5 Jenis Buah yang Efektif Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Cepat dan Aman

image: goflightmedicine.com
Mengapa anda tertarik memutihkan kulit…?, Tentunya ada alasan jelas yang mendasarinya. Apakah kulit putih itu bisa menjamin kulit sehat?, Biasanya banyak orang menginginkan agar kulit mereka yang gelap bisa dipermak lebih putih. Bandingkan dengan kulit cerah, namun tidak melepas dari warna kulit tubuh aslinya. 

Manakah yang lebih baik, kulit putih atau cerah..?, Perlu anda tahu, bahwa jangan tergesa-gesa untuk segera memutihkan kulit tubuh tanpa menengok cara maupun prosedur yang tepat.  Penggunaan  bahan pemutih kulit sembarangan, ternyata mampu menyebabkan dampak tidak baik bagi tubuh itu sendiri.

Boleh-boleh saja memutihkan kulit tubuh dengan produk pemutih yang beredar di pasaran saat ini. Tapi harus dimengerti, bahwa hendaknya bisa memastikan telah terdapat  jaminan akan produk tersebut. Layaknya memilih produk bersertifikat legal, BPOM, sehingga aman digunakan.  Begitu pula warna kulit tubuh erat sekali kaitannya dengan jumlah pigmen kulit. Oleh sebab itulah manusia memiliki beragam warna kulit, semisal : sawo matang, kuning langsat, kulit putih, cokelat tua dan lainnya.

Sementara jenis buah-buahan bisa menjadi jalan alternatif untuk membuat kulit tampak putih, cerah dan sehat. Bahkan bahan alami ini juga tak kalah cepat dalam memutihkan kulit tubuh dengan bahan atau produk pemutih kulit lainnya. Agar bisa tetap aman digunakan, maka ketahuilah prosedur pemakaiannya secara tepat.

Lantas, jenis buah apa sajakah itu…?

1. Pepaya
Memang, Buah pepaya cukup akrab pada kalangan masyarakat Nusantara. Termasuk jenis buah ini mudah ditemukan bukan….?. Terlepas dari situ semua, kandungan Papain-nya juga tidak kalah ampuh untuk memutihkan kulit di seluruh tubuh. Karena senyawa alami ini telah diklaim mampu mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikan kulit cerah, mengeluarkan bintik-bintik kulit sebagai indikasi gelapnya pada kulit.

Pepaya dapat diolah dalam beragam cara, guna memutihkan kulit tubuh secara alami. 
Semisal membuat pepaya menjadi bubur pemutih kulit sebagai berikut :

a. Sediakan buah pepaya segar secukupnya
b. Kelupas kulitnya dan potong menjadi kecil-kecil
c. Jangan lupa untuk mengeluarkan bijinya
d. Haluskan / blender pepaya dengan menambah sedikit air
e. Tuangkan ke dalam wadah

Aplikasikan bubur pepaya pada kulit tubuh secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bersihkan kulit menggunakan air hangat. Selain itu, anda bisa mengombinasikan bubur pepaya dengan secangkir labu dan nanas untuk mendapatkan hasil maksimal. Terapkan 2 kali seminggu secara rutin.

2. Tomat
Jenis buah segar ini menyimpan berbagai unsur penting untuk memutihkan sekaligus mencerahkan kulit. Tomat mengandung Likopen, Vitamin dan Mineral yang berperan mengatasi permasalahan kulit kusam, melindungi kulit terhadap serangan radikal bebas dan Sinar UV. Sehingga  kecerahan kulit akan dapat disesuaikan dengan tingkat kesehatan kulit itu sendiri. Alhasil, kulit terhindar dari munculnya kerusakan.

Pengolahan tomat sebagai krim pemutih kulit alami sebagai berikut :

a. Siapkan 1 buah tomat
b. Haluskan tomat dan tuangkan ke dalam mangkuk
c. Berikan beberapa tetes air lemon
d. Aduk sampai merata

Cara menggunakannya : Gunakanlah adonan tadi untuk diterapkan pada kulit tubuh satu kali sehari selama kurun waktu 15 hari. Balurkan pada titik-titik kulit tubuh yang gelap, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Bilberry
image: getmynutri.com
Bilberry merupakan sejenis buah beri biru, berasal dari Benua Eropa serta mirip dengan Blueberry. Sedangkan Blueberry sendiri merupakan jenis buah beri biru, berasal dari Amerika. Keduanya memang termasuk keluarga Vaccinium yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. 

Bilberry mengandung Tanin, yaitu jenis Antioksidan kuat dan berfungsi mengatasi masalah Hiperpigmentasi kulit. Sehingga produksi melanin berlebih dapat dicegah dan tak sampai membuat kulit tubuh berubah menjadi gelap. Bahkan tingkat kehalusan kulit akan lebih baik, serta mampu menjaga kulit tubuh agar tetap awet muda.

Cara pengolahan Bilberry untuk memutihkan kulit :

a. Sediakan setengah cangkir Bilberry segar
b. Menghaluskannya dengan blender
c. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk

Selanjutnya balurkan masker Bilberry ke wajah, atau bagian kulit tubuh lainnya hingga menyeluruh. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, barulah membilasnya dengan air hangat. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu sampai kondisi kulit bertambah putih dan cerah.

4. Kiwi
image: stylecraze.com
Buah kiwi mampu menjadikan kulit tubuh tampak cerah dan indah. Kandungan Pektin serta nutrisi di dalamnya berperan memberantas kulit keriput maupun noda kulit membandel. Mengolah jenis buah ini untuk memutihkan kulit tubuh akan mencapai hasil sempurna jika dipadukan dengan buah merah. Karena kandungan Antioksidan buah merah juga terkenal ampuh dalam melawan radikal bebas, mencerahkan kulit, dan menumpas jerawat di wajah.

Cara mengolahnya : Sediakan Buah Kiwi dan Buah merah secukupnya. Blender keduanya sampai lembut / menjadi bubur. Balurkan ke wajah sampai ke bagian kulit tubuh sekitarnya, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air. Anda juga bisa menggantikan buah merah dengan Yoghurt sebagai bahan alternatifnya.

5. Buah Apel
Kandungan Kolagen Apel juga turut menunjang kulit tubuh agar tetap cantik dan berseri. Di mana senyawa alami ini mampu menghambat proses penuaan dini dengan cara menjaga kulit tetap elastis, menyingkirkan noda pada kulit, hingga berperan sebagai penangkal radikal bebas penyebab kulit mengalami kerusakan.

Mengonsumsi buah apel juga sangat membantu menunjang kesehatan kulit tubuh. Perhatikan cara mengolah Apel sebagai masker pemutih kulit :

a. Sediakan satu buah apel
b. Madu secukupnya
c. Hancurkan apel sampai lembut
d. Tuangkan beberapa sendok madu
e. Aduk keduanya sampai merata

Balurkan masker buah apel ke wajah sampai bagian kulit di seluruh tubuh. Tunggu sampai 15 menit atau kira-kira masker kulit tadi sudah mengering, Barulah membersihkannya dengan air. Lakukan cara ini secara berkala, sehingga kondisi kulit bisa berubah menjadi lebih putih, cerah dan sehat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar