4 Hal Aneh Ini Akan Terjadi Saat Anda Mulai Cemas

image: dupontdental.com
Semestinya kecemasan ini harus dibuang jauh dari kehidupan anda bukan…?. Perasaan cemas berlebih mampu merusak kesehatan mental. Begitu pula tingkat kekhawatiran yang begitu mendalam dari suatu persoalan, akan menjadikan perasaan tidak karuan hingga membuat diri gelisah sepanjang hari. Jadi, jangan biarkan kecemasan ini berlarut-larut, sebab nantinya akan berdampak pada permasalahan tubuh yang lebih parah.

Tahukah anda, bahwa tidak sedikit pula orang cemas memiliki tanda-tanda tertentu. Kalau tanda-tanda umum secara langsung bisa ditebak bahwa orang tersebut sedang mengalami rasa cemas secara mendalam. Yakni kerap ditandai dengan meningkatnya tingkat ketegangan otot, telapak tangan dan kaki gemetaran,  tiba-tiba sesak napas, dan kepala jadi pening rasanya. Itulah yang biasa terjadi saat diri lagi merasa cemas.

Dibalik itu semua, juga ada hal-hal aneh lainnya yang menjadi tanda bahwa seseorang mulai merasa cemas saat menghadapi masalah tertentu. Sehingga sering kali rasa cemas yang menghantui ini tak kunjung mendapat penanggulangan. 

Agar diri anda dapat membuang jauh-jauh rasa cemas yang ada, tentu perhatikan tanda dari kecemasan ini secara menyeluruh. Dengan begitu persoalan tersebut bisa langsung mendapat solusi tepat untuk mengatasinya. Lantas, apa sajakah tanda-tandanya…?

1. Bersendawa
Apa mungkin kecemasan ini dibarengi dengan bersendawa…?, Bisa saja ketika rasa cemas menghampiri membuat tubuh mengeluarkan gas atau bersendawa. Persis apa yang telah dijelaskan oleh seorang profesor psikolog medis yang berada di Columbia University Medical Center, yakni Anne Marie Albano, PhD, menunjukkan bahwa munculnya gas yang keluar ini dibuat saat zat asam dalam perut memiliki kinerja cepat, serta beredar ke seluruh tubuh. Menghirup udara begitu cepat juga dapat dipengaruhi oleh tingkat stres yang tinggi. 

Maka bisa dikatakan bahwa sering bersendawa tak hanya menjadi gejala dari penyakit asam lambung. Namun juga tidak menutup kemungkinan saat seseorang mengalami kecemasan, bisa juga dibarengi dengan keluarnya gas yang masuk ke dalam perut secara berlebihan, alias bersendawa.

2. Tangan dan Kaki Kedinginan
Saking banyaknya tubuh menimbun rasa kekhawatiran cukup mendalam, maka rasa cemas ini mampu menimbulkan bagian tangan dan kaki kedinginan. Benarkah itu…..?, Albano juga menjelaskan “ Bahwa jika anda merasa cemas, maka aliran darah akan cenderung diarahkan pada organ-organ besar demi menjaga organ jantung dan organ penting lainnya.”

Alhasil, suplai aliran darah di tangan dan kaki menjadi berkurang, sehingga menjadikannya suhu tangan dan kaki cenderung dingin. Maka dari itu jika anda merasa cemas secara berlebih, Usahakan sejenak menenangkan hati dan pikiran agar rasa gelisah dapat terbuang.

3. Terjadi Ruam Aneh di kulit
Biasanya orang yang lagi emosi atau marah, maka cenderung memperlihatkan kulit muka menjadi muram dan memerah. Nah, apakah hal demikian juga terjadi pada orang yang lagi gelisah atau cemas…?, Tentu anda mengerti bahwa terjadinya cemas dan tingkat stres  ini saling berdekatan. 

Sama halnya dengan apa yang diungkapkan oleh Albano, Bahwa kecemasan juga mampu memicu masalah kulit layaknya eksim, alergi, atau sensitivitas lainnya. Selama peristiwa stres, maka akan terjadi lonjakan ekstra hormon Kortisol melalui aliran darah dalam tubuh. Hal demikian juga berpotensi untuk melumpuhkan daya ketahanan tubuh, serta menimbulkan ruam di kulit.

4. Menguap
Pada umumnya menguap merupakan pertanda tubuh mulai mengantuk karena bosan dan lelah. Namun mengapa saat merasa cemas ini menjadikan anda menguap..?, Karena kecemasan juga memicu seseorang untuk cenderung gugup dan mudah sekali panik.

Nah, berdasarkan apa yang telah diungkapkan Albano, menunjukkan bahwa beberapa orang yang memiliki tingkat kecemasan dan mudah panik, mereka akan cenderung bernapas lebih cepat dari biasanya. Hal itu bukan hanya membuat tubuh menghirup lebih banyak udara, tetapi juga memicu seseorang untuk menguap berulang-ulang.

Jika anda mengalami kecemasan, maka segeralah menanggulanginya sebelum menimbulkan dampak yang lebih membahayakan bagi kesehatan mental dan fisik. Berbagai macam cara yang mudah anda terapkan semisal : Memiliki waktu tidur yang cukup, meluangkan waktu untuk mengobrol santai bersama teman, berwisata melihat pemandangan alam yang indah, meditasi, dan lain sebagainya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar