Ternyata, 5 Jenis Daun Ini Ampuh Hilangkan Uban

image: viresattached.com
Mengamati jenis daun yang cukup beragam, pastinya dapat diolah demi memberikan berbagai kegunaan bagi kebutuhan manusia. Misalnya permasalahan pada uban, sehingga bisa saja menjadi pertanda bahwa kesehatan rambut mulai terancam. Bagi sebagian kelompok orang menyadari ketika rambut mereka beruban, hal itu sudah menjadi perkara wajar karena diterkam usia lanjut.

Namun bagaimana jika uban sudah muncul di bawah umur 30-an..?, Bahkan ada pula kaum remaja warna rambut mereka kerap diselimuti rambut putih atau abu-abu. Bukankah kemunculan uban yang demikian tidaklah wajar…?, Sehingga keberadaannya dapat menjadikan mereka tak percaya diri dan malu dalam berpenampilan.

Maka solusi yang tepat untuk menghilangkan uban prematur semacam ini, kita bisa menengok bahan-bahan alami untuk mengatasinya, agar tak sampai memberikan efek samping serta aman digunakan. Di balik itu semua, ternyata ada beberapa jenis dedaunan yang diklaim mampu membuat rambut jadi sehat, sekaligus menghitamkan rambut beruban secara alami.
Lantas, Jenis daun apa sajakah itu…?

1. Daun Kari
image: speedyremedies.com
Daun Kari juga disebut dengan daun Salam Koja. Bahan alami ini bisa diracik menjadi ramuan penghilang rambut beruban yang datang di usia muda. Kegunaannya memang diketahui selama berabad-abad untuk menunjang kesehatan rambut, seperti : Merangsang pertumbuhan rambut, Memperbaiki akar rambut, Meremajakan folikel rambut dan sebagainya. 

Kandungan Salam Koja cukup efektif menghitamkan rambut, dikarenakan adanya unsur-unsur alami yaitu : Vitamin B kompleks, Zat besi, Selenium dan lainnya. Di mana semua kandungan itu mampu berperan mengembalikan Melanin rambut yang mulai menipis. Lantas bagaimana cara pengolahan daun kari untuk menghitamkan rambut ubanan…?

Mengombinasikan Daun Kari dan Minyak Kelapa, Caranya : 

a. Sediakan 15 – 20 helai daun kari yang sudah dihaluskan
b. Tuangkan ke dalam wadah kecil / mangkuk
c. Masukkan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan
d. Kemudian aduklah kedua bahan sampai warnanya berubah sedikit menghitam
e. Diamkan sampai ramuan dingin, lalu siap digunakan

Oleskan ramuan daun kari ke rambut kepala secara merata, sampai pada bagian kulit kepala. Diamkan semalaman kemudian basuhlah rambut sampai bersih. Terapkan selama dua kali dalam seminggu secara rutin dan teratur.

2. Lidah Buaya

image: top10homeremedies.com
Lidah buaya merupakan daun populer di Nusantara. Di mana bahan alami ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Terlebih bagian gel lidah buaya bisa diterapkan untuk menghilangkan uban yang bermunculan di usia muda. Seperti diketahui, bahwa kandungan Asam amino dalam Aloe vera kerap digunakan untuk memperkuat rambut, dan menjadikannya tampak berkilau. Begitu juga Vitamin dan Mineral di dalamnya sangat membantu guna mengembalikan pigmen rambut yang menipis.

Untuk menggunakan lidah buaya ini tidak sulit, Cukup ambil gel lidah buaya secukupnya, kemudian jadikan pasta untuk dioleskan ke bagian rambut secara menyeluruh. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Daun Jambu Biji

image: authorityremedies.com
 

Daun jambu biji diperkaya dengan Vitamin C, yakni berguna menyuplai rambut agar tumbuh lebih cepat dan sehat.  Demikian pula sifat Antioksidan di dalamnya mampu menghindarkan rambut dari kerusakan, layaknya rambut rontok dan uban prematur. 

Demi menanggulangi masalah ubanan, Anda bisa mengambil beberapa helai daun Jambu biji untuk dilembutkan dengan sedikit air, kemudian menjadikannya pasta. Terapkan pasta daun Jambu biji pada rambut sampai kulit kepala secara merata. Sambil mengiringinya dengan pijitan lembut, lalu mendiamkannya selama satu jam. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu sampai pigmen rambun dapat dipulihkan kembali.

4. Daun Sage
image: medicalnewstoday.com
Mengapa memilih daun Sage untuk menghitamkan rambut…?, Sebab jenis dedaunan ini merupakan satu unsur penting untuk mengembalikan melanin rambut yang mulai menipis. Jenis dedaunan ini dikenal efektif untuk menghitamkan rambut yang berwarna abu-abu. Oleh sebab itu, tak salah jika memilihnya untuk menghilangkan uban yang tumbuh sejak dini.

Cara mengolahnya : Siapkan satu genggam daun sage kering, kemudian rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu airnya sampai mendidih dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya saringlah airnya untuk dibuat keramas, serta membalurkannya ke rambut secara merata.

Selama proses pembaluran air daun sage ke bagian rambut kepala, jangan langsung dibilas. Tunggu sampai beberapa menit kemudian, barulah dibilas dengan air hingga bersih. Terapkan sebanyak dua kali seminggu sampai rambut mulai menghitam kembali.

5. Daun Kembang Sepatu


image: speedyremedies.com
Daun kembang sepatu mengandung zat pigmen alami, Sehingga mampu menghitamkan kembali rambut beruban. Daun kembang sepatu biasanya mudah ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Karena kecantikan warna bunganya, menjadikan kembang sepatu kerap dipelihara oleh sebagian besar orang.

Untuk menghilangkan uban dengan jenis daun tersebut : Siapkan 10 lembar daun bunga sepatu, Bila perlu dicampurkan dengan bunga dari tanaman ini. Tumbuk halus hingga daun mengeluarkan lendir-lendir. Oleskan lendir yang dihasilkan daun tersebut ke bagian rambut kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut Anda sampai bersih. Lakukan secara berkala agar bisa mendapatkan hasil maksimal dalam menghitamkan kembali rambut anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar