ini juga memiliki bermacam jenis cara pemotongan.

Banyak sekali yang menggunakan cara memotong bawang secara horizontal, padahal hal tersebut kurang tepat. Karena dengan cara memotong tersebut hanya akan membahayakan Anda sendiri, bahkan pisau dapat mengenai tangan Anda. 

Berikut ini cara memotong bawang secara aman dan agar tidak pedih di mata :

1. Potong Ujung Bawang
Pertama siapkan dahulu talenan dan pisau tajam. Selanjutnya taruh bawang di atas talenan dan potong sedikit ujung atas pada bawang.

2. Potong Setengah Memanjang
Setelah poin pertama dilakukan, Bentuk ujung bawang sekarang sudah datar. Memotong bagian ujung tersebut bertujuan agar bawang tidak dapat menggelinding. Langkah selanjutnya Anda harus memposisikan bagian sisi datar menghadap ke arah Anda. Sekarang Anda dapat meletakkan pisau secara menyilang pada tengah ujung bawang.

Catatan : Pisau Anda harus sedikit bersinggungan dengan bagian tengah-tengah bawang.

Tips Memotong Bawang Agar Tidak Pedih di Mata :

Sering kali kita jumpai orang tidak tahan memotong bawang karena pedih di mata. Dan akhirnya memotong dengan cepat serta tidak beraturan. Untuk itu perhatikan cara memotong atau mengiris bawang berikut :

1. Dinginkan bawang dengan cara memasukkan bawang ke dalam kulkas selama 20 menit

2. Kupaslah bawang, kemudian rendam bawang di dalam air Es. Biarkan beberapa menit kemudian ambil bawang, selanjutnya iris bawang seperti biasa

3. Pastikan pisau yang Anda gunakan untuk memotong bawang sudah tajam. Karena pisau tajam dapat membantu mengurangi penguapan zat yang dapat membuat mata perih

4. Kunyahlah permen karet atau makanan lainnya. Dengan mengunyah, maka otot wajah terutama bagian mata akan bergerak dan bisa menahan perih di mata

5. Potonglah bawang di bawah air mengalir, karena dapat menghilangkan zat yang membuat mata pedih

6. Potonglah bagian atasnya terlebih dahulu, karena akan mengurangi produksi air mata

7. Biarkan bagian akar bawang tetap utuh, karena ujung akar bawang memiliki konsentrasi besar senyawa belerang, dan jika dipotong akan membuat mata Anda perih.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar