Manfaat Sehat Sayur Selada yang Jarang Diketahui

image: boldsky.com
Selada tergolong salah satu sayuran yang memiliki banyak serat dan nutrisi. Sayuran yang biasa dijadikan lalapan ini memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh kita. Salah satu manfaatnya yaitu dapat meremajakan serta mengatasi masalah pada kulit. Di India, sayuran ini merupakan jenis sayur paling populer. 

Tidak hanya sebagai lalapan saja, sayuran selada ini telah dipercaya sebagai salah satu produk perawatan kecantikan dan kesehatan alami.

Selain meremajakan kulit, daun selada ini juga rendah kalori dan kandungan Vitamin serta mineralnya dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, serta mengobati insomnia.

Di antara kelebihan di atas, yang paling utama selada ini dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Untuk lebih gamblangnya, berikut ini beberapa manfaat yang ada pada sayuran selada.

1. Membantu Meremajakan Kulit
Seperti telah disinggung di atas, selada memiliki banyak vitamin A. Vitamin A inilah yang dapat membantu meremajakan kulit Anda. Hanya dengan mengonsumsi 6 lembar daun selada setiap hari, kulit Anda akan terlihat lebih halus. Bila ingin mendapat hasil optimal, konsumsilah sayuran ini setiap hari secara teratur agar kulit  tetap terlihat halus, segar, dan cerah.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Dengan mengonsumsi sayuran selada, pertumbuhan rambut akan lebih cepat. Anda dapat mengonsumsinya sebagai lalapan, bila tidak suka dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus. Blenderlah sayuran selada tersebut dengan ditambah sedikit air, lalu dapat meminumnya langsung. Dan bila masih tidak menyukai rasanya, maka dapat menambahkan sedikit madu murni ke dalam jus tersebut.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Para ilmuan telah melakukan penelitian dan menemukan senyawa yang bernama Phenylethyl Isothiocyanate pada sayuran selada. Senyawa inilah yang mampu mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, kandungan senyawa tersebut dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Sementara kandungan Vitamin A dan C pada selada dipercaya mampu mencegah terjadinya kanker kulit.

4. Dapat Menangkal Paparan Sinar UV
Tidak hanya memiliki Vitamin A, sayuran selada juga memiliki kandungan Vitamin C dan E. Vitamin-vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat, meski terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, Vitamin E pada sayuran ini dapat mencegah risiko penuaan dini serta mencegah katarak pada mata.

5. Mencegah Masuknya Toksin
Apa itu toksin?, Toksin merupakan sebuah zat beracun yang telah diproduksi pada sel atau organisme hidup. Dengan rajin mengonsumsi selada, zat toksin atau racun berbahaya tidak akan bisa memasuki tubuh kita. Bahkan kulit pun tidak akan disentuh zat berbahaya tersebut.

6. Melancarkan Sirkulasi Oksigen Dalam Tubuh
Ada lagi kandungan yang dimiliki sayuran ini, yaitu kandungan Potasium yang dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh. Apabila sirkulasi oksigen lancar, maka kulit akan tampak lebih sehat dan bersih.

7. Melawan Berbagai Jenis Masalah Kulit
Selada juga termasuk sayuran yang paling baik digunakan untuk perawatan kulit, karena dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit. Seperti jerawat, melembabkan kulit, mengurangi kerutan, menghilangkan bintik hitam, dan yang pasti menjauhkan kulit Anda dari jenis jamur dan bakteri.

8. Menurunkan Kolesterol
Sayuran selada berkalori rendah, atau sedikit sekali kalorinya. Pada setiap daun selada mentah terdapat 11 Kalori. Para ahli gizi telah merekomendasikan sayuran selada sebagai makanan untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Daun selada yang masih segar mempunyai konsentrasi asam karbonat lebih tinggi dibanding buah-buahan atau sayuran lainnya. Hanya dari 100 gram daun selada dapat memberikan 47 mg atau 72% dari RDA Vitamin C. Kandungan Vitamin C tersebut dapat membantu mengatasi radikal bebas, mencegah kekurangan zat besi, serta dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang
Sayur selada juga kaya akan kandungan Kalsium dan Vitamin K. Yang mana setiap 100 gram selada air dapat memberikan 200% asupan harian yang direkomendasikan. Untuk Vitamin K dapat membantu kesehatan tulang, yakni dengan mempromosikan aktivitas pembentukan dan memperkuat tulang.
Artikel Terkait